Ide Usaha yang Cocok untuk Anda yang Mau Berbisnis Bareng Sahabat –┬áSahabat akan selalu ada dalam suka dan duka. Menjalin persahabatan dengan seseorang atau beberapa orang, membuat hidup menjadi lebih berwarna dan indah.

Biasanya, waktu bersama sahabat dihabiskan untuk bermain, jalan-jalan, hingga curhat masalah keluarga dan percintaan. Berbagai hal dilakukan bersama sehingga Anda bisa begitu mengenal pribadinya.

Baca Juga: Perhatikan 7 Hal Ini Agar Bisnis dengan Teman Berjalan Lancar

Namun, apakah Anda berpikir untuk memulai usaha bersama sahabat Anda? Tampaknya menyenangkan jika bisa menjalankan bisnis dengan orang yang sudah akrab.

Hanya saja, memang berisiko jika berbisnis dengan sahabat. Anda mungkin khawatir jika urusan bisnis bisa membuat kalian berkonflik dan merenggangkan hubungan persahabatan yang telah lama dibangun.

Akan tetapi, bagi Anda yang tertarik untuk memulai usaha bersama sahabat, maka Anda mesti yakin bahwa dia dapat menjadi rekan bisnis yang tepat. Komunikasikan masalah ini di awal agar kalian sama-sama dapat berkomitmen untuk berbisnis secara profesional.

Baca Juga: Hati-Hati, Ini 5 Risiko Menjalankan Usaha Bersama Teman Anda

Nah, bagi yang mau merintis usaha bareng sahabat, berikut beberapa pilihan ide bisnis yang bisa dipertimbangkan.


Mau Berbisnis Bareng Sahabat? Coba 6 Ide Usaha Ini!

1Buka Kafe

meeting bisnis di restoran

Punya kebiasaan mengobrol berjam-jam bareng sahabat di dalam kafe? Kenapa tidak mencoba bikin kafe sendiri bareng sahabat Anda saja?

Membuka kafe merupakan pilihan bisnis yang cocok untuk kalian yang hobi nongkrong sekaligus menyukai dunia kuliner. Kalian bisa menjual menu favorit kreasi kalian dan mendekorasi ruangan kafe yang unik. Sangat seru, bukan?

Baca Juga: Kiat-Kiat Sukses Membuka Bisnis Minuman Kekinian

2Travel Agent

traveling mencari ide bisnis

Setiap hari banyak orang yang membutuhkan jasa agen perjalanan. Maka dari itu, coba ubah hobi jalan-jalan Anda menjadi sebuah bisnis yang menjanjikan.

Anda bisa menawarkan tiket perjalanan, layanan akomodasi, mengatur itinerary, dan mendokumentasikan perjalanan. Anda pun jadi bisa sering traveling bersama sahabat, sembari menghasilkan uang.

Baca Juga: Buka Toko Offline atau Toko Online, Mana yang Lebih Baik?

3Event Organizer

acara event konser musik

Anda dan sahabat adalah orang yang gaul dan lincah? Tampaknya, kalian bisa cocok untuk menjalankan bisnis event organizer. Misalnya, EO acara musik atau acara pernikahan atau wedding organizer.

Mempersiapkan dan mengatur jalannya sebuah acara itu tak mudah. Butuh tim yang solid untuk mampu mengembangkan EO yang sukses, dan Anda bisa memulainya dengan sahabat terdekat Anda yang sudah kompak.

Baca Juga: 5 Tips Sukses Merintis Usaha Kecil-kecilan untuk Pemula

4Usaha Kreatif

tips sukses membangun bisnis dengan teman

Terjun ke industri kreatif bisa jadi pilihan yang tepat untuk Anda yang mau berbisnis bareng sahabat. Terutama bagi kalian yang sama-sama punya ketertarikan dan keterampilan di bidang yang sama.

Contoh usaha kreatif, yaitu jasa fotografi, membuat kerajinan tangan, membuka clothing line, mendirikan agensi periklanan, dan sebagainya. Pilih jenis bisnis kreatif yang paling sesuai dengan diri kalian.

Baca Juga: 7 Tips Memilih Supplier untuk Bisnis Anda

5Jualan Produk Online

hati hati, ini risiko menjalankan usaha bersama teman

Bagi yang tertarik berjualan online, Anda bisa memasarkan produk apa saja melalui internet. Mulai dari menjual barang bekas, menjadi reseller, hingga memasarkan produk buatan sendiri,

Perhatikan tren bisnis online dan peluang yang ada untuk menentukan produk jualan yang tepat. Manfaatkan media sosial dan website e-commerce dengan baik agar bisnis dapat berhasil menjangkau pembeli.

Baca Juga: 9 Cara Menghasilkan Uang dari Internet yang Patut Dicoba

6Membeli Franchise

memilih usaha franchise
gambar: franchiseindia.com

Menyiapkan bisnis dari nol itu merepotkan. Jika Anda ingin simpel, Anda bisa berbisnis dengan membeli franchise yang sudah populer dan memiliki sistem yang baik.

Modal usaha bisa patungan dengan sahabat. Kemudian, bagi tanggung jawab untuk mengelola waralaba yang dibeli agar usahanya dapat berjalan sukses.

Baca Juga: 7 Tips Memilih Usaha Franchise yang Tepat untuk Jangka Panjang


Nah, itulah beberapa ide usaha yang cocok untuk Anda yang mau berbisnis bareng sahabat. Semoga kalian dapat menentukan peluang bisnis yang tepat dan akhirnya bisa menjalankannya dengan berhasil. Selamat berbisnis!


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.