5 Tips Sukses Memasarkan Bisnis Dari Hobi Anda – Menjalankan bisnis dari hobi adalah pilihan yang menarik. Biasanya, banyak orang yang baru memulai bisnis memilih ide bisnis yang berkaitan dengan hobinya. Alasannya karena lebih mudah untuk mengelola bisnis dari bidang yang sudah Anda tekuni sejak lama dan Anda sukai.

Anda memang dapat mengubah hobi menjadi peluang bisnis bisnis yang menjanjikan. Banyak pebisnis yang sudah membuktikan kesuksesannya dengan menjalankan usaha dari hobinya. Tidak hanya menghasilkan keuntungan, tapi bisnis terasa jadi pekerjaan yang menyenangkan karena sesuai dengan minat pribadi.

Baca Juga: Sebelum Memulai Bisnis Sesuai Hobi, Jawab 6 Pertanyaan Ini

Bagi Anda yang sudah merencanakan hobi yang akan dikembangkan menjadi sebuah bisnis, Anda pasti sudah menyiapkan berbagai rencana sebelum memulainya. Anda sudah menentukan nama brand dan konsepnya, lalu tinggal proses pemasarannya kepada konsumen.

Nah, guna membantu Anda agar sukses memasarkan bisnis dari hobi Anda tersebut, silahkan simak 5 tips berikut ini.

5 Tips Agar Hobi Anda Jadi Bisnis yang Sukses

1Promosi Online

Zaman serba online kini memudahkan Anda untuk mengjangkau konsumen secara luas. Manfaatkan teknologi internet untuk pemasaran dan promosi bisnis Anda. Terapkan berbagai strategi internet marketing untuk mengenalkan produk Anda ke para pengguna internet.

Baca Juga: 10 Manfaat Internet Marketing Bagi Bisnis Anda

Meski bisnis dari hobi Anda tidak berhubungan dengan dunia online, Anda tetap bisa memanfaatkan internet untuk berhubungan dengan konsumen. Misalnya, Anda membuka pusat kebugaran sesuai dengan hobi Anda mengolah tubuh. Anda bisa memasarkannya lewat akun media sosial dan website. Promosikan kegiatan bisnis Anda di kanal online Anda.

2Bergabung dengan Komunitas

Bisnis dari hobi cenderung punya pasar yang segmented atau spesifik. Konsumen Anda terbatas untuk orang-orang yang memiliki hobi tersebut. Meski tidak bisa menjangkau segala kalangan, bisnis Anda tetap bisa berkembang.

Baca Juga: 9 Hal yang Wajib Anda Tahu Mengenai Dunia Penjualan

Caranya, dengan membangun komunitas offline. Pastinya, banyak komunitas yang berkaitan dengan hobi Anda. Komunitas sudah memiliki anggota yang aktif. Anda bisa menjangkau mereka untuk menjadi konsumen Anda. Berkumpul dengan mereka juga membuat Anda lebih mudah saling berbagi informasi terkait hobi. Kegiatan bisnis Anda jadi menyenangkan karena bertemu dengan orang-orang yang punya ketertarikan yang sama.

3Kenali Perilaku Konsumen

gambar: thebalance.com

Anda harus mengenal baik target pasar Anda. Anda bisa mencari tahu dan memahami perilaku konsumen saat Anda memasarkan bisnis Anda secara online dan membangun relasi dengan komunitas. Ikuti tren yang sedang menjamur di antara kalangan pecinta hobi Anda.

Baca Juga: Ikuti 7 Tips Ini Agar Konsumen Baru Jadi Pelanggan Setia

Dengan mengetahui tren yang terjadi, Anda bisa menyesuaikan strategi bisnis dengan situasi. Misalnya, tren fitnes pasti tidak akan selalu sama. Anda bisa cari tahu kebutuhan konsumen saat ini dan tren yang sedang digandrungi. Pekalah pada peluang, sehingga bisnis Anda bisa terus relevan dan dekat dengan konsumen.

4Perhatikan Pesaing Anda

Perhatikan sekitar Anda. Jelilah dalam melihat persaingan. Banyak orang yang akan membuka bisnis sesuai hobi yang sama dengan Anda. Kompetitor akan bertambah dan persaingan bisnis semakin ketat. Ini adalah tantangan yang harus dijadikan sebagai motivasi. Terus evaluasi bisnis Anda dan lihat pesaing Anda. Berikan nilai lebih yang tidak ada pada pesaing Anda.

Baca Juga: Miliki 12 Karakter Wirausahawan Sukses Berikut Ini

5Kreatif dan Inovatif

gambar: cybercashworldwide.com

Di tengah persaingan, bisnis Anda bisa tetap bertahan dengan cara terus berinovasi. Konsumen bisa bosan jika Anda tidak memberikan suatu hal yang baru pada bisnis Anda. Jadi, teruslah kembangkan ide-ide kreatif dan inovatif dalam hal produk, pemasaran, promosi, hingga pelayanan konsumen.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (APR - %)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Total Bunga
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here