Asian Games 2018 Berikan Dampak Positif pada 5 Bisnis Ini – Pesta olahraga se-Asia, Asian Games diselenggarakan setiap empat tahun sekali. Pada Asian Games 2018, Indonesia mendapatkan kehormatan sebagai negara penyelenggara.

Sebanyak 40 cabang olahraga dipertandingkan di Asian Games 2018 yang berlangsung di kota Jakarta dan Palembang. Sementara jumlah pesertanya mencapai 16 ribu atlet dari 45 negara.

Baca Juga: 8 Bisnis yang Meraup Untung di Hari Kemerdekaan Indonesia

Sebagai ajang olahraga terbesar di Asia, tak heran jika warga dunia akan memberikan perhatiannya. Lonjakan kedatangan turis asing ke Indonesia pun terjadi selama Asian Games 2018.

Tentu saja meningkatnya kunjungan warga asing ke Tanah Air juga berdampak positif ke sektor bisnis. Berikut sejumlah bisnis yang beruntung selama Asian Games 2018.

Baca Juga: 5 Kiat Sukses Memulai Usaha untuk Entrepreneur Pemula


5 Bisnis yang Beruntung Selama Asian Games 2018

1Bisnis Merchandise Asian Games

gambar: idntimes.com

Olahraga merupakan kegiatan yang banyak digandrungi oleh anak-anak hingga orang dewasa. Makanya, acara pertandingan selalu ramai penonton yang ingin langsung menyaksikannya.

Tak hanya menonton, pengunjung pun banyak yang membeli merchandise, seperti baju dan boneka maskot Asian Games yang dijual di lokasi pertandingan. Panitia bahkan bisa menjual hingga 3000 piece per harinya.

Hal ini tentu menguntungkan sejumlah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKN) yang memproduksi merchandise tersebut.

Baca Juga: Tingkatkan Penjualan, Ikuti 5 Tips Menarik Minat Pembeli Online

2Bisnis Hotel

gambar: hotels.com

Kementerian Pariwisata memperkirakan ada sekitar puluhan ribu hingga 150 ribu wisatawan asing yang datang ke Indonesia untuk mendukung atlet dari negaranya selama Asian Games.

Ini mengakibatkan tingkat hunian atau okupansi kamar hotel di Jakarta dan Palembang meningkat. Tentu saja perekonomian nasional di sektor lainnya juga ikut meningkat.

Baca Juga: Cara Menerapkan Analisis Kompetitif untuk Bisnis Anda

3Bisnis Kerajinan Tangan

gambar: lynxgroupbd.com

Barang kerajinan tangan dapat dijual kepada para peserta maupun pengunjung Asian Games yang datang dari berbagai daerah di Indonesia dan dari luar negeri.

Saat berkunjung ke suatu daerah, banyak wisatawan domestik maupun mancanegera yang mencari cenderamata untuk oleh-oleh. Ini merupakan kesempatan emas bagi pebisnis kerajinan tangan untuk meningkatkan penjualan.

Contoh kerajinan tangan yang berpotensi, yaitu kain songket, kain batik Palembang, hingga pajangan miniatur yang berbentuk Monas dan Ondel-ondel.

Baca Juga: 10 Bakat dan Keterampilan yang Bisa Dimanfaatkan untuk Cari Uang

4Bisnis Kuliner

gambar: youtube/Ria SW

Asian Games 2018 di Indonesia membawa keberuntungan bagi bisnis kuliner. Hal ini harus dimanfaatkan dengan baik oleh para pebisnis kuliner sebagai ajang promosi.

Sebab mencoba makanan dan minuman khas setempat menjadi kegiatan wajib bagi banyak orang ketika berkunjung ke suatu tempat. Begitu pula para wisatawan yang datang saat Asian Games berlangsung.

Baca Juga: Pebisnis Pemula Wajib Tahu! Ini 9 Tahap Memulai Bisnis Kuliner

5Bisnis Tempat Hiburan & Wisata

Tentu saja para suporter Asian Games tidak hanya menghabiskan waktunya untuk menonton pertandingan. Ada juga yang akan jalan-jalan menikmati kota dan pemadangan alam.

Pusat perbelanjaan dan kawasan wisata akan kedatangan wisatawan. Sehingga berbagai tempat hiburan pun menjadi lebih ramai dari hari biasanya.

Baca Juga: Berlibur Itu Penting, Ini 7 Manfaat Liburan Bagi Pebisnis


Nah, itulah sejumlah bisnis yang beruntung dan laris manis selama Asian Games 2018. Sebagai tuan rumah, kita harus bangga bahwa negara kita dipercaya untuk menggelar acara olahraga terbesar di Asia ini.

Tidak hanya mendorong perekonomian nasional, Asian Games juga membawa dampak positif bagi persatuan di Indonesia secara khusus. Sebab olahraga menyatukan kita semua untuk mendukung kemenangan atlet bangsa yang berkompetisi.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.