7 Macam Bisnis Menjelang Lebaran yang Laris Manis – Hari raya Idul Fitri membawa berkah bagi dunia usaha. Banyak umat Islam yang berbelanja berbagai kebutuhan untuk menyambut Lebaran.

Pusat perbelanjaan ramai pengunjung. Toko-toko ramai pembeli. Orang-orang sibuk mencari barang-barang kebutuhannya untuk merayakan Lebaran di rumah atau kampung halaman.

Baca Juga: 5 Tips Sukses Memulai Bisnis di Bulan Puasa Ramadhan

Pengeluaran mungkin menjadi lebih boros. Namun, sebagai hari besar yang hanya dirayakan setahun sekali, wajar saja jika masyarakat Muslim akan menyambut Lebaran dengan sangat spesial.

Apalagi Indonesia adalah negara dengan penduduk Muslim terbanyak di dunia, sehingga momen Lebaran akan begitu terasa. Bahkan masyarakat non-Muslim pun ikut merasakan kemeriahan Lebaran yang istimewa ini.

Baca Juga: Tips Agar Tetap Fokus Bekerja Saat Harpitnas, Hari Kejepit Nasional

Nah, adapun berikut sejumlah bisnis yang paling merasakan rezeki selama Lebaran.


7 Bisnis Menjelang Lebaran yang Menguntungkan

1Bisnis Tiket Online

Mudik sudah menjadi tradisi menjelang Idul Fitri. Jutaan orang di seluruh daerah di Tanah Air akan mudik Lebaran ke rumah orang tua untuk berkumpul bersama sanak keluarga.

Ada yang mudik melalui jalur transportasi air, darat, maupun udara. Tentu saja, sebagian pemudik membutuhkan tiket transportasi, seperti pesawat dan kereta api.

Sehingga tak heran, jika tiket menjadi rebutan. Para pemudik banyak yang memesannya di website penjualan tiket online dari jauh-jauh hari agar tidak kehabisan tiketnya.

Baca Juga: 3 Cara Memanfaatkan THR dengan Bijak

2Bisnis Sewa Mobil

gambar: setkab.go.id

Tidak semua orang beruntung mendapatkan tiket transportasi umum untuk mudik. Bagi mereka yang kehabisan tiket, ada yang akhirnya mudik menggunakan kendaraan pribadi seperti motor dan mobil.

Namun, banyak juga yang tidak memiliki kendaraan sendiri dan mencari mobil sewaan. Makanya, usaha rental mobil ini merupakan salah satu bisnis menjelang Lebaran yang menguntungkan.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Bisnis Sampingan untuk Karyawan yang Menjanjikan

3Bisnis Perlengkapan Mudik

Perjalanan pulang ke kampung halaman bisa memakan waktu lebih dari sehari, terutama jika tempat tujuan sangat jauh dan terpencil.

Guna mempermudah dan memberikan kenyamanan selama perjalanan, orang-orang membutuhkan beberapa perlengkapan mudik. Seperti koper, travel bag, bantal untuk tidur di mobil, dan sebagainya.

Baca Juga: 6 Tips Mencari Rekan Bisnis yang Tepat untuk Membangun Usaha

4Bisnis Kue Lebaran

Tidak lengkap rasanya jika momen Idul Fitri tidak dilengkapi dengan makanan. Acara kumpul keluarga akan lebih asyik jika sambil menikmati kue khas Lebaran.

Sehingga bisnis kue Lebaran akan banyak untung. Ada yang membelinya karena tidak sempat atau tidak bisa membuatnya sendiri. Ada juga yang membelinya untuk diberikan kepada kerabat dan sahabat.

Baca Juga: 10 Jajanan Buka Puasa yang Paling Dicari dan Dijual Saat Ramadhan

5Bisnis Bingkisan Lebaran

gambar: laptophia.com

Hari raya Idul Fitri menjadi momen untuk menyampaikan rasa terima kasih dan permintaan maaf. Salah satu caranya ialah dengan memberikan kado atau hadiah.

Makanya, bisnis bingkisan seperti parcel akan menguntungkan. Banyak orang yang memesannya untuk dikirimkan kepada kerabat dan sahabat.

Baca Juga: Jual Parcel Lebaran, Perhatikan 7 Hal Ini

6Bisnis Busana Muslim

gambar: digitalnewsasia.com

Bagi mereka yang mampu, memiliki baju baru saat Lebaran adalah wajib. Hari raya menjadi lebih menyenangkan dengan pakaian baru yang modis untuk foto-foto bersama kerabat.

Terutama busana Muslim biasanya akan paling banyak dicari. Ada yang membelinya di toko online atau langsung ke toko pakaian yang sedang banyak diskonnya.

Baca Juga: 4 Tips Jitu Melakukan Pendekatan dengan Konsumen

7Bisnis Perhotelan

Seperti diketahui, pemerintah memberikan jatah cuti hingga empat hari saat Idul Fitri. Libur panjang Lebaran ini pun banyak dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk jalan-jalan.

Sejumlah daerah yang terkenal dengan keindahan tempat wisatanya, biasanya akan tetap ramai selama Lebaran. Sehingga tingkat okupansi di sejumlah hotel akan melonjak menjelang Lebaran hingga hari H.

Baca Juga: 6 Hal Ini Bisa Membuat Anda Menjadi Kaya Raya


Nah, itulah sejumlah bisnis menjelang Lebaran yang laris manis dan menguntungkan. Bagi Anda yang menjalankan bisnis tersebut, Anda perlu gencar untuk promosi dan memanfaatkan momen ini untuk meningkatkan pendapatan bisnis Anda.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.