6 Bidang Manajemen Bisnis yang Harus Anda Ketahui – Manajemen bisnis adalah kegiatan pengaturan sebuah usaha yang dilakukan secara menyeluruh dan profesional. Manajemen bisnis ini mencakup upaya perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan semua lini dalam proses bisnis hingga mencapai tujuan bisnis yang diinginkan.

Baik itu usaha berskala kecil maupun berskala besar, semuanya membutuhkan manajemen bisnis agar usahanya tidak berjalan sembarangan, dapat mengantisipasi berbagai resiko, dan mencapai target yang diharapkan. Guna memperlancar usaha, terdapat beberapa bidang dalam manajemen bisnis yang perlu Anda ketahui.

Baca Juga: 6 Rumus Dasar Dalam Berbisnis yang Harus Anda Terapkan

Nah, berikut 6 bidang manajemen bisnis yang harus Anda miliki saat menjalankan usaha.

6 Bidang Manajemen Bisnis Dalam Menjalankan Usaha

1Manajemen Produksi

Manajemen produksi adalah kegiatan pengaturan faktor produksi agar berjalan dengan baik dan dapat menghasilkan produk berkualitas yang diminati oleh konsumen. Aspek-aspek dalam manajemen produksi antara lain perencanaan desain produksi, bahan baku produksi, mutu produk, jumlah produk, dan pengendalian serta pengawasan produksi.

Baca Juga: 6 Mental Entrepreneur Sukses yang Harus Anda Miliki

Tujuan utama manajemen produksi ialah untuk mencegah dan memperbaiki kesalahan dan kegiatan yang tidak sesuai dengan prosedur perencanaan dan standar produksi. Dengan demikian, proses produksi dapat berjalan dengan lancar dan menghasilkan yang terbaik, dengan biaya terendah serta tepat pada waktunya.

2Manajemen Pemasaran

Diverse People Working and Marketing Concept

Manajemen pemasaran adalah kegiatan mengenai perencanaan dan penentuan target, tujuan, dan hasil yang akan dicapai dalam bidang pemasaran. Hal ini berkaitan dengan berhasil atau tidaknya produk Anda sampai ke tangan konsumen. Sehingga kegiatan dalam bidang ini meliputi riset tentang konsumen, strategi pemasaran, menganalisis peluang pasar dan kompetitor, mempromosikan produk, dan lain-lain.

Baca Juga: 10 Manfaat Internet Marketing Bagi Bisnis Anda

Tujuannya ialah agar produk dapat dikenal masyarakat, meningkatkan volume penjualan produk, dan meraih keuntungan. Tanpa manajemen pemasaran, sebuah bisnis akan mengalami kendala dalam hal pemasukan.

3Manajemen Distribusi

Manajemen distribusi adalah kegiatan perencanaan soal aspek ketersediaan dan penyaluran barang kepada konsumen. Manajemen distribusi merupakan pendukung dari manajemen pemasaran, sebab saling berkaitan dan melengkapi. Jika manajemen distribusi bermasalah, maka pemasaran akan terganggu, begitu pula sebaliknya. Sehingga proses penyaluran barang kepada konsumen bergantung dengan pola distribusi yang sudah Anda buat.

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Loyalitas Pelanggan Anda

4Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan atau finansial adalah kegiatan pengelolaan arus kas secara efektif dan efisien. Ini menyangkut upaya pengaturan perputaran uang masuk dan keluar, bekerja sama dengan pihak-pihak terkait dalam hal mencari dana, melakukan investasi, menetapkan kebijakan pembagian laba atau dividen, serta mengontrol pembuatan laporan keuangan.

Baca Juga: Lakukan Ini Kalau Tidak Ingin Uang Anda Tergerus Inflasi

Tujuannya ialah untuk memperoleh dan menggunakan dana secara efektif dan efisien, agar pemasukan bisnis dapat meningkat dan pengeluaran dapat dikontrol dengan baik. Sehingga dana dapat terus dikelola dengan benar untuk mendukung proses pencapaian tujuan bisnis Anda.

5Manajemen Personalia

Manajemen personalia adalah kegiatan yang berfokus pada pengaturan sumber daya manusia (SDM) yaitu tenaga kerja atau karyawan. Seperti perekrutan karyawan, pengembangan mutu karyawan, pemberian upah atau gaji, serta pemeliharaan SDM secara terpadu agar setiap orang dapat bekerja sama sesuai dengan visi dan misi perusahaan.

Baca Juga: Merekrut Karyawan Pertama Kali, Perhatikan 5 Hal Ini

Tujuannya agar Anda dapat memiliki karyawan yang berkualitas, meningkatkan kinerja karyawan, dan menjaga hubungan kerja yang baik secara profesional di antara karyawan. Sehingga semua karyawan dapat bekerja sama dalam mendukung proses pencapaian tujuan bisnis Anda.

6Manajemen Administrasi/Akuntansi

Manajemen administrasi/akuntasi adalah kegiatan yang berfokus pada pemberian informasi dalam bidang akuntansi dan administrasi, yang bertujuan untuk membantu manajemen dalam menentukan garis-garis kebijakan dan operasional bisnis sehari-hari. Kegiatan ini meliputi pengumpulan, pencatatan, pengelompokan, pelaporan, dan penafsiran data laporan finansial dan administrasi.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (APR - %)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Total Bunga
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here