5 Tips Biar Tetap Semangat Bekerja Saat Puasa – Bulan Ramadan adalah momen yang istimewa bagi umat muslim. Selama sebulan, Anda akan menjalankan ibadah puasa dan semakin memperdalam agama Islam.

Hari-hari di bulan Ramadan yang spesial membuat Anda ingin selalu melakukan kebaikan. Namun, mungkin terkadang rasa lapar muncul dan membuat Anda kekurangan semangat, apalagi saat tubuh Anda sedang tidak fit.

Baca Juga: 8 Peluang Usaha di Bulan Ramadhan yang Menguntungkan

Wajar saja jika sesekali Anda merasa kurang bersemangat saat berpuasa. Sebab perut yang kosong di siang hari, sementara waktu buka puasa yang masih lama, dapat membuat Anda kesulitan untuk fokus menjalankan pekerjaan.

Maka dari itu, supaya semangat kerja Anda tetap terjaga sepanjang hari di bulan puasa, cobalah terapkan tips berikut ini.


5 Tips Biar Tetap Semangat Bekerja Saat Puasa

1Konsumsi Makanan Bergizi

Perhatikan asupan sayur dan lauk pauk untuk sahur dan buka puasa. Pastikan Anda mengonsumsi makanan-makanan yang bergizi dan mengenyangkan.

Bagi Anda yang sulit bangun subuh, Anda harus memaksakan diri untuk tetap terbangun agar Anda tidak melewatkan sahur. Sahur sangat penting untuk menjaga kebutuhan energi Anda hingga waktu buka puasa tiba.

Baca Juga: 5 Tips Sukses Memulai Bisnis di Bulan Puasa Ramadhan

2Banyak Minum Air Putih

minuman air putih

Lebih sulit menahan haus daripada lapar. Kehausan ketika bekerja saat puasa dapat sering terjadi karena Anda tidak minum air putih yang cukup di waktu sahur.

Maka dari itu, pastikan Anda minum air putih yang banyak agar Anda tidak dehidrasi. Hindari juga minuman yang terlalu manis saat sahur agar Anda tidak mudah mengantuk.

Baca Juga: 7 Macam Bisnis Menjelang Lebaran Idul Fitri yang Laris Manis

3Adakan Acara Buka Puasa Bersama

jajanan buka puasa - es cendol
gambar: tribunnews.com

Adakan acara buka puasa bersama dengan para karyawan, relasi bisnis, dan rekan kerja Anda lainnya. Kegiatan bukber ini dapat menambah semangat karena ada hal yang dinantikan di sore hari, sekaligus untuk mempererat hubungan antara satu sama lain.

Namun, jangan lupa untuk menyelesaikan pekerjaan sebelum bukber dilaksanakan. Jika tidak ingin repot, lakukan bukber di kantor saja. Siapkan menu sederhana dengan memesan takjil di tempat katering.

Baca Juga: 4 Manfaat Berdoa yang Dirasakan oleh Pebisnis

4Jangan Terus Melihat Jam

24 jam sehari tidak cukup, coba tips manajemen waktu ini

Fokus saja dengan tugas-tugas Anda agar semua tanggung jawab tidak terbengkalai. Jangan sering melihat jam untuk mengetahui berapa lama lagi waktu buka puasa tiba.

Karena saat Anda membenamkan diri dalam kesibukan, waktu akan terasa berlalu begitu cepat. Dengan begitu, Anda terhindar dari rasa malas dan juga dapat menahan lapar yang menggoda Anda.

Baca Juga: 7 Hal yang Tidak Dilakukan oleh Orang-Orang Produktif

5Tidur yang Cukup

5 Kegiatan Sebelum Tidur yang Harus Dihindari Jika Anda Mau Sukses
gambar: usnews.com

Pastikan Anda memiliki waktu istirahat yang cukup setiap hari. Karena Anda harus bangun lebih pagi untuk sahur, Anda perlu tidur lebih awal agar durasi tidur Anda cukup.

Dengan begitu, Anda akan terhindar dari rasa kantuk saat bekerja. Semangat pun pasti lebih dapat terjaga karena tidur yang cukup dapat mengurangi tingkat stres kerja, menjaga stamina tubuh, dan membuat Anda lebih kuat menjalankan puasa.

Baca Juga: 9 Tips Agar Anda Selalu Berpikir Positif dalam Berbisnis


Nah, itulah tips agar Anda bisa tetap semangat bekerja saat puasa. Bagi Anda yang menjalankan puasa, semoga ibadah Anda lancar dan Anda juga mendapatkan berkah yang melimpah di bulan Ramadan tahun ini. Amin!


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.