Manfaatkan 7 Bagian Rumah Ini untuk Menghasilkan Uang – Pada umumnya, rumah digunakan sebagai tempat tinggal saja. Rumah menjadi tempat berkumpul dan berlindung keluarga. Namun, tidak jarang orang memanfaatkan rumahnya sebagai tempat berbisnis sekaligus tempat tinggal.

Jika saat ini Anda sedang mencari ide bisnis, coba Anda perhatikan seluruh bagian rumah Anda. Rumah Anda sebenarnya bisa menjadi tempat untuk menghasilkan uang. Banyak cara untuk mengubah rumah Anda menjadi sumber penghasilan.

Baca Juga: Mau Berbisnis Tapi Modal Minim? Ini 5 Solusi untuk Anda

Pastinya, bukan dengan menjual atau menyewakan bangunan dan area rumah Anda seutuhnya. Namun, Anda bisa memanfaatkan beberapa bagian rumah Anda, baik itu bagian dalam maupun bagian luar rumah Anda, untuk menghasilkan uang. Anda pun masih dapat menetap di rumah tersebut. Nah, berikut cara memanfaatkan bagian rumah Anda untuk mendapatkan penghasilan.

7 Bagian Rumah Anda yang Dapat Menjadi Sumber Penghasilan

1Kamar Tidur

Jika Anda memiliki kamar tidur kosong dan tidak terpakai, Anda bisa menyewakannya untuk orang lain layaknya kos-kosan. Kamar bisa disewa dengan sistem bulanan untuk pelajar, mahasiswa atau pekerja kantoran. Kamar juga bisa disewa mingguan untuk turis asing yang sedang berlibur di daerah Anda.

Namun, memang hal ini dapat mengurangi privasi keluarga Anda, karena penyewa dapat keluar-masuk rumah Anda. Nah, untuk mengakalinya, mungkin Anda bisa merenovasi rumah untuk membuat pintu masuk terpisah antara keluarga dan penyewa. Buat juga peraturan agar penyewa tidak memasuki ruangan tertentu yang khusus untuk keluarga Anda.

Baca Juga: Jangan Lakukan 7 Hal Ini Agar Bisnis Anda Berhasil

2Garasi

gambar: rumahdijual.com

Jika Anda tinggal di wilayah perkotaan yang padat penduduk, Anda bisa saja memanfaatkan garasi rumah Anda sebagai tempat penitipan kendaraan. Sebab cukup banyak orang di kota besar yang memiliki kendaraan, tetapi tidak memiliki tempat untuk menyimpan kendaraannya. Daripada garasi Anda jarang dipakai, maka lebih baik Anda sewakan saja.

3Dapur

Bagi Anda yang pandai memasak atau membuat kue, coba manfaatkan dapur Anda untuk berbisnis kuliner. Seperti membuka usaha katering atau menjual kue kering berdasarkan pesanan. Bisnis ini cocok untuk ibu rumah tangga yang hobi memasak. Hidup jadi lebih produktif dan menghasilkan.

Baca Juga: Jangan Ragu Jualan Online, Ada 5 Keuntungan yang Bisa Anda Dapatkan

4Ruang Tamu

gambar: blissfulanddomestic.com

Bagi Anda yang pandai mengajar, coba menjadi tutor les atau guru pribadi untuk anak-anak sekolahan. Coba buka usaha kursus di rumah Anda dengan mengubah sebagian area ruang tamu Anda menjadi ruang belajar. Pekerjaan yang mulia, tapi juga menghasilkan uang setiap bulan.

5Tembok

gambar: bangunprayitno.blogspot.co.id

Bagian luar dinding rumah Anda atau tembok rumah bisa menjadi media iklan. Hal ini bisa mengurangi keindahan tampilan luar rumah Anda, tapi menghasilkan uang yang lumayan. Sebab kini sejumlah perusahaan mulai mengiklankan produknya dengan mengecat gambar brandnya di tembok rumah warga. Terutama jika rumah berada di area padat penduduk yang selalu ramai.

Baca Juga: 10 Keuntungan Saat Memulai Bisnis di Usia Muda

6Halaman Depan

gambar: rumahdijual.com

Anda bisa menyewakan halaman depan rumah Anda untuk orang-orang yang ingin membuka lapak jualan. Coba tawarkan pada pedagang makanan, seperti pedagang nasi goreng, pecal lele, sate ayam, dan sebagainya. Semakin luas halaman Anda, semakin banyak pedagang yang bisa Anda tampung. Lalu, jika rumah Anda berada di pinggir jalan, harga sewa bisa semakin mahal.

7Halaman Belakang

Jika halaman belakang rumah Anda sangat luas, jangan biarkan tidak terawat. Lebih baik, Anda memanfaatkan halaman belakang untuk menjalankan hobi sekaligus menghasilkan uang. Misalnya, membuat kolam ikan dan membudidayakan ikan hias. Bisa juga dengan membuat kandang untuk ternak ayam. Ikan hias atau ayam tersebut nantinya bisa dijual.

Baca Juga: Mobil vs Rumah vs Investasi P2P Lending, Pilih yang Mana?

Nah, itulah beberapa contoh bagian rumah yang bisa Anda ubah menjadi sumber penghasilan. Jika Anda tertarik, coba sampaikan ide Anda kepada anggota keluarga di rumah. Lalu, buat keputusan bersama apakah ingin menjadikan rumah sebagai tempat tinggal saja, atau mau sekaligus memanfaatkannya untuk berbisnis.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.