Mark Zuckerberg dan 7 Fakta Menarik Tentang Awal Berdirinya Facebook – Siapa yang setiap hari membuka Facebook? Jejaring sosial terbesar ini memiliki lebih dari 2 miliar pengguna aktif di seluruh dunia.

Sementara di Indonesia, jumlah penggunanya sudah mencapai 115 juta orang per bulan pada tahun 2017.

Khususnya bagi Anda yang punya akun Facebook, pasti tahu dong siapa pemiliknya? Mark Zuckerberg adalah pendiri dan CEO media sosial Facebook.

Namanya eksis di mana-mana. Kisah suksesnya sering dibahas oleh media. Kehidupan pria kelahiran White Plains, New York, 14 Mei 1984 ini memang menarik untuk diketahui karena dapat memberikan inspirasi.

Baca Juga: 10 Fakta Menarik Jack Ma dari Kecil Hingga Sukses Membangun Alibaba

Kisah Mark Zuckeberg saat mendirikan Facebook pernah diangkat dalam film berjudul The Social Network yang dirilis pada 2010.

Film tersebut diadaptasi dari buku berjudul The Accidental Billionaire: The Founding of Facebook, A Tale of Sex, Money, Genius, and Betrayal, karangan penulis Ben Mezrich.

Film arahan sutradara David Ficher ini pun sukses dan berhasil meraup USD 224,9 juta di seluruh dunia.

Namun, bagi Anda yang belum tahu sejarah dibalik Facebook, langsung saja yuk simak sejumlah fakta menarik tentang awal berdirinya media sosial milik Mark Zuckerberg ini.


Mark Zuckerberg dan 7 Fakta Menarik Tentang Awal Berdirinya Facebook

1Facemash Adalah Pendahulu Facebook

gambar: codepen.io

Pada 23 Oktober 2003, Mark Zuckerberg membuat website Facemash.com. Situs ini disebut sebagai pendahulu Facebook karena merupakan eksperimen pertama Mark dalam membangun jejaring sosial.

Baca Juga: Pastikan Hal Ini Ada Pada Website Bisnis Online Anda

Facemash dibuat untuk membandingkan 2 foto mahasiswa mana yang lebih ‘hot’. Foto-foto mahasiswa diambil dengan cara meretas database Universitas Harvard.

Namun, aksinya ketahuan dan Facemash ditutup beberapa hari kemudian karena dianggap melanggar keamanan, hak cipta, serta privasi individu.

Meski begitu, dia jadi tahu bahwa ternyata banyak orang suka membuka internet untuk melihat foto orang lain.


2Facebook Diluncurkan Pada 2004

gambar: businessinsider.com

Mark Zuckerberg dan teman-temannya yang bernama Andrew McCollum, Chris Hughes, Dustin Moskovitz, dan Eduardo Saverin membuat sebuah platform bersama bernama thefacebook.com.

Awalnya, platform dibuat sebagai jejaring sosial untuk mahasiswa Harvard saja. Mereka berkeinginan untuk menghubungkan orang-orang di dalam Universitas.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online di Media Sosial

Namun tidak disangka, thefacebook menjadi populer sehingga akses dibuka untuk mahasiswa dari kampus lain, hingga akhirnya mendunia.

Mark lalu memutuskan untuk berhenti kuliah demi fokus mengembangkan platform yang kini kita kenal sebagai Facebook.


3Facebook Terinspirasi dari AIM

gambar: extremetech.com

Mark Zuckerberg mengakui bahwa aplikasi chatting AOL Instant Messenger adalah salah satu yang menginspirasinya untuk membuat Facebook.

Aplikasi jadul yang telah tutup pada 1997 itu, dapat membiarkan penggunanya untuk membuat status diam atau idle agar tidak diganggu oleh orang lain saat sedang online.

Dari situ, Mark belajar memahami cara berkomunikasi via internet dan ingin membuat plaform yang lebih besar untuk menghubungkan orang-orang yang jauh.


4Ide Facebook Dituduh Hasil Curian

Enam hari setelah The Facebook diluncurkan, Mark Zuckerberg terlibat dalam proyek pengembangan jejaring sosial bernama HarvardConnection.com.

Baca Juga: Miliki 12 Karakter Wirausahawan Sukses Berikut Ini

Namun, proyek milik mahasiswa senior bernama Cameron Winklevoss, Divya Narendra, dan Tyler Winklevoss itu tidak diselesaikannya, karena lebih fokus mengembangkan thefacebook.com.

Mark pun dituduh mencuri ide mereka, karena jejaring sosial keduanya punya konsep yang mirip. Namun, masalah ini akhirnya bisa diselesaikan secara baik-baik.


5Sean Parker Bergabung dengan Facebook

gambar: speeli.com

Tidak butuh waktu lama, Co-Founder dari perusahaan Napster, Sean Parker, segera bertemu dengan Mark Zuckerberg di New York karena tertarik dengan Facebook.

Ia lalu bergabung menjadi Presiden pertama di Facebook pada 2004. Lewat peran Sean Parker, Facebook bertransformasi menjadi sebuah perusahaan dan bukan hanya sekadar proyek universitas. Namun, Sean hanya setahun saja bergabung di Facebook.


6Mendapatkan Investasi Pertama USD 500 Ribu

Berkat jasa Sean Parker, thefacebook mendapatkan investasi pertamanya dari pendiri Paypal, Peter Thiel sebesar USD 500 ribu di bulan Juni 2004.

Baca Juga: 8 Aturan Penting Agar Sukses Beriklan di Facebook

Kemudian pada Agustus 2005, perusahaan menghapus nama ”the” dan mengubahnya menjadi Facebook, setelah membeli nama domain Facebook.com dengan nilai USD 200 ribu.


7Mark Zuckerberg Tidak Ingin Menjual Facebook

Kesuksesan Facebook membuat sejumlah perusahaan tertarik membelinya. Pada 2006, Viacom pernah menawar sebesar USD 1,5 miliar dan Yahoo sebesar USD 1 miliar.

Hampir saja, kepemilikan Facebook berpindah tangan. Untungnya, Mark Zuckerberg tidak mau menjualnya pada siapa pun dan memutuskan untuk tetap independen.

Bisa dilihat sekarang, keputusan Mark sudah tepat karena Facebook terus berkembang pesat dan menjadi media sosial raksasa dengan miliaran pengguna aktif.

Nah, itulah 7 fakta menarik tentang awal berdirinya Facebook. Menarik sekali, bukan?


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (APR - %)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Total Bunga
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here