Tanda-tanda Anda Sedang Berada di Zona Nyaman – Pebisnis harus melakukan perbaikan bisnis dari hari ke hari demi keberlangsungan usaha.

Sebagaimana diketahui, dunia bisnis merupakan lingkungan yang kompetitif. Anda harus terus melakukan perubahan yang baik agar bisnis Anda tetap relevan dan tidak kalah saing.

Baca Juga: Sebelum Berbisnis, Anda Patut Mempertimbangkan 5 Hal Ini

Namun saat Anda terjebak pada zona nyaman, Anda akan berhenti untuk melakukan perubahan. Anda merasa tidak lagi tertantang dengan bisnis Anda.

Kondisi ini akan membawa dampak buruk pada bisnis Anda. Bisnis Anda akan stuck dan tidak lagi mengalami kemajuan yang berarti.

Baca Juga: Alasan Kenapa Pebisnis Pemula Sering Alami Kegagalan

Maka dari itu, sadari keadaan Anda. Berikut tanda-tanda Anda sedang tinggal di dalam zona nyaman.


4 Tanda Anda Berada di Zona Nyaman

1Anda Merasa Sudah Mapan

Memiliki bisnis yang berhasil dapat membuat Anda terjebak dalam zona nyaman. Anda merasa puas dengan pencapaian bisnis yang stabil.

Hal ini membuat Anda santai dalam berbisnis. Sehingga Anda lupa untuk berbenah dan berubah, serta kurang peka dengan dunia luar.

Contohnya, Kodak yang pernah sukses di era 80-90-an dengan bermacam produk kamera film. Namun, akhirnya mengalami kemunduran dan bangkrut pada tahun 2012 karena tidak serius mengembangkan teknologi digital fotografi.

Kegagalan Kodak menjadi pelajaran bagi pebisnis agar terus melakukan perubahan dan mengikuti kemajuan zaman. Jangan merasa sudah mapan, lalu tidak mau melakukan transformasi.

Baca Juga: 5 Penyebab Anda Tidak Bisa Kaya Walau Sudah Lama Berbisnis

2Enggan Mencoba Hal Baru

Coba ingat-ingat, kapan terakhir kali Anda melakukan sesuatu yang baru untuk bisnis Anda? Jika Anda sudah tak mengingatnya, berarti Anda sedang berada di zona nyaman.

Memang melakukan perubahan itu membutuhkan keberanian. Jika Anda salah mengambil keputusan dan bertindak, bisnis Anda juga bisa menghadapi risiko yang fatal.

Namun, jika Anda selalu enggan mencoba hal baru, bisnis Anda tidak akan berkembang. Inovasi tidak ada, sedangkan bisnis lain terus menawarkan hal baru. Akhirnya, lama-lama bisnis Anda pun bisa ketinggalan.

Baca Juga: Contoh-contoh Keberanian yang Harus Dimiliki Pengusaha dalam Berbisnis

3Mulai Menutup Diri

Orang yang sedang nyaman dengan keadaannya, biasanya sulit membuka diri dan hanya percaya dengan pemahaman dan pengalamannya sendiri.

Jika Anda mengalaminya, mungkin Anda tidak akan menyadarinya. Padahal, Anda termasuk orang yang sedang terjebak di zona nyaman.

Anda tidak mau belajar ilmu baru. Anda merasa sudah tahu semuanya. Sehingga Anda tidak mau membuka diri dalam menerima masukan dari orang lain.

Baca Juga: Walau Anda Sibuk Kerja, 4 Hal Ini Jangan Dilupakan

4Melakukan Rutinitas yang Membosankan

Apa yang Anda kerjakan setiap hari? Anda mungkin merasa bosan, tapi Anda terus melakukan aktivitas bisnis yang nyaris sama setiap hari.

Pergi pagi, pulang malam. Begitu setiap hari. Lama-lama Anda tidak lagi merasa ada tantangan dalam berbisnis.

Solusinya, lakukanlah evaluasi kerja secara kontinu agar Anda terus berbenah. Lalu rencanakan jadwal kerja Anda setiap minggu dan pastikan selalu ada yang baru dalam setiap rencana tersebut.

Sehingga rutinitas kerja tidak lagi membosankan. Anda pun selalu terdorong untuk meningkatkan kinerja dan mempelajari hal baru setiap harinya.

Baca Juga: 4 Tanda Anda Sudah Kehilangan Passion dalam Berbisnis


Nah, itulah tanda-tanda Anda sedang berada di zona nyaman. Apakah Anda mengalaminya? Jika iya, segeralah keluar dari zona nyaman Anda dan beranilah mengambil langkah perubahan demi kemajuan bisnis Anda.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.