7 Tips Agar Anda Bisa Bangkit dari Kegagalan Bisnis – Harapan tidak selalu menjadi kenyataan. Semua orang pasti ingin sukses, tapi tidak mudah untuk mewujudkan impian.

Realitanya, ada banyak orang yang gagal dalam bisnisnya. Ada yang akhirnya menyerah begitu saja, tapi ada juga yang mau mencoba lagi dan terus berusaha.

Baca Juga: 5 Pemikiran Orang Sukses yang Wajib Ditiru Saat Anda Memulai Bisnis

Pastinya, hanya orang yang dapat bangkit dari keterpurukan yang akan berkesempatan untuk meraih kesuksesan. Kegagalan tidak membuatnya berhenti berjuang.

Malahan, kejatuhan menjadikannya lebih tertantang untuk membuktikan kemampuannya. Itulah pebisnis yang tangguh dan tidak mudah menyerah menghadapi rintangan.

Baca Juga: Tak Ada Bakat Berbisnis Bukan Alasan untuk Tidak Sukses

Nah, bagi Anda yang saat ini sedang berada dalam masa keterpurukan, ingatlah bahwa kegagalan bukan akhir segalanya. Berikut tips jitu untuk memotivasi Anda kembali.


7 Tips untuk Bangkit dari Kegagalan Bisnis

1Boleh Meluapkan Kesedihan

Anda boleh menyesal, marah, dan kecewa. Luapkan kesedihan hati Anda. Hal yang wajar jika Anda menangis dan mengurung diri.

Namun, jangan terlalu lama larut dalam kepedihan. Setelah Anda merasa lebih tenang, mulailah berpikir dan bertindak untuk langkah selanjutnya.

Baca Juga: 6 Cara Menghilangkan Pikiran Negatif yang Membuat Stres

2Tabah Menerima Semuanya

Pada masa sulit, tidak mudah untuk bersyukur. Namun, tidak ada cara terbaik selain berlapang dada dan menerima kegagalan, daripada Anda hanya mengeluh sepanjang hari.

Belajarlah untuk bersikap tabah dan berhenti mengasihani diri. Sebab orang lain pun pernah atau sedang gagal, dan Anda bukan satu-satunya yang bernasib malang.

Baca Juga: 5 Risiko Bisnis Online yang Harus Diwaspadai dan Dihindari

3Cari Tahu Penyebab Kegagalan

gambar: acumen.sg

Lakukan evaluasi bisnis Anda. Cari tahu apa saja sih kekurangan atau kesalahan yang membuat bisnis Anda gagal, sehingga Anda kemudian dapat memperbaikinya.

Mungkin masalahnya ada di strategi pemasaran yang tidak tepat, desain produk Anda kurang menarik, dan sebagainya.

Dengan mengetahui penyebabnya, Anda bisa belajar dari pengalaman dan memperbaiki masalah. Anda pun bisa mempersiapkan sesuatu yang lebih baik untuk membangkitkan bisnis Anda.

Baca Juga: Bisnis Anda Dapat Ulasan Negatif di Internet? Ini Tips Mengatasinya

4Lakukan Refleksi Diri

Anda juga perlu melakukan refleksi diri atau introspeksi. Sadari kesalahan yang Anda perbuat dan kekurangan dalam diri Anda.

Dengan mengoreksi diri sendiri, Anda akan menjadi pribadi yang lebih baik. Sehingga Anda bisa mengubah pemikiran dan sikap diri Anda yang selama ini menjadi penghambat kesuksesan.

Baca Juga: Waspada! 4 Jebakan dalam Berbisnis yang Bisa Membuat Anda Gagal

5Minta Dukungan dari Orang Lain

Mencari dukungan dari orang-orang terdekat disarankan untuk Anda yang baru mengalami kegagalan. Pilih orang-orang yang positif untuk diajak bertukar pikiran dan membagikan masalah.

Mungkin mereka kurang memahami dunia bisnis, tapi memiliki orang-orang yang menyemangati Anda itu akan membuat Anda merasa lebih baik. Mereka pasti akan mendukung Anda untuk bangkit dari kegagalan bisnis.

Baca Juga: Orang-orang Penting yang Harus Didekati Agar Hidup Anda Sukses

6Belajar dari Kisah Pengusaha Sukses

Gambar: Inc.com

Orang-orang yang sudah sukses pernah mengalami masa-masa yang tidak menyenangkan. Mereka pernah gagal dan rugi berkali-kali, hingga akhirnya bisa meraih keberhasilan.

Untuk memotivasi Anda, bacalah kisah inspiratif pengusaha sukses dari buku dan internet. Jika Anda punya kenalan pengusaha, cobalah menemuinya untuk belajar dari pengalaman hidupnya.

Baca Juga: 5 Pebisnis Ini Bocorkan Rahasia Sukses di Usia Muda

7Bangun Semangat Baru

Saat Anda sudah merasa siap untuk kembali berbisnis, anggap saja Anda memulai dari awal lagi. Untuk itu, Anda perlu semangat yang baru supaya ada terobosan baru di bisnis Anda.

Bekerjalah lebih giat. Lakukan segala sesuatu dengan lebih hebat dari apa yang pernah Anda lakukan sebelumnya, sehingga nantinya Anda bisa mencapai hasil yang berbeda dan lebih baik.

Baca Juga: 8 Tanda Anda Punya Mental yang Lemah dan Tak Siap Berbisnis


Nah, itulah tips agar Anda bisa bangkit dari kegagalan bisnis. Apapun masalah yang Anda hadapi, jangan patah semangat. Nikmati proses jatuh-bangun dalam berbisnis.

Niscaya, ada saatnya Anda akan sukses. Asalkan, Anda terus memperjuangkan bisnis Anda dengan menerapkan cara-cara yang tepat.

Semoga Anda berhasil!


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.