7 Alasan Berbisnis yang Kurang Tepat dan Tidak Sesuai Realita – Hati-hati dalam memutuskan untuk memulai bisnis. Anda harus punya alasan yang jelas kenapa Anda mau menjadi entrepreneur.

Tak jarang, banyak pebisnis pemula memiliki ekspektasi yang salah terhadap dunia bisnis. Mereka pikir jika berbisnis sudah pasti membawa keberuntungan yang lebih baik.

Baca Juga: Sebelum Resign dan Buka Usaha Sendiri, Pikirkan Dulu 8 Hal Ini Baik-baik

Akibatnya, mereka terburu-buru untuk resign atau berhenti kerja karena sudah kebelet berbisnis. Padahal, mereka sebenarnya belum siap untuk menjalani tantangan yang berat sebagai entrepreneur.

Bagi Anda yang ingin memulai usaha, sebaiknya Anda pertimbangkan alasan Anda dengan baik dan benar. Jangan sampai Anda berbisnis hanya karena alasan-alasan berikut ini.

Baca Juga: 5 Tips Menjalankan Usaha Sampingan Bagi Pekerja Kantoran

7 Alasan Berbisnis yang Harus Dihindari Pemula

1Jadi Karyawan Itu Membosankan

gambar: hrdailyadvisor.blr.com

Setiap karyawan pasti pernah merasa jenuh melakukan tugas-tugas di kantor. Namun, jangan jadikan alasan bosan di tempat kerja sebagai pelarian untuk berbisnis.

Sebab kebosanan merupakan hal yang lazim dialami siapa saja. Ada kalanya, pebisnis pun bisa bosan dengan pekerjaannya, terutama saat stres kerja melanda. Jadi, kebosanan bukan alasan yang tepat untuk memulai usaha.

Baca Juga: Tak Perlu Resign dari Kantor, Ini 6 Tips Menjalankan Bisnis Sambil Kerja

2Biar Cepat Jadi Miliarder

Daftar orang terkaya di Indonesia maupun di dunia didominasi oleh para pengusaha mapan. Mereka sukses membangun kerajaan bisnis dan memiliki uang miliaran bahkan triliunan rupiah.

Namun, mereka membangun bisnisnya dari nol hingga sukses tidak dengan cara instan. Kekayaan tersebut didapatkan dengan perjuangan yang berat selama bertahun-tahun. Realitanya, tidak bisa cepat untuk menjadi miliarder yang kaya raya.

Baca Juga: Menikah Sebelum Mapan atau Setelah Sukses Berbisnis, Mana yang Lebih Baik?

3Mau Jadi Orang Terkenal

Gambar: CNBC.com

Jika Anda berhasil membangun bisnis, maka Anda bisa jadi orang terkenal. Anda akan mendapatkan popularitas karena banyak orang yang ingin mengetahui tentang diri Anda dan media-media akan mewawancarai Anda.

Namun, jangan hanya karena ingin diakui oleh masyarakat. Ketenaran hanyalah dampak dari hasil kesuksesan, dan tidak mudah diraih maupun dihadapi. Jadi, anggap saja menjadi populer itu sebagai bonus, dan bukan tujuan utama Anda.

Baca Juga: 10 Usaha Menjanjikan untuk Pemula yang Terbukti Menguntungkan

4Ikut-ikutan Orang Lain

Melihat kesuksesan orang lain dalam membangun bisnis memang bikin mengkhayal. Anda jadi ingin sesukses atau lebih sukses dari orang tersebut.

Namun, hindari alasan berbisnis karena ikut-ikutan. Jalan hidup setiap orang tidak sama. Mungkin Anda malah akan lebih sukses jika mengejar karier profesional di bidang lain. Maka dari itu, cari tahu tujuan hidup Anda dan kelebihan Anda yang sebenarnya.

Baca Juga: Jangan Takut Rugi Berbisnis! Jika Anda Khawatir, Coba 5 Tips Jitu Ini

5Diajak Orang Terdekat

Memulai bisnis sendiri untuk pertama kali pasti penuh kekhawatiran. Guna mengurangi risiko, mungkin Anda berpikir akan lebih baik jika Anda berbisnis bersama seseorang yang dikenal. Padahal, belum tentu Anda cocok menjalankan bisnis dengan orang terdekat seperti anggota keluarga, sahabat atau teman.

Bahkan sekalipun ide bisnis Anda potensial, sebaiknya cari orang yang tepat untuk bermitra. Jangan cuma memperhatikan faktor kedekatan. Namun, perhatikan partner bisnis yang punya visi yang sama, memiliki kredibilitas dan kompetensi.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Bisnis Sampingan untuk Karyawan yang Menjanjikan

6Tertarik Peluang Usaha Tanpa Modal

Memang ada bisnis yang tidak perlu banyak modal atau bahkan sama sekali tanpa modal. Namun, pada saat Anda menjalankannya, tetap saja akan ada biaya tak terduga yang dibutuhkan.

Lagi pula, biasanya bisnis tanpa modal lebih cocok untuk usaha sampingan. Karena jika Anda ingin punya usaha yang besar, maka risikonya juga besar. Tidak mungkin Anda tidak keluar uang sedikit pun untuk mengembangkan usaha.

Baca Juga: Mau Berbisnis Tapi Modal Minim? Ini 5 Solusi untuk Anda

7Bisa Punya Waktu yang Lebih Fleksibel

Ada banyak orang yang mengira bahwa berbisnis akan memberikan keleluasaan. Sehingga alasannya berbisnis agar bisa punya banyak waktu luang karena jam kerja yang lebih fleksibel.

Memang itu benar. Namun, itu hanya berlaku bagi pebisnis yang sudah mapan. Sedangkan bagi yang baru memulai bisnis, pada kenyataannya Anda semakin sibuk dan malah harus mengorbankan banyak waktu luang untuk mengembangkan usaha baru Anda.

Baca Juga: Wajib Dihindari! 3 Kesalahan Pebisnis Ini Bisa Bikin Bisnis Stagnan


Nah, itulah alasan berbisnis yang sebaiknya tidak menjadi tujuan utama Anda dalam memulai usaha. Menjadi entrepreneur itu tidak mudah, sehingga Anda harus punya alasan yang kuat yang memotivasi Anda untuk berbisnis. Jadi, pikirkan itu baik-baik sebelum memutuskannya.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Total Bunga
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat & Ketentuan


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here