10 Keuntungan Saat Memulai Bisnis di Usia Muda – Banyak anak muda yang bercita-cita menjadi entrepreneur atau pengusaha. Saat masih duduk di bangku sekolah, banyak yang ingin memulai bisnis di usia dewasa. Namun, saat kuliah dan setelah menjadi sarjana, tak jarang anak muda menunda impiannya untuk berbisnis sendiri.

Tidak ada yang salah untuk bekerja sebagai seorang karyawan swasta atau pegawai negeri. Akan tetapi, jika memang impian terbesar Anda adalah menjadi seorang pengusaha sukses, maka lebih baik Anda mengejar impian tersebut sejak masih muda. Sebab ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika berbisnis di usia muda. Silakan simak ulasannya berikut ini.

Baca Juga: Anda Tidak Boleh Melakukan 5 Hal Ini Saat Memulai Bisnis

10 Keuntungan yang Didapatkan Saat Berbisnis di Usia Muda

1Lebih Dapat Membagi Waktu

Saat masih muda dan tanggung jawab Anda masih sebatas untuk mengurus diri sendiri, hidup Anda tidak sesibuk orang tua yang sudah punya banyak tanggungan. Anda lebih dapat mengatur waktu untuk melakukan berbagai hal. Daripada menghabiskan masa muda untuk hal-hal tidak berguna dan terjerumus dalam pergaulan bebas, maka lebih baik Anda gunakan waktu untuk mulai merintis usaha kecil-kecilan.

Baca Juga: Sebelum Memulai Bisnis Sesuai Hobi, Jawab 6 Pertanyaan Ini

2Beban Ekonomi Masih Rendah

Katakanlah usia Anda masih 20-an tahun dan belum menikah. Orang tua Anda pun tidak membebankan masalah finansial dalam keluarga kepada Anda. Bisa dibilang beban ekonomi Anda masih rendah, karena uang Anda hanya dipakai untuk kepentingan pribadi. Daripada uang habis begitu saja untuk bersenang-senang, lebih baik Anda mulai sisihkan untuk modal usaha.

3Masih Punya Energi Lebih

Berbisnis itu akan membuat Anda sibuk. Banyak hal yang harus dikerjakan. Energi bisa terkuras setiap hari. Namun, saat Anda masih muda, kondisi kesehatan Anda masih baik-baik saja. Tubuh Anda sehat dan bugar, sehingga masih punya energi yang lebih untuk melakukan berbagai kegiatan bisnis dengan baik. Fisik Anda lebih siap untuk bekerja keras.

Baca Juga: 7 Cara Efektif Agar Anda Tetap Fokus Saat Bekerja

4Jaringan Pertemanan Semakin Luas

Menjadi pebisnis muda akan membuat Anda bertemu dengan banyak orang baru. Jaringan pertemanan Anda akan semakin luas. Anda bisa mulai menambah kenalan baru di dunia bisnis dan punya banyak waktu serta kesempatan untuk membangun relasi bisnis yang lebih dekat.

5Banyak Kesempatan untuk Belajar dari Kegagalan

gambar: acumen.sg

Tidak ada pengusaha yang bisa langsung menjadi orang yang sangat sukses saat memulai bisnis pertamanya. Banyak proses jatuh-bangun untuk bisa sampai pada puncak kesuksesan. Jika Anda memulai bisnis di usia muda, Anda masih punya banyak kesempatan untuk belajar dari kegagalan. Jika gagal pada bisnis pertama, Anda masih punya banyak waktu untuk kembali mencoba dan mewujudkan impian Anda.

Baca Juga: Jangan Lakukan 7 Hal Ini Agar Bisnis Anda Berhasil

6Pikiran Masih Segar

Beban pikiran anak muda belum sebanyak orang tua, sehingga umumnya lebih kreatif dan terbuka dengan perubahan. Dengan pikiran yang masih segar, Anda lebih dapat menemukan ide-ide yang cemerlang untuk menjalankan strategi bisnis dan mengembangkan usaha.

7Lebih Menguasai Teknologi

Kondisi zaman terus berubah. Teknologi dan internet terus berkembang semakin canggih. Umumnya, anak muda yang lebih menguasai teknologi karena sudah menjadi bagian dari gaya hidup sehari-hari. Anda pun jadi lebih siap untuk menghadapi perkembangan zaman dan persaingan bisnis yang kini serba memanfaatkan teknologi.

Baca Juga: 7 Tips Agar Laris Berjualan di Instagram

8Memupuk Kepercayaan Diri

Jika Anda berbisnis sedari muda, rasa percaya diri akan tumbuh seiring berjalannya waktu. Apalagi jika bisnis Anda mulai menghasilkan keuntungan dan terkenal di masyarakat, otomatis kepercayaan diri Anda pun meningkat. Anda jadi merasa sebagai orang yang punya masa depan dan bukan anak muda yang biasa-biasa saja.

9Mencukupi Kebutuhan Finansial

gambar: smart-money.co

Jika Anda sudah berumah tangga dan memiliki anak, keberanian untuk berbisnis sendiri akan semakin berkurang. Anda jadi ragu untuk meninggalkan pekerjaan Anda di perusahaan. Sedangkan jika Anda berbisnis saat muda dan single, beban finansial Anda masih sedikit dan Anda lebih siap untuk hidup mandiri. Anda pun bisa mencukupi kebutuhan dari hasil berbisnis dan membuat orang tua bangga.

Baca Juga: 3 Hal yang Membuat Millenial Kehabisan Uang dan Cara Mengatasinya

10Jaminan di Hari Tua  

Pengusaha muda juga bisa sukses. Jika bisnis Anda berhasil, maka tentu saja Anda akan mempunyai banyak penghasilan yang bisa Anda tabung dan investasikan. Hari tua Anda jadi lebih terjamin dan Anda tidak perlu takut menghadapi masa depan, karena ada rasa optimis saat menjalankan kehidupan pribadi dan juga bisnis Anda.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.