Mana yang Lebih Penting, Beli Mobil atau Buka Usaha Dulu? – Mungkin Anda adalah seorang karyawan atau pekerja lepas yang ingin memiliki mobil, tapi juga tertarik untuk memulai bisnis sendiri.

Namun, jika dana Anda terbatas, Anda tentu harus memilih salah satu untuk saat ini. Apakah uangnya untuk membeli mobil ataukah membuka usaha lebih dulu?

Baca Juga: Setelah Lulus Kuliah Langsung Kerja atau Buka Usaha? Ini Jawabannya!

Pertimbangkan baik-baik sebelum memutuskan. Keduanya sama-sama penting, tapi Anda harus menentukan mana yang paling penting dan sesuai dengan kebutuhan Anda sekarang dan tujuan Anda ke depannya.

Maka dari itu, coba simak perbandingannya berikut ini.

Baca Juga: Mana yang Lebih Baik, Menikah Sebelum Mapan atau Setelah Sukses Berbisnis?


Beli Mobil vs Buka Usaha, Mana yang Terpenting?

Membeli Mobil

hal yang jangan dilakukan jika nanti anda sudah sukses

Mobil sangat berguna untuk berpergian ke mana-mana dengan nyaman. Anda tidak akan kehujanan, terkena debu jalanan, dan kepanasan di siang hari, serta Anda dapat membawa beberapa orang dalam mobil Anda.

Namun, apakah sudah saatnya Anda beli mobil? Ataukah sebenarnya Anda tidak terlalu membutuhkannya, karena keinginan untuk memiliki mobil hanya demi meningkatkan gengsi dan agar terlihat lebih keren di mata orang lain? Anda yang paling tahu.

Baca Juga: Pertimbangkan, Apakah Lebih Baik Membeli Mobil Baru atau Bekas?

Akan tetapi, jika mobil memang benar-benar dibutuhkan untuk mendukung mobilitas Anda sehari-hari, ya boleh saja. Misalnya, Anda adalah seorang videografer profesional, pasti repot jika berpergian menggunakan motor atau taksi. Sebab peralatan untuk merekam video cukup banyak dan berat, sehingga Anda membutuhkan mobil pribadi.

Masalahnya, mobil terbilang boros jika Anda tidak terlalu membutuhkannya dan tidak sebanding dengan penghasilan bulanan Anda. Anda harus siap mengeluarkan biaya bensin, biaya servis, biaya asuransi mobil, dan biaya lainnya yang tidak murah.

Baca Juga: 4 Tips Menjalin Cinta Ini Bisa Diterapkan Saat Memulai Bisnis

Membuka Usaha

alasan memulai usaha sendirian tanpa rekan bisnis

Jika keinginan untuk berbisnis sendiri sudah ada sejak lama, sebaiknya Anda mulai serius merencanakan bisnis Anda. Apalagi kebetulan saat ini Anda sudah punya tabungan yang cukup untuk dijadikan modal usaha, maka sebenarnya Anda sudah bisa segera memulainya.

Namun, pastikan Anda memang sudah yakin untuk menjadi usahawan. Mengelola bisnis itu tidak mudah dan penuh risiko, sedangkan mungkin pekerjaan Anda sekarang sudah bagus dan menghasilkan pendapatan yang stabil.

Baca Juga: Beberapa Cara Menghasilkan Uang dari Internet yang Patut Dicoba

Akan tetapi, jika Anda sudah siap berbisnis, ya cobalah membuka usaha lebih dulu daripada uangnya dipakai untuk membeli mobil. Sebab, berwirausaha memiliki potensi untuk menghasilkan keuntungan yang besar.

Cepat atau lambat, saat bisnis Anda berhasil, Anda akan punya uang yang cukup untuk membeli mobil pribadi. Jadi, tak ada salahnya Anda menunda membeli mobil dan menggunakan dana Anda sekarang untuk berbisnis terlebih dahulu.

Baca Juga: 9 Keterampilan Komunikasi yang Harus Dikuasai untuk Jadi Pebisnis Sukses


Nah, bagaimana menurut Anda? Pikirkan baik-baik sebelum memutuskan. Beli mobil dulu, boleh. Namun, buka usaha dulu juga merupakan pilihan yang baik.

Silakan putuskan sendiri, mana yang terbaik untuk Anda. Sebab Anda yang paling tahu mana yang lebih penting berdasarkan kebutuhan Anda sekarang dan tujuan Anda ke depannya.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.