5 Tips Supaya Anda Mampu Bekerja Secara Multitasking – Kemampuan multitasking dianggap penting untuk menuntaskan beberapa pekerjaan dalam satu waktu. Contohnya, mengetik di laptop sambil menjawab panggilan telepon.

Namun, sulit sekali untuk fokus mengerjakan dua hal atau lebih sekaligus. Jika konsentrasi terganggu, pekerjaan malah semakin lambat diselesaikan.

Solusinya ialah selesaikan pekerjaan satu per satu daripada memaksakan diri untuk mengerjakan sejumlah hal berbarengan. Sehingga Anda bisa memusatkan perhatian dengan baik pada setiap pekerjaan.

Baca Juga: 8 Tips Jitu Meningkatkan Produktivitas Kerja di Kantor

Akan tetapi, terkadang Anda akan dihadapkan dengan sejumlah pekerjaan di waktu yang sama. Mau tak mau, Anda pun harus mencoba multitasking demi tuntutan deadline.

Oleh sebab itu, berikut tips yang bisa Anda terapkan agar Anda bisa multitasking dalam menjalankan beberapa pekerjaan.

Baca Juga: Lakukan 7 Hal Ini Agar Anda Tetap Fokus Saat Bekerja


5 Tips Bekerja Secara Multitasking

1Tetapkan Prioritas Pekerjaan

Saking banyaknya pekerjaan, Anda pasti bingung harus mengerjakan yang mana saja terlebih dahulu. Makanya, Anda perlu menetapkan prioritas untuk setiap pekerjaan.

Dengan menyusun prioritas, Anda bisa mengerjakan tugas-tugas sesuai deadline. Anda akan lebih mudah dalam menangani semua pekerjaan tersebut tanpa keteteran.

Baca Juga: 6 Cara Memaksimalkan Waktu Kerja di Kantor

2Kerjakan Hal yang Masih Berhubungan

Bekerja secara multitasking mengharuskan Anda untuk mampu membagi pikiran. Namun, hal ini dapat memicu stres jika Anda tidak menyiasatinya.

Maka dari itu, sebaiknya Anda mengerjakan beberapa pekerjaan yang masih berhubungan agar Anda tidak kebingungan. Seperti mengerjakan dua hal yang menggunakan peralatan yang sama.

Misalnya, membalas email melalui smartphone sambil menelepon klien untuk membuat janji. Nah, dua pekerjaan tersebut memungkinkan untuk dikerjakan bersamaan.

Baca Juga: 5 Ide Bisnis Sambilan untuk Karyawan yang Tak Ganggu Pekerjaan

3Jangan Menunda Pekerjaan

Banyak pekerjaan yang harus diselesaikan dapat membuat Anda kewalahan. Terkadang, hal ini membuat Anda tergoda untuk menundanya saja.

Namun, tanggung jawab harus dijalankan demi profesionalitas. Disiplin adalah kunci agar pekerjaan tidak menumpuk dan bisa diselesaikan tepat waktu.

Untuk itu, jangan sedikit pun berkompromi untuk menunda pekerjaan. Namun, kerjakanlah pekerjaan-pekerjaan Anda sampai benar-benar selesai.

Baca Juga: Anda Bisa Melawan Rasa Malas Bekerja dengan 5 Cara Ini

4Sempatkan untuk Istirahat Sejenak

Multitasking dalam bekerja bisa membuat Anda pusing. Sebab Anda memaksa otak Anda untuk bekerja lebih cepat dalam melakukan banyak hal secara bersamaan.

Jika Anda terlalu memforsir, otak Anda tidak akan mampu memproses dengan baik semua informasi dan perintah. Itulah kenapa Anda perlu menyediakan waktu untuk menenangkan pikiran.

Dengan beristirahat sejenak, otak Anda bisa siap untuk kembali bekerja dengan optimal. Sehingga semua pekerjaan pun akan dapat terselesaikan dengan lebih baik.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Stres Akibat Tekanan Pekerjaan yang Berat

5Utamakan Kualitas Bukan Kuantitas

Menyelesaikan banyak pekerjaan dengan cepat memang mengagumkan, tapi percuma jika terjadi kesalahan dan Anda kurang memperhatikan kualitas hasil kerja Anda.

Maka dari itu, buatlah standar kinerja bagi diri Anda sendiri. Sehingga sebanyak apapun pekerjaan Anda, Anda tetap berkomitmen untuk menyelesaikan semuanya dengan upaya yang terbaik.

Baca Juga: 7 Jurus Jitu Agar Anda Bisa Cepat Sukses


Nah, itulah tips supaya Anda dapat bekerja secara multitasking. Lalu setelah Anda mengetahui tips di atas, latihlah kemampuan multitasking Anda secara kontinu.

Mulai dari mengerjakan dua hal secara bersamaan, baru kemudian tiga pekerjaan dan seterusnya. Dengan begitu, bukan tak mungkin jika Anda bisa menjadi multitasker yang andal.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.