6 Cara Sederhana untuk Belajar Bisnis – Bagi Anda yang tidak punya pengalaman dalam berbisnis, mungkin pusing harus memulai dari mana saat Anda ingin membuka usaha.

Yang pasti, hal pertama yang perlu dilakukan ialah mempelajari dunia bisnis. Anda harus memahami bidang usaha yang akan Anda tekuni sebelum Anda berbisnis.

Baca Juga: Gaji pas-pasan? Cobalah 6 Usaha Sampingan Ini untuk Tambah Penghasilan

Namun, belajar tentang bisnis tidak harus dengan menempuh pendidikan formal atau non-formal. Anda tidak harus memiliki suatu gelar lulusan bisnis untuk menjadi pebisnis.

Sebab ada banyak cara yang lebih sederhana untuk mencari tahu seluk-beluk dunia usaha dan mendapatkan ilmu bisnis, seperti berikut ini.


6 Cara Sederhana untuk Belajar Bisnis

1Baca Buku Seputar Bisnis

Buku adalah jendela dunia. Wawasan Anda akan semakin luas dengan membaca banyak buku seputar bisnis, entah itu tentang kisah sukses pengusaha, teori bisnis, dan sebagainya.

Anda bisa meminjam buku punya teman, pergi ke perpusatakaan, membeli di toko buku, dan men-download e-book. Gunakan waktu luang Anda untuk membaca dan jadikan itu sebagai kebiasaan.

Baca Juga: 10 Bisnis yang Tak Ada Matinya dan Selalu Menjanjikan

2Belajar dari Media

Manfaatkan media cetak dan elektronik, serta internet untuk mendapatkan berbagai informasi seputar bisnis. Entah itu dengan menonton program seputar bisnis di televisi, membaca majalah bisnis, membaca artikel online, dan sebagainya.

Terutama di internet, ada banyak informasi gratis yang bisa Anda cari. Tidak sulit untuk menemukan informasi apapun yang Anda mau di internet.

Baca Juga: Sebelum Berbisnis, Anda Patut Mempertimbangkan 5 Hal Ini

3Amati Lingkungan Anda

Perhatikan lingkungan Anda. Ada banyak orang yang menjalankan usaha di sekitar tempat tinggal Anda.

Pergilah ke mal, pasar tradisional, toko-toko di dekat rumah Anda, untuk mengamati kegiatan jual-beli antara pedagang dan pembeli. Dari situ Anda bisa melihat langsung keadaan bisnis di masyarakat.

Baca Juga: 5 Bisnis yang Cocok untuk Generasi Milenial

4Berteman dengan Pebisnis

Jika Anda punya teman yang berprofesi sebagai pebisnis, jagalah hubungan baik dengannya. Jangan segan berkomunikasi dengannya untuk bertukar pikiran dan belajar bisnis.

Lalu perluas juga koneksi Anda. Bergabunglah dengan komunitas bisnis di kota Anda agar Anda menemukan orang-orang yang tepat untuk mendiskusikan masalah bisnis.

Baca Juga: 8 Hal yang Tidak Pernah Dilakukan Pengusaha yang Cerdas

5Ikuti Seminar Bisnis

Ada banyak event seminar atau acara meet-up, dari yang berbayar sampai yang gratis, yang membahas hal-hal mengenai bisnis. Daftarkan diri Anda dan datanglah ke acara tersebut.

Dengarkan sharing pengalaman dan ilmu dari para pembicara. Jika ada kesempatan bertanya, beranilah mengajukan pertanyaan bisnis yang ingin Anda ketahui jawabannya.

Baca Juga: 4 Tips Jitu Melakukan Pendekatan dengan Konsumen

6Lakukan Survei Online

Saat Anda ingin mengetahui pendapat orang lain, coba lakukan survei online. Mudah dan prosesnya cepat untuk mengumpulkan jawaban dari banyak orang.

Misalnya, Anda ingin mengetahui selera konsumen saat ini. Dengan melakukan survei, Anda akan mendapatkan informasi yang lebih akurat. Anda tidak mengira-ngira sendiri suatu hal, tapi langsung mengetahui jawabannya dari konsumen yang Anda tuju.

Baca Juga: 6 Cara Menangkap Peluang Usaha yang Tepat dan Berpotensi


Nah, itulah cara-cara sederhana untuk belajar bisnis. Namun ingat, jangan cuma mempelajari teori tanpa praktik. Mulailah bisnis Anda segera.

Akan tetapi, tak perlu langsung membuka bisnis besar. Anda bisa mengawalinya dengan usaha kecil-kecilan, dan kemudian mengembangkannya secara bertahap.

Selamat berbisnis dan semoga Anda berhasil!


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.