Perhatikan 7 Hal Ini Agar Bisnis dengan Teman Berjalan Lancar – Banyak orang ingin berbisnis dengan teman karena faktor kedekatan. Tampaknya menyenangkan jika bisa menjalankan usaha bersama teman yang sudah dikenal.

Namun, hati-hati dalam memilih teman bisnis. Banyak usaha yang gagal karena salah memilih partner bisnis. Tidak semua teman Anda bisa cocok diajak membangun bisnis bersama.

Baca Juga: 7 Kiat Sukses Membangun Bisnis Bersama Pasangan Secara Profesional

Jika Anda sedang mencari teman untuk berbisnis, sebaiknya Anda memperhatikan beberapa hal berikut ini agar usaha bisa berhasil dan hubungan pertemanan tetap terjaga.

7 Tips Sukses Membangun Bisnis dengan Teman

1Teman yang Sudah Jadi Sahabat

Sebaiknya Anda tidak memilih teman bisnis hanya berdasarkan berapa lama Anda mengenalnya. Ada teman yang sudah lama dikenal, tapi Anda tidak merasa dekat. Ada teman yang baru, tapi Anda sudah merasa dekat.

Dari sekian banyak teman Anda, pilihlah teman yang benar-benar teman, yakni sahabat. Orang yang memperlakukan Anda seperti sahabat dan dia pun demikian. Hubungan persahabatan yang berlanjut menjadi hubungan bisnis akan lebih terjamin.

Sebab sahabat lebih dapat dipercaya. Dia bisa diajak bersenang-senang bersama dan menderita bersama. Terutama saat bisnis sedang terpuruk, dia akan tetap bersama Anda untuk bangkit dari kegagalan.

Baca Juga: 6 Tips Sukses Merintis Bisnis Bagi Pemula

2Teman yang Nyambung dan Nyaman

Jika Anda tidak membangun bisnis bersama sahabat, Anda bisa mencari teman lainnya. Namun, pilih yang sudah memiliki chemistry, yakni teman yang sudah cocok dengan Anda secara karakter.

Anda dan dia pastinya memiliki sejumlah perbedaan, baik dari segi latar belakang, sifat, dan perilaku. Namun, saat Anda berinteraksi dengannya, Anda bisa merasa “nyambung”. Anda nyaman bersamanya dan bertukar pikiran dengannya.

Niscaya, Anda dan teman yang sudah “nyambung” dan nyaman akan bisa saling mengisi. Kalian dapat saling beradaptasi dengan perbedaan antara satu sama lain. Sehingga bisnis bisa berjalan dengan lancar.

Baca Juga: 6 Sikap Seorang Pemimpin Perusahaan yang Diharapkan Karyawan

3Tentukan Visi dan Misi Bersama

Anda dan teman bisnis Anda harus memiliki tujuan dan target yang sama. Coba bicarakan apa yang Anda inginkan dan apa yang dia inginkan. Kemudian ambil keputusan bersama untuk menyamakan keinginan tersebut.

Pastikan tidak ada satu pun tujuan atau target, serta rencana yang berbeda. Samakan visi dan misi dalam bisnis yang ingin dicapai dan dikerjakan. Buatlah dan ambil komitmen bersama. Dengan begitu, hubungan bisnis tidak akan rusak karena perbedaan prinsip dan kepentingan.

Baca Juga: 5 Dampak Buruk Jika Menjalankan Bisnis Tanpa Perencanaan

4Bagi Peran dan Tanggung Jawab

Membangun bisnis dengan teman harus secara profesional. Bagilah peran dalam bisnis. Misalnya, siapa yang mengurus bagian keuangan, siapa yang di bagian pemasaran, siapa yang di bagian operasional, dan sebagainya.

Meski menjalankan bisnis bersama, setiap orang harus mendapatkan peran yang jelas. Sehingga kalian bisa tahu tanggung jawab masing-masing dan menjalankan tugas dengan baik.

Baca Juga: 5 Manfaat Teamwork Bagi Diri Sendiri dan Perusahaan

5Atur Modal dan Pembagian Keuntungan

Perhatikan modal usaha. Tentukan jumlah patungan modal pada setiap orang sejak awal memulai bisnis. Jangan sampai nanti terjadi konflik karena masalah uang.

Jika bisnis dijalankan berdua, maka modal bisa dibagi dua di mana masing-masing 50 persen. Begitu pun dengan pembagian keuntungan. Sehingga keuangan bisnis bisa dikelola dengan jelas dan setiap pihak bisa merasa adil.

Baca Juga: 10 Usaha Sampingan Tanpa Modal yang Patut Dicoba Sekarang

6Buat Surat Perjanjian

Sedekat apapun hubungan Anda dengan teman, Anda perlu membuat surat perjanjian yang ditandatangani di atas materai. Surat perjanjian yang berlandaskan hukum akan membuat hubungan bisnis terikat secara profesional.

Ingat bahwa bisnis adalah bisnis. Usaha harus memiliki payung hukum yang kuat agar hubungan kemitraan bisnis lebih serius. Nantinya, kontrak dapat diperbaharui, misalnya saat terjadi penambahan modal dan usaha yang semakin berkembang.

Baca Juga: Ternyata 6 Hal Ini yang Paling Ditakutkan Para Founder Startup

7Tetap Jaga Komunikasi Saat Ada Masalah

gambar: theconversation.com

Namanya juga manusia, pasti suatu hari akan berselisih. Bisnis pun pasti tidak selamanya lancar. Ada saat di mana banyak masalah yang akan menguji ketahanan bisnis.

Untuk itu, pastikan tidak ada pihak yang menutupi masalah. Bisnis harus transparan. Tetap jaga komunikasi dalam segala kondisi. Bicarakan baik-baik setiap persoalan personal maupun bisnis. Fokuslah mencari solusi dan selesaikan masalah bersama-sama.

Baca Juga: 7 Ilmu Bisnis dari McDonald yang Bisa Anda Pelajari


Nah, itulah tips membangun bisnis dengan teman. Semoga Anda dapat menemukan teman yang tepat untuk berbisnis. Jangan asal memilih, karena jika rekan bisnis Anda bermasalah, maka Anda akan sulit untuk mengembangkan bisnis Anda. Lebih baik Anda berbisnis sendiri daripada bersama dengan orang yang salah.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (APR - %)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Total Bunga
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here