8 Alasan Kenapa Banyak Anak Muda Gagal Saat Berbisnis – Menjadi pebisnis adalah salah satu cita-cita yang banyak dimiliki anak muda zaman sekarang.

Namun, terjun ke dunia bisnis bukan hal yang mudah. Ada banyak anak muda yang akhirnya memulai bisnis pertamanya, tapi tidak berhasil mengembangkannya.

Baca Juga: Agar Tak Salah Melangkah, Ini 8 Tips Penting Saat Membuka Usaha Pertama

Sebagai pebisnis pemula, memang tidak mudah bersaing dengan pebisnis lainnya yang sudah lebih dulu berpengalaman. Akan tetapi, bukan itu alasan utama penyebab kegagalan.

Ada berbagai faktor yang menyebabkan bisnis anak muda bisa gagal. Berikut hal-hal yang membuat anak muda tidak sukses dalam berbisnis.

Baca Juga: Anda Tidak Akan Sukses Jika Masih Melakukan 11 Hal Ini


8 Penyebab Anak Muda Gagal dalam Berbisnis

1Anda Mungkin Tidak Cocok Jadi Pebisnis

Coba bayangkan jika semua orang adalah pengusaha? Lalu, siapa yang akan menjadi konsumennya? Tentu saja, jalan hidup setiap orang berbeda-beda.

Mungkin Anda memang tidak cocok berwirausaha. Mungkin profesi yang lebih cocok untuk Anda adalah atlet, model, pemain film, penyanyi, penulis, dan sebagainya.

Kenali diri Anda dengan baik. Cari tahu passion terbesar dan keterampilan yang paling Anda kuasai. Sehingga Anda bisa berkarier di bidang yang lebih tepat sesuai dengan kemampuan Anda.

Baca Juga: 10 Keuntungan Saat Memulai Bisnis di Usia Muda

2Model Bisnis Tidak Kuat

gambar: legalservicesincorporated.com

Persaingan bisnis semakin ketat. Anda tidak bisa asal-asalan atau berbisnis tanpa konsep yang matang. Namun, Anda perlu membuat model bisnis yang kuat agar dapat bertahan lama.

Jika model bisnis Anda tidak kuat, Anda akan kesulitan mengatasi kompetitor dan tidak bisa memaksimalkan keuntungan. Daya saing Anda rendah, karena bisnis Anda tidak memiliki nilai lebih yang signifikan.

Baca Juga: Jangan Takut Rugi Berbisnis! Jika Anda Khawatir, Coba 5 Tips Jitu Ini

3Terlalu Idealis dan Tak Realistis

Dunia ini dinamis. Banyak perubahan yang telah terjadi dan akan terus terjadi. Sehingga Anda harus lebih fleksibel dalam menerima hal-hal baru.

Miliki sudut pandang yang luas agar tidak terlalu idealis dan menganggap pemikiran Anda yang paling benar. Perhatikan realita dan sesuaikan diri dengan perkembangan zaman.

Misalnya, jika pasar menginginkan hal yang lain, maka jangan ngotot. Namun, cobalah memahami keadaan pasar saat ini dan lakukan penyesuaian agar Anda dapat memenuhi permintaan konsumen.

Baca Juga: 7 Alasan Berbisnis yang Kurang Tepat dan Tidak Sesuai Realita

4Mementingkan Diri Sendiri

Dalam membangun networking dan menjalin kerja sama, Anda tidak bisa egois dan menang sendiri. Anda juga harus memperhatikan kepentingan orang lain.

Ingat, bisnis Anda akan selalu berhubungan dengan orang lain. Jangan hanya karena Anda ingin untung, Anda malah merugikan orang lain. Karena akibatnya, orang lain tidak akan lagi mau mempercayai Anda.

Baca Juga: 8 Hal yang Tidak Pernah Dilakukan Pengusaha yang Cerdas

5Tidak Persisten

Banyak anak muda gagal karena kurang menghargai proses. Padahal, meraih kesuksesan itu tidak bisa cepat-cepat dan instan. Namun, Anda harus bersikap persisten.

Persisten adalah sikap yang gigih, sabar, dan pantang menyerah. Apapun hambatannya, tidak akan membuat Anda berhenti mencoba. Tapi Anda tetap berkemauan kuat dan terus-menerus berusaha hingga sesuatu berhasil.

Baca Juga: 7 Kesalahan Umum yang Sering Dilakukan Investor Pemula

6Kemampuan Komunikasi yang Buruk

Komunikasi itu penting dalam pemasaran dan promosi. Saat berbisnis, Anda akan melakukan presentasi kepada klien atau investor dan bertemu langsung dengan konsumen untuk menawarkan produk Anda.

Produk Anda mungkin bagus, tapi jika Anda tidak percaya diri atau salah dalam penyampaian, maka orang lain akan meragukannya. Untuk itu, Anda harus meningkatkan kemampuan komunikasi agar Anda bisa meyakinkan orang lain.

Baca Juga: 7 Tips Menghilangkan Rasa Takut Gagal dalam Memulai Usaha

7Kurang Disiplin

Profesionalitas anak muda kerap diragukan karena sikap yang kurang disiplin. Karena berbisnis butuh kedisiplinan dalam hal apapun.

Anda harus disiplin terhadap peraturan, Anda juga harus disiplin dalam mengelola waktu dan keuangan. Bukan lagi waktunya untuk kompromi dan main-main. Namun, setiap tanggung jawab harus dilakukan dengan serius.

Baca Juga: Stop Melakukan Kesalahan yang Sama! 6 Hal Ini Jangan Dilakukan Lagi


Nah, itulah alasan kenapa anak muda gagal dalam berbisnis. Bagi Anda pebisnis muda, berhati-hatilah dalam melangkah ke dunia bisnis. Jangan gegabah dan kurang persiapan. Sehingga Anda juga bisa sukses seperti senior Anda.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Total Bunga
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.