Mau Sukses Berbisnis Sambil Kuliah? Ikuti 5 Tips Ini! – Bagi generasi millennial yang punya cita-cita menjadi wirausaha, Anda bisa mewujudkan mimpi Anda itu semenjak masih mahasiswa.

Cobalah Anda memulai bisnis sambil kuliah. Tidak perlu menunggu setelah lulus menjadi sarjana, karena Anda bisa berbisnis sembari menempuh pendidikan di universitas.

Walaupun memang tidak mudah untuk menjalankan usaha ­— apalagi Anda terbilang masih pemula yang tidak punya pengalaman — Anda tetap bisa kok meraih kesuksesan. Asalkan, Anda mau terus berusaha menjadi yang terbaik.

Baca Juga: 6 Tips Memulai Usaha untuk Anak Sekolahan

Maka dari itu, bagi anak kuliahan yang mau berbisnis, silakan terapkan tips berikut agar Anda bisa berhasil dalam menjalankan bisnis.


5 Kiat Sukses Berbisnis Sambil Kuliah

1Punya Target yang Jelas

Apa yang ingin Anda capai dalam perkuliahan dan bisnis? Anda harus menentukan target-target Anda secara jelas supaya setiap hal yang Anda lakukan memiliki maksud dan tujuannya.

Misalnya, Anda menargetkan lulus kuliah tepat waktu dalam 4 tahun dengan IPK 3,5. Anda juga akan memulai bisnis pada semester ke 5. Buat target jangka panjang dan pendek yang ingin dicapai.

Dengan begitu, Anda bisa merencanakan apa saja yang mesti dilakukan supaya Anda bisa kuliah sembari berbisnis. Saat Anda memiliki persiapan, Anda akan lebih mampu menjalankan setiap tanggung jawab dengan baik.

Baca Juga: 9 Keuntungan Menjadi Pengusaha yang Perlu Anda Ketahui

2Mengatur Waktu dengan Baik

Setiap hari Anda harus tahu apa yang mau dilakukan. Anda harus selalu punya rencana agar waktu Anda tidak terbuang sia-sia karena menjalankan aktivitas yang tidak penting.

Ingat, berbisnis sambil kuliah akan mengurangi waktu Anda untuk bersantai. Anda tidak bisa seperti teman-teman Anda yang bisa langsung pergi nongkrong sepulang dari kampus, karena Anda harus mengurus bisnis terlebih dahulu.

Maka dari itu, sangat penting mengatur waktu dengan sebaik-baiknya. Tetapkan prioritas dengan benar, sehingga Anda bisa menjalankan setiap tanggung jawab di kampus dan bisnis bisa dengan baik.

Baca Juga: 7 Kriteria Pemimpin Bisnis yang Harus Anda Miliki

3Jalankan Usaha yang Fleksibel

Bisnis dan kuliah sama-sama penting bagi masa depan Anda. Supaya Anda bisa menjalankan keduanya dengan baik, pilihlah jenis usaha yang fleksibel.

Hindari membuka usaha yang harus dijaga setiap saat. Seperti membuka toko konvensional, warung makan, dan bisnis lainnya yang membuat Anda tidak bebas bergerak.

Namun, sebaiknya pilih bisnis yang bisa disesuaikan dengan kesibukan perkuliahan. Contohnya, bisnis online bisa dijalankan dari mana saja dan kapan saja. Anda tidak punya waktu kerja yang terikat, sehingga tidak akan mengganggu kegiatan kuliah Anda.

Baca Juga: 15 Peluang Bisnis yang Cocok untuk Mahasiswa Sambil Kuliah

4Pilih Komunitas yang Positif

Anak kuliahan biasanya masih suka bermain dan berfoya-foya. Anggapannya, selagi masih muda, maka bersenang-senanglah menikmati masa muda yang cuma dirasakan sekali saja.

Boleh saja bersenang-senang, tapi jangan sampai menjadi kebiasaan buruk, sehingga membuat gaya hidup Anda boros dan tidak sehat. Sebab akan lebih baik, jika Anda lebih banyak mengisi waktu dengan berbagai kegiatan positif.

Maka dari itu, pilih komunitas yang tepat. Cari teman-teman yang dapat membawa pengaruh yang positif. Jika bisa, bersosialisasilah dengan mereka yang punya visi dan hobi yang sama agar cocok dengan diri Anda.

Baca Juga: 8 Tanda Anda Punya Mental yang Lemah dan Tidak Siap Berbisnis

5Pantang Menyerah

Sebagai pebisnis pemula, Anda perlu banyak belajar dalam berbisnis. Awalnya pasti terasa berat, apalagi tugas dari kampus yang banyak juga semakin menambah beban hidup Anda.

Kunci supaya Anda mampu bertahan adalah tetap bersemangat. Jangan mudah menyerah, walaupun banyak hal yang belum Anda kuasai dan usaha belum ramai pelanggan.

Jika mental Anda kuat, pasti Anda perlahan-lahan Anda bisa membangun bisnis dengan baik. Kuliah pun juga tetap berjalan dengan lancar dan Anda pun bisa meraih prestasi yang membanggakan.

Baca Juga: Mengenal Karakteristik Generasi Z yang Jadi Target Pasar Anda


Nah, itulah tips sukses berbisnis sambil kuliah. Semoga dapat membuka pikiran mahasiswa yang tertarik untuk memulai usaha.

Jadi bagi anak muda, jangan ragu untuk memulai bisnis sekarang. Tunjukkan semangat muda untuk sukses, karena Anda bisa jika mau berusaha.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.