Keuntungan dan Kerugian Membuka Bisnis di Rumah – Sejumlah pebisnis memilih untuk berbisnis di rumah karena dianggap lebih praktis.

Selain sebagai hunian, rumah memang bisa dijadikan tempat berbisnis. Pemerintah juga memperbolehkan rumah digunakan untuk melakukan kegiatan usaha, asalkan memenuhi syarat-syarat tertentu, seperti usaha yang tidak mengganggu kenyamanan para penghuni di lingkungan sekitar dan masih berskala mikro kecil.

Baca Juga: 9 Keuntungan Menjadi Wirausaha yang Perlu Diketahui

Namun, apakah rumah tempat tinggal itu cocok untuk dijadikan tempat usaha? Sebenarnya, tergantung Anda mau membuka bisnis apa dan di mana lokasi rumah Anda.

Nah, berikut beberapa keuntungan dan kerugian menjalankan usaha di rumah.


Untung-Rugi Membuka Bisnis di Rumah

1Keuntungan

bisnis di halaman depan rumah
gambar: rumahdijual.com
  • Waktu Lebih Fleksibel

Anda memiliki waktu yang lebih fleksibel untuk melakukan pekerjaan rumah dan pekerjaan bisnis. Jika urusan bisnis sedang santai, Anda bisa mengerjakan urusan rumah seperti memasak, mencuci pakaian, menjaga anak, dan sebagainya.

Maka dari itu, berbisnis di rumah merupakan pilihan yang baik untuk ibu rumah tangga yang ingin mengurus keluarga, tetapi juga ingin menghasilkan uang. Contohnya, bisa dengan berbisnis katering, berjualan minuman, usaha laundry, dan lain-lain.

Baca Juga: 7 Mitos Tentang Bisnis yang Tidak Sepenuhnya Benar

  • Menghemat Tenaga

Anda tidak perlu menghabiskan waktu di jalan untuk pergi ke lokasi usaha. Anda akan menghemat tenaga karena Anda tidak perlu tergesa-gesa mengendarai kendaraan atau menggunakan transportasi umum.

Dengan begitu, Anda bisa segera membuka bisnis Anda setelah Anda bangun pagi, mandi, dan sarapan. Tenaga Anda tidak terkuras untuk bermacet-macet di jalan sehingga hal ini memungkinkan untuk Anda bisa lebih produktif dalam bekerja.

Baca Juga: 7 Jenis Bisnis yang Selalu Dicari Orang Setiap Hari

  • Meminimalisir Biaya

Anda bisa mengurangi berbagai pengeluaran. Anda bisa menghemat modal karena tidak perlu menyewa tempat usaha karena Anda bisa menjadikan teras, ruang tamu, atau bagian rumah lainnya untuk menjalankan bisnis.

Selain itu, Anda juga tidak perlu keluar ongkos transportasi pulang-pergi dari rumah-tempat usaha. Bahkan Anda bisa menghemat biaya makan karena Anda bisa memasak makanan sendiri di dalam rumah dengan lebih leluasa.

Baca Juga: Mana yang Lebih Baik, Membeli Franchise atau Membuka Usaha Sendiri?

2Kerugian

garasi mobil rumah
gambar: rumahdijual.com
  • Ganggu Privasi Keluarga

Membuka bisnis di rumah berisiko mengganggu kenyamanan penghuni rumah. Privasi keluarga hampir tidak ada karena banyak orang tak dikenal yang akan sering keluar-masuk ke area rumah Anda.

Para pekerja Anda dan juga para konsumen yang datang bisa memperhatikan bagaimana kondisi rumah Anda dan apa yang dilakukan oleh keluarga Anda. Keluarga Anda juga akan sulit untuk tenang karena keadaan rumah jadi lebih ramai setiap hari.

Baca Juga: Trik Merancang Kantor di Rumah Agar Privasi Keluarga Terjaga

  • Pikiran Cepat Suntuk

Sepanjang hari Anda akan berada di rumah dan membuat Anda jarang melihat dunia luar. Karena waktu banyak dihabiskan di rumah saja, Anda pun bisa cepat merasa suntuk.

Solusinya, saat usaha sedang tutup di akhir pekan atau hari libur, luangkanlah waktu untuk jalan-jalan untuk mengurangi stres dan kejenuhan. Anda perlu punya waktu untuk bersenang-senang agar pikiran tidak suntuk.

Baca Juga: 5 Tips Efektif Agar Toko Anda Ramai Pengunjung

  • Untung Lebih Kecil

Konsekuensi menjalankan usaha rumahan ialah Anda mungkin akan mendapatkan untung yang lebih kecil. Usaha sederhana yang Anda kelola memang punya risiko yang kecil, tetapi kemungkinan untungnya pun kecil.

Apalagi jika rumah Anda berada di kawasan yang sepi, maka bisnis Anda mungkin tidak akan seramai dengan bisnis lain yang berada di tempat yang strategis. Untuk itu, Anda mesti berusaha lebih keras agar usaha Anda bisa berhasil dan menguntungkan.

Baca Juga: 5 Alasan Banyak Usaha Kecil yang Gagal


Nah, itulah beberapa keuntungan dan kerugian membuka bisnis di rumah. Apapun usaha rumahan yang ingin Anda jalankan, tentu akan memiliki sisi plus dan minusnya. Jadi, pertimbangkan baik-baik setiap keputusan bisnis Anda.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.