8 Bentuk Apresiasi kepada Karyawan yang Bisa Anda Tunjukkan – Setiap orang butuh yang namanya dihargai. Dalam dunia bisnis dan kerja, karyawan ingin dihargai dengan cara diberikan apresiasi.

Anda tak perlu menunggu momen tertentu untuk mengapresiasi karyawan. Kapan saja Anda bisa menunjukkan apresiasi kepada mereka atas kerja kerasnya dalam menjalankan tanggung jawabnya.

Baca Juga: 8 Cara Menginspirasi Karyawan Agar Selalu Kreatif dan Produktif

Sebagai pemimpin, ini adalah salah satu tugas Anda untuk membuat karyawan merasa diperhatikan. Karyawan butuh pengakuan dan pemberian apresiasi akan membuat mereka semakin bersemangat dalam bekerja.

Maka dari itu, jangan pelit untuk mengatakan atau melakukan sesuatu sebagai wujud apresiasi Anda. Jadilah pemimpin yang baik bagi mereka dengan cara-cara berikut ini.

Baca Juga: 5 Contoh dan Cara Menghadapi Karyawan Nakal yang Sulit Diatur


8 Cara Menunjukkan Apresiasi kepada Karyawan

1Mengucapkan Terima Kasih

Terima kasih adalah ucapan sederhana yang terkadang dilupakan. Padahal, dua kata ini dapat membuat karyawan merasa dihargai.

Ucapkan terima kasih saat karyawan menyelesaikan tugasnya. Saat Anda memerintah pun Anda bisa mengucapkan “tolong”, lalu diikuti “terima kasih”. Hal simpel untuk menjaga komunikasi yang baik dengan mereka.

Baca Juga: Sampaikan Rasa Terima Kasih pada Karyawan dengan 3 Cara Ini

2Menyampaikan Pujian

Saat karyawan melakukan tugasnya dengan sangat baik, berikan pujian yang layak diterimanya. Tunjukkan bahwa Anda mengagumi cara kerja dan hasil kerjanya yang luar biasa.

Hal ini akan semakin memotivasi karyawan untuk meningkatkan kualitas kerjanya. Bukan karena mereka ingin menjilat Anda, melainkan karena mereka menyukai kepemimpinan Anda.

Baca Juga: Lakukan 10 Hal Ini untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Karyawan Anda

3Membelikan Makanan

Ini bisa dilakukan sebagai cara untuk merayakan pencapaian. Saat ada suatu project yang beres atau saat target penjualan tercapai, traktir karyawan dengan makanan.

Misalnya, Anda membelikan pizza untuk dimakan bersama di kantor. Memang uang yang dikeluarkan tidak seberapa, tapi akan berkesan bagi para karyawan.

Baca Juga: Cara Mengetahui Apakah Karyawan Anda Dapat Dipercaya

4Memberikan Hadiah

Pada momen tertentu, tak ada salahnya Anda memberikan hadiah kecil sebagai bentuk apresiasi kepada karyawan. Misalnya, saat ada karyawan berulang tahun, melangsungkan pernikahan, atau baru melahirkan.

Hadiah kecil dari Anda akan menciptakan kesan secara pribadi yang mendalam. Mereka pasti akan sangat senang menerimanya.

Baca Juga: 8 Hal yang Tidak Pernah Dilakukan Pengusaha yang Cerdas

5Menambah Fasilitas Kerja

Menambahkan fasilitas akan memudahkan pelaksaaan kerja. Fasilitas kerja adalah kebutuhan yang wajib dipenuhi dengan baik.

Seperti menambah uang pulsa untuk karyawan di bagian sales dan marketing, meminjamkan mobil kantor untuk karyawan yang sering berpergian bertemu klien, dan sebagainya.

Baca Juga: 7 Perusahaan Ini Izinkan Karyawan Bawa Hewan Peliharaan ke Kantor

6Mendengarkan Masukannya

Suatu kebanggaan bagi karyawan jika opini mereka didengarkan. Khususnya bagi karyawan kepercayaan Anda, berikan kesempatan untuknya terlibat dalam mengambil keputusan penting.

Berikan kesempatan bagi mereka untuk menyampaikan masukan demi kebaikan perusahaan. Karyawan akan merasa semakin bernilai jika pendapatnya didengarkan oleh Anda.

Baca Juga: 4 Alasan Pentingnya Introspeksi Diri Sendiri Bagi Pebisnis

7Menaikkan Gaji

gambar: smart-money.co

Karyawan berhak mendapatkan kenaikan gaji dengan alasan atau pertimbangan tertentu. Mungkin setiap tahun karyawan Anda bisa diberikan kenaikan gaji untuk menunjukkan bahwa Anda menghargai loyalitas dan usahanya.

Tentunya, besaran gaji yang naik bisa disesuaikan dengan performa atau kinerja mereka. Jadi, kenaikannya terukur dan adil bagi setiap karyawan.

Baca Juga: Tak Hanya Soal Gaji, 5 Hal Ini Mempengaruhi Kenyamanan Kerja Karyawan

8Promosi Jabatan

gambar: onehowto.com

Karyawan yang berprestasi layak untuk diberikan tanggung jawab yang lebih besar. Cara terbaik ialah dengan memberikan promosi atau menaikkan jabatannya.

Tentunya, promosi jabatan akan diikuti juga dengan apresiasi lainnya, seperti kenaikan gaji dan penambahan fasilitas kerja. Sesuaikan dengan tingkat jabatan yang diembannya.

Baca Juga: Tak Perlu Resign dari Kantor, Ini Tips Menjalankan Bisnis Sambil Kerja


Nah, itulah cara-cara menunjukkan apresiasi kepada karyawan. Apapun bentuk apresiasi yang akan Anda berikan, lakukan itu dari hati Anda.

Jika karyawan merasa diapresiasi, kemungkinan besar karyawan akan semakin loyal. Mereka pun akan semakin bersemangat untuk memberikan hasil yang terbaik bagi kemajuan perusahaan.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Total Bunga
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.