Tak Ada Bakat Berbisnis Bukan Alasan untuk Tidak Sukses – Banyak orang beranggapan bahwa menjadi pebisnis yang sukses harus memiliki bakat berdagang.

Biasanya, jika orang tuanya adalah pengusaha, maka anaknya pasti dianggap juga berbakat dalam berwirausaha. Padahal, belum tentu.

Bisa jadi jika anak tersebut pandai berbisnis, itu dikarenakan oleh didikan orang tuanya yang telah mengajarkannya sejak kecil tentang dunia bisnis. Sehingga kesuksesannya bukan semata karena faktor bakat atau keturunan.

Baca Juga: Waspada, 4 Jebakan dalam Berbisnis yang Bisa Membuat Anda Gagal

Oleh sebab itu, anggapan yang menyatakan bahwa bakat atau kepandaian yang dibawa sejak lahir merupakan modal awal untuk berbisnis adalah salah. Siapapun punya kesempatan untuk memulai bisnis dan sukses.

Apapun latar belakang keluarga Anda atau jika Anda merasa tidak berbakat dalam berbisnis, tak perlulah Anda pusingkan lagi. Jangan menjadikan alasan tak berbakat untuk tidak mencoba berbisnis.

Baca Juga: 5 Pemikiran Orang Suskes yang Wajib Ditiru Saat Anda Memulai Bisnis

Nah, bagi Anda yang ingin berbisnis sendiri, berikut hal-hal yang lebih penting untuk Anda perhatikan daripada hanya mempersoalkan apakah Anda berbakat atau tidak.


4 Hal yang Lebih Penting Daripada Bakat Berbisnis

1Miliki Minat Berbisnis

Hal terpenting dalam memulai bisnis adalah memiliki minat yang besar atau passion. Harus ada keinginan yang kuat dari dalam diri Anda untuk menekuni bidang bisnis.

Jika Anda berminat, maka Anda akan dengan senang hati mempelajari segala sesuatu yang berhubungan dengan dunia bisnis. Ketertarikan Anda pada bisnis akan membuat diri Anda terdorong untuk selalu mempelajarinya.

Baca Juga: 6 Hal yang Bisa Menjadi Penghambat Kesuksesan Anda

2Pelajari Dunia Bisnis

Bakat berbisnis bukan modal utama untuk pandai berdagang. Keahlian atau skill dalam menjalankan bisnis bisa dilatih kok. Yang terpenting, Anda menumbuhkan minat bisnis Anda dan tekun mempelajarinya.

Bacalah buku-buku dan artikel di internet tentang bisnis, serta bergabunglah dengan komunitas bisnis. Belajarlah dari berbagai sumber untuk memperkaya ilmu dan membuka wawasan Anda.

Baca Juga: Pebisnis Harus Memiliki 8 Ciri-ciri Pekerja Keras Berikut Ini

3Learning by Doing

Pengetahuan Anda tentang bisnis akan percuma jika tidak diterapkan. Anda harus berani mengambil tindakan untuk membuka bisnis Anda sendiri.

Segera pikirkan ide bisnis dan membuat rencana bisnisnya. Kemudian, jalankan bisnis tersebut, entah itu sendirian atau bersama rekan bisnis Anda.

Nantinya, Anda akan belajar lebih banyak hal saat bisnis telah dimulai. Dengan learning by doing, Anda akan lebih tahu apa yang tepat dan tidak tepat untuk bisnis Anda.

Ingat, pengalaman adalah guru terbaik. Anda akan menghadapi banyak masalah, tapi semuanya akan mengajarkan Anda tentang dunia bisnis yang sebenarnya, bukan sekadar berterori belaka.

Baca Juga: Jangan Takut Rugi Berbisnis! Jika Anda Khawatir, Coba 5 Tips Jitu Ini

4Bulatkan Tekad untuk Berbisnis

Membangun usaha itu tidak mudah. Anda juga butuh tekad yang kuat agar Anda tetap yakin bahwa berbisnis adalah hal yang Anda inginkan sebagai jalan hidup Anda.

Dengan kebulatan tekad, Anda akan tetap berkomitmen dan konsisten dalam menjalankan bisnis Anda. Anda tidak akan mudah putus asa, terutama saat bisnis tidak berjalan dengan baik.

Sebab membuat bisnis Anda berhasil tidak hanya membutuhkan waktu seminggu atau sebulan, tapi Anda akan menjalani proses yang panjang yang mungkin memakan waktu bertahun-tahun.

Perjuangan Anda tidak sebentar. Maka dari itu, jagalah tekad Anda. Janganlah menyerah, dan teruslah berupaya melakukan yang terbaik untuk bisnis Anda.

Baca Juga: 6 Tips Sukses untuk Anak Jaman Now dalam Memulai Usaha


Jadi, bakat berbisnis bukan penentu orang bisa sukses atau tidak. Hilangkan pola pikir bahwa bakat itu yang terpenting untuk menjadi seorang pebisnis yang berhasil.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.