Kiat-Kiat Sukses Membuka Bisnis Minuman Kekinian – Minuman kekinian adalah minuman yang sedang hits atau populer di masyarakat.

Saat ini terdapat berbagai minuman kekinian yang bisa dijumpai di mana-mana. Banyak brand baru terus dibuka dan mereka menjual es kopi, thai thea, bubble tea, dan minuman lainnya.

Harga minuman tersebut dijual murah sampai terbilang cukup mahal, mulai dari 10 ribuan sampai 50 ribuan rupiah. Berapa pun harganya, minuman tetap digemari oleh banyak konsumen, asalkan rasanya memang enak dan menyegarkan.

Baca Juga: 5 Bisnis Minuman Terlaris dan Sangat Menjanjikan Saat Ini

Maka dari itu, bagi Anda yang tertarik memulai usaha minuman kekinian, Anda tidak perlu ragu. Namun, tentu saja Anda harus menyiapkan bisnis Anda sebaik mungkin agar mampu bersaing dan berhasil.

Nah, berikut tips sukses dalam berbisnis minuman kekinian yang perlu Anda perhatikan.


7 Tips Sukses Membuka Bisnis Minuman Kekinian

1Gunakan Bahan Berkualitas

gambar: praxispackaging.com

Bahan yang berkualitas akan membuat minuman terasa lebih nikmat. Makanya, Anda harus lebih selektif dalam menggunakan bahan-bahan untuk minuman Anda.

Misalnya, Anda memerlukan susu untuk membuat teh atau kopi susu. Ada beragam merek susu yang bisa dipakai, tapi setiap merek punya rasa manis yang berbeda.

Anda harus mencari susu yang manisnya paling pas untuk menjadi bahan campuran kopi atau teh Anda. Begitu pula dengan teh dan kopi, carilah kopi dan teh berkualitas untuk memberikan rasa yang terenak.

Baca Juga: Inilah Peluang Bisnis yang Cocok untuk Generasi Millenial

2Buat Varian yang Berbeda

Bisnis minuman kekinian sudah banyak yang buka. Untuk itu, supaya bisnis Anda bisa punya ciri khas, Anda harus menemukan resep yang berbeda dari yang lain.

Misalnya, Anda menjual bubble drink tapi dengan beragam varian rasa dan topping yang unik. Gunakan resep Anda sendiri agar rasanya tidak sama persis dengan minuman yang dijual oleh para pesaing Anda.

Baca Juga: 9 Keuntungan Berwirausaha yang Perlu Diketahui

3Cari Lokasi Usaha yang Strategis

gambar: spazee.id

Penting sekali untuk berjualan di tempat yang strategis. Sebelum Anda menyewa tempat usaha, Anda harus melihat-lihat kondisi lingkungan sekitar, apakah ramai dan ada target pasar Anda di sana.

Jika lokasi usahanya tepat, Anda akan lebih gampang untuk menjangkau konsumen. Sebab pasarnya sudah ada dan Anda tinggal aktif mempromosikan minuman Anda kepada mereka.

Baca Juga: 7 Tips Agar Bisnis Cepat Untung Walau Baru Dimulai

4Sesuaikan dengan Modal

Berjualan minuman kekinian tidak harus dengan membuka kafe atau lapak. Jika tidak bisa menyewa tempat di pusat perbelanjaan atau area strategis lainnya, Anda bisa coba berbisnis minuman di depan rumah saja.

Selain itu, Anda bisa memasarkan bisnis secara online dan membuat minuman Anda dalam kemasan botol. Jika ada yang beli, pembayaran dilakukan melalui transfer dan Anda bisa melakukan pengiriman produk via ojek online.

Baca Juga: 8 Tips Jitu Memulai Usaha Rumahan Agar Cepat Sukses

5Jaga Kebersihan dan Higienitas

Konsumen biasanya suka memperhatikan cara Anda dalam menyajikan minuman. Mereka pasti akan melihat bahan-bahan minuman, alat atau mesin minuman, dan juga kebersihan tempat usaha.

Jika terlihat tidak higienis, konsumen pasti akan ragu untuk kembali. Maka dari itu, jagalah kebersihan dengan baik agar konsumen merasa nyaman dan mau berlangganan.

Baca Juga: Lakukan 6 Hal Ini untuk Memuaskan Pelanggan Bisnis Anda

6Buat Kemasan yang Bagus

Kemasan akan mempengaruhi pandangan konsumen. Anda perlu menyediakan bujet lebih untuk membuat kemasan dengan desain yang menarik.

Selain itu, tentu saja material kemasan harus yang bagus. Misalnya, cup atau gelas plastik yang dipakai jangan yang mudah pecah. Gunakan kemasan yang cantik dan berkualitas untuk meningkatkan nilai bisnis Anda.

Baca Juga: 6 Cara Meningkatkan Daya Saing Usaha Kecil Menengah

7Aktif Lakukan Promosi Online

Supaya banyak orang yang tertarik, Anda perlu aktif melakukan promosi online. Anda bisa bekerja sama dengan para food blogger untuk mengulas produk minuman Anda di media sosial dan blog mereka.

Jika sering promosi, bisnis Anda akan lebih dikenal dan semakin banyak orang yang akhirnya mengetahui kelezatannya minuman Anda. Pelanggan pun akan bertambah dan meningkatkan penghasilan bisnis Anda.

Baca Juga: 5 Ide Bisnis Makanan untuk Anda yang Mau Berbisnis Kuliner


Nah, itulah kiat-kiat sukses membuka bisnis minuman kekinian. Semoga tips tersebut dapat memberikan inspirasi bagi Anda yang akan segera memulai usaha minuman.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.