5 Kiat Sukses Menjalankan Bisnis Bersama Keluarga –¬†Sebagian orang lebih nyaman jika memulai bisnis bersama partner atau rekan bisnis.

Alasannya memiliki rekan bisnis akan memudahkan Anda untuk mengelola usaha. Anda tidak perlu menanggungnya sendirian, tapi ada orang yang bisa diajak bekerja sama untuk membangunnya bersama.

Baca Juga: Hindari Lakukan 4 Hal Ini Saat Usaha Baru Dimulai

Namun, menemukan rekan bisnis yang tepat itu susah-susah gampang. Bahkan walaupun orang itu adalah anggota keluarga yang sudah Anda kenal baik, belum tentu Anda akan cocok untuk membuka bisnis dengannya.

Yang pasti, jika Anda ingin berbisnis bareng keluarga, jalanilah secara profesional untuk menghindari perselisihan yang fatal. Sehingga kelangsungan bisnis akan bertahan lama dan meraih kesuksesan.

Baca Juga: 7 Alasan Anda Tak Perlu Ragu Meneruskan Bisnis Keluarga

Nah, supaya bisnis bareng keluarga Anda bisa berjalan lancar, sebaiknya Anda memperhatikan tips berikut ini.


5 Tips Menjalankan Bisnis Bersama Keluarga

1Persiapkan Bisnis Bersama-sama

Lakukan persiapan bisnis bersama-sama sejak awal untuk membangun kesatuan hati. Mulai dari memilih ide bisnis, menetapkan visi, hingga mengembangkan rencana dan strategi bisnis ke depannya.

Pastikan jangan ada yang mau menang sendiri. Tapi bicarakan semuanya baik-baik agar tercipta kesepakatan bersama dan setiap pihak mengerti konsep bisnis yang akan dijalankan.

Baca Juga: 10 Bisnis yang Tak Ada Matinya dan Selalu Menjanjikan

2Bagi Tugas dengan Jelas

meeting bisnis

Setiap orang harus punya peran yang berbeda. Jangan ada yang menanggung tugas yang sama karena akan menimbulkan bentrok.

Yang pasti, semuanya harus berkomitmen dalam menjalankan tanggung jawabnya masing0masing. Serta juga saling membantu dan menjunjung kerja sama tim yang baik.

Baca Juga: 7 Kriteria Pemimpin Bisnis yang Harus Anda Miliki

3Buat Perjanjian Hukum

legalitas hukum pendirian izin usaha
gambar: dissertationsage.co.uk

Walaupun Anda memulai bisnis bersama keluarga terdekat, tetap harus ada kesepakatan kerja sama yang sah di mata hukum. Hal ini sangat penting sekalipun setiap pihak sudah saling percaya dalam ikatan persaudaraan.

Dengan adanya perjanjian hukum, Anda maupun rekan bisnis Anda akan dituntut untuk bersikap secara profesional. Sehingga setiap orang mengelola bisnis dengan koridor yang jelas dan tidak bertindak semau-maunya.

Baca Juga: Strategi Promosi yang Perlu Dilakukan Saat Bisnis Mulai Berjalan

4Jaga Komunikasi yang Baik

merekrut karyawan -harus ada chemistry

Jagalah komunikasi yang baik dengan rekan Anda. Pastikan tercipta transparansi dalam pekerjaan agar rasa percaya terus terjaga setiap waktu.

Walaupun nantinya terdapat hal-hal yang tidak menyenangkan, bicarakan secara empat mata. Jangan ada hal yang disimpan sendiri, karena akan menyebabkan masalah di kemudian hari.

Baca Juga: 7 Cara Berkomunikasi yang Baik di Lingkungan Bisnis

5Jangan Campur Masalah Bisnis dan Keluarga

cara menghadapi orang iri hati di lingkungan bisnis
gambar: theconversation.com

Jika ada masalah dalam bisnis, jangan diambil hati secara personal. Begitu pula saat ada masalah dalam keluarga, sebaiknya jangan diungkit di tempat kerja karena akan menimbulkan kekacauan.

Ingat, di luar urusan bisnis, Anda dan rekan Anda adalah saudara. Namun saat di kantor, semuanya harus bersikap profesional agar bisa tetap adil dan bijaksana dalam bekerja.

Baca Juga: Hati-hati, Ini Risiko Menjalankan Usaha Bersama Teman


Nah, itulah kiat sukses dalam menjalankan bisnis bersama keluarga. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda yang ingin membangun usaha keluarga bersama orang-orang yang Anda cintai.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.