7 Kiat Sukses Membangun Bisnis Bersama Pasangan Secara Profesional – Memilih partner atau mitra bisnis yang tepat adalah hal yang krusial. Menjalankan bisnis bersama dengan orang lain tentu membutuhkan kepercayaan. Anda akan lebih tenang jika dapat menjalin kemitraan bisnis dengan orang yang dikenal.

Tidak jarang, orang-orang memilih pasangannya sebagai mitra bisnis. Selain sudah dikenal, pasangan adalah orang yang dianggap dapat diandalkan dan akan mendukung dalam suka maupun duka.

Baca Juga: Hindari 5 Orang Negatif Ini Agar Anda Bisa Sukses Berbisnis

Namun, berbisnis dengan pasangan tentu berisiko konflik yang melibatkan emosi secara mendalam. Konflik dengan pasangan bisa membuat hubungan kerja sama jadi tidak profesional karena terlalu terbawa perasaan.

Akan tetapi, Anda bisa kok membangun bisnis yang sukses bersama pacar, suami atau istri Anda. Berbisnis berdua malah akan menyenangkan dan membawa kesuksesan jika Anda memperhatikan hal-hal berikut ini.

Baca Juga: 5 Dampak Buruk Jika Menjalankan Bisnis Tanpa Perencanaan

7 Kiat Sukses Membangun Bisnis Bersama Pasangan

1Menyamakan Visi dan Misi

Hal pertama dan yang utama ialah menyamakan visi dan misi dalam bisnis. Anda berdua harus menyepakati tujuan dan rencana bersama. Perbedaan visi dan misi akan menghambat perkembangan bisnis.

Jika visi dan visi sudah jelas, membangun bisnis akan jauh lebih mudah. Berbisnis adalah hal yang serius. Anda dan pasangan harus membuat komitmen bersama sedari awal. Jangan sampai ada yang tiba-tiba mengubah arah bisnis secara sepihak.

Baca Juga: 7 Pertanyaan yang Harus Dijawab untuk Menentukan Visi Bisnis

2Membuat Surat Perjanjian

Walaupun membangun bisnis bersama dengan orang yang dicintai, Anda tetap harus membuat surat perjanjian yang resmi. Legalitas bermanfaat untuk memperjelas tugas, pembagian hasil, dan membuat kesepakatan tertentu.

Anda tidak akan tahu apa yang akan terjadi di masa mandatang. Belum tentu Anda akan langgeng bersama pasangan. Bisa saja terjadi konflik yang berkepanjangan dan perlu melalui jalur hukum untuk mengatasinya.

Baca Juga: 8 Tips Agar Anda Bisa Sukses Memimpin Perusahaan

3Pembagian Tugas yang Adil

Bagi tanggung jawab secara adil. Konflik bisa timbul jika pembagian tugas tidak seimbang. Meski bekerja sebagai sebuah tim, setiap orang harus punya job desk masing-masing yang jelas.

Anda dan pasangan wajib untuk saling melengkapi. Namun, kerjakan setiap tugas masing-masing dengan penuh tanggung jawab. Jangan melemparkan kewajiban dan menyusahkan pasangan.

Baca Juga: 5 Manfaat Teamwork Bagi Diri Sendiri dan Perusahaan

4Jangan Saling Menyalahkan Jika Ada Masalah

Saat menghadapi masalah dalam bisnis, carilah solusi bersama. Jangan saling menuding dan menyalahkan karena akan memperlebar masalah. Lebih baik Anda berpikir rasional dan bersikap secara profesional. Cari tahu penyebab masalah dan bereskan masalahnya bersama-sama.

Begitu pula dengan masalah pribadi, jangan campur-adukkan dengan masalah bisnis. Selesaikan masalah bisnis di kantor dan masalah personal di dalam rumah. Bedakan antara masalah bisnis dengan masalah pribadi agar urusan bisnis bersama pasangan tidak berantakan.

Baca Juga: 10 Tips Menjadi Pemimpin yang Berwibawa di Tempat Kerja

5Membahas Urusan Bisnis Bersama-sama

Perhatikan hubungan komunikasi bisnis yang profesional. Dalam hal apapun, bicarakan itu berdua. Jangan ada yang bersikap tidak transparan dan mengambil keputusan sepihak.

Lebih baik Anda mengadakan rapat untuk mendiskusikan bisnis. Dengan selalu membahas urusan bisnis bersama-sama, Anda dan pasangan akan terhindar dari perselisihan gara-gara miss communication.

Baca Juga: Pemimpin yang Berkualitas di Tempat Kerja Memiliki 5 Hal Ini

6Jangan Ambil Keputusan Berdasarkan Perasaan

Meski Anda mencintai pasangan, jangan mengambil keputusan berdasarkan perasaan semata. Pikirkan segala hal secara rasional. Jangan hanya karena ingin menjaga hubungan, Anda selalu mengiyakan pasangan.

Anda perlu mengesampingan perasaan di lingkungan kerja. Junjung tinggi profesionalitas kerja agar segala keputusan bisa diambil dengan pikiran yang jernih dan pertimbangan yang matang.

Baca Juga: 6 Cara Berubah Menjadi Lebih Baik dalam Bisnis dan Kehidupan

7Jangan Lupakan Peran Sebagai Pasangan

Perhatikan hubungan asmara Anda dengan pasangan. Kehidupan personal juga harus dijaga. Luangkan waktu berdua untuk bersantai dan membicarakan hal-hal lain di luar urusan pekerjaan.

Dengan demikian, hubungan percintaan Anda bisa lebih sehat dan erat. Jangan sampai urusan bisnis malah membuat hubungan Anda dan pasangan menjadi terbengkalai. Jalani hidup dengan seimbang antara cinta dan bisnis.

Baca Juga: 10 Jenis Usaha yang Menjanjikan untuk Pemula


Nah, itulah beberapa tips bagi Anda yang ingin sukses menjalankan bisnis bersama pasangan. Jika Anda dapat menjunjung profesionalitas, niscaya bisnis dapat berjalan lancar tanpa konflik personal yang berlebihan. Sehingga bisnis yang Anda bangun bersama pasangan dapat terus berkembang.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Total Bunga
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.