Alasan Kenapa Setiap Bisnis Harus Punya Akun Jejaring Sosial – Layanan jejaring sosial memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung aktivitas bisnis pada era teknologi internet sekarang ini.

Jejaring sosial atau social network adalah platform atau situs yang dapat memfasilitasi pembangunan hubungan sosial di antara orang-orang dari berbagai tempat di seluruh dunia. Contohnya, media sosial Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, LinkedIn, dan lain-lain.

Setiap layanan jejaring sosial tersebut memiliki kekhasan dan kelebihan masing-masing yang bermanfaat bagi bisnis Anda. Seperti Youtube sangat cocok untuk berbagi konten video dan LinkedIn merupakan media terbaik untuk membangun jaringan profesional.

Baca Juga: Hindari Promosi di Media Sosial dengan 7 Cara Ini

Namun sayangnya, belum semua pelaku usaha memanfaatkan layanan jejaring sosial. Biasanya, mereka adalah pebisnis yang menjalankan bisnis offline dan masih menerapkan sistem ekonomi lama yang tidak modern.

Padahal, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan jika bisnis Anda memiliki akun jejaring sosial apapun. Berikut simak ulasannya.


 5 Alasan Bisnis Harus Punya Akun Jejaring Sosial

1Memperluas Jangkauan Bisnis

Jejaring sosial dapat menghubungkan Anda dengan siapa saja dari manapun. Orang yang tidak tahu tentang bisnis Anda, bisa tidak sengaja menemukan bisnis Anda saat berselancar di internet.

Hal ini membuka kesempatan bagi Anda untuk memperluas jangkauan bisnis. Tidak lagi hanya orang di sekitar tempat usaha Anda yang tahu mengenai keberadaan bisnis Anda. Tapi orang di luar daerah pun bisa tahu dan mungkin akan menjadi pelanggan Anda.

Baca Juga: 8 Tips Jitu Menghasilkan Penjualan Pertama di Internet

2Mendekatkan Anda dengan Pelanggan

Akun media sosial memudahkan Anda untuk berinteraksi dengan pelangan. Hubungan seolah tidak ada jarak, karena proses komunikasi bisa terjalin kapan saja secara instan.

Pelanggan bisa menanyakan apapun dengan cara yang simpel dan Anda juga bisa memberikan respons dengan cepat. Mereka jadi tidak perlu datang ke toko atau menghabiskan pulsa telepon untuk mencari tahu sesuatu.

Baca Juga: Lakukan 6 Hal Ini untuk Memuaskan Pelanggan Bisnis Anda

3Membagikan Informasi dengan Cepat

Anda bisa dengan mudah memberitahukan informasi apapun melalui jejaring sosial. Misalnya, restoran Anda punya menu makanan yang baru. Pelanggan bisa langsung mengetahuinya dan mungkin akan tertarik untuk mencobanya dalam waktu dekat.  

Namun, jika tidak ada media sosial apapun, pelanggan baru akan mengetahuinya jika mereka kembali ke restoran Anda atau kebetulan mendengar cerita dari orang lain. Proses penyebaran informasi terbilang lambat dan bisa merugikan bisnis Anda.

Baca Juga: 5 Kunci Penting Membuat Konten yang Tepat untuk Bisnis Online

4Mengamati Persaingan Bisnis

Jejaring sosial menjadi tempat orang-orang membagikan hal-hal yang bersifat pribadi, termasuk juga hal-hal yang berhubungan dengan bisnis. Semua informasi terbuka bagi publik.

Dengan begitu, Anda akan lebih mudah mengamati pergerakan kompetitor. Anda bisa tahu apa saja yang sedang dilakukan pesaing Anda, sehingga Anda bisa segera menyiapkan strategi bisnis untuk mengatasi persaingan yang terjadi.

Baca Juga: Hal-Hal Sepele yang Bisa Rugikan Bisnis Online Anda

5Meningkatkan Pengunjung Website

Terutama bagi Anda yang memiliki website toko online, jejaring sosial dapat meningkatkan jumlah traffic atau kunjungan ke situs Anda. Performa SEO bisa meningkat di mesin pencarian seperti Google.

Asalkan, Anda aktif menggunakan setiap akun jejaring sosial Anda dan menyertakan link ke website bisnis Anda. Pasti pengunjung bertambah, sehingga bisa meningkatkan kesempatan untuk menghasilkan penjualan online.

Baca Juga: 7 Kesalahan Online Shop dalam Menggunakan Instagram


Nah, itulah alasan kenapa bisnis Anda harus punya akun jejaring sosial. Oleh sebab itu, ayo buat media sosial untuk usaha Anda, baik itu bisnis online maupun bisnis offline.

Apapun jenis atau bidang usaha yang Anda jalankan, jejaring sosial diperlukan untuk membuat bisnis Anda bisa diketahui oleh lebih banyak orang, dan juga membuka kesempatan yang lebih lebar bagi bisnis untuk dapat berkembang di era digital saat ini.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.