Strategi Promosi yang Perlu Dilakukan Saat Bisnis Mulai Berjalan – Apakah Anda akan mudah percaya dengan suatu produk yang baru pertama kali Anda dengar atau lihat?

Tentu Anda tidak bisa langsung mempercayainya. Begitu juga dengan orang lain pada saat pertama kali mengetahui tentang produk Anda.

Baca Juga: 8 Cara Menentukan Target Market untuk Bisnis Baru Anda

Menyadari hal tersebut, sebagai pebisnis pemula Anda perlu melakukan promosi yang gencar sejak awal berbisnis. Anda perlu berusaha meyakinkan calon konsumen untuk tertarik menggunakan produk Anda.

Maka dari itu, bagi Anda yang baru memulai bisnis, cobalah lakukan strategi promosi berikut ini untuk memikat target market Anda.


Saat Bisnis Mulai Berjalan, Lakukan 5 Strategi Ini

1Buktikan Keunggulan Produk

Kata-kata saja tidak cukup untuk menggambarkan keunggulan produk Anda. Orang sudah mulai berpikir kritis saat membaca kalimat promosi yang dilihatnya di media.

Supaya lebih ampuh dalam mempengaruhi calon konsumen, Anda perlu membuktikan keunggulan produk Anda. Seperti dengan membuat konten promosi yang kreatif dan lebih realistis.

Baca Juga: 5 Cara Menganalisis Potensi Pasar

Misalnya, Anda menjual produk yang tahan banting. Anda bisa membuat video yang membuktikan bahwa benar produk Anda tidak pecah saat jatuh dan dilempar.

Bahkan tak usah ragu untuk menunjukkan langsung di depan calon konsumen yang mendatangi Anda. Ini akan terlihat lebih meyakinkan dan akan membuatnya terkesan.

Baca Juga: 8 Hal yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan

2Jalankan Marketing Online

Zaman sudah serba online. Manfaatkan internet dengan baik untuk memasarkan produk Anda. Baik itu lewat website, blog, media sosial, LINE, WhatsApp, dan sebagainya.

Jangan lupa juga untuk mengikuti perkembangan teknologi agar cara Anda dalam berpromosi bisa selalu relevan dengan situasi terkini.

Sebab perilaku dan kebutuhan konsumen cepat berubah mengikuti tren yang ada. Sehingga jangan sampai bisnis Anda ketinggalan dan gagal beradaptasi.

Baca Juga: 9 Cara Meningkatkan Penjualan Bisnis Online yang Efektif

3Lakukan Promosi Offline

Saat bisnis mulai berjalan, jangan cuma mengandalkan promosi online. Lakukan juga promosi offline untuk lebih dekat dengan target market Anda.

Anda bisa menjangkau langsung konsumen potensial yang kemungkinan besar tertarik dengan produk Anda. Lalu, mengadakan penjualan dan mendapatkan keuntungan.

Caranya, Anda bisa melakukan bazar, membuka stand di suatu event, dan mengikuti pameran bisnis. Lakukan secara berkala agar brand Anda semakin akrab dengan masyarakat.

Baca Juga: 5 Tips Agar Anda Tak Kehabisan Ide untuk Kembangkan Bisnis

4Berikan Harga Promosi

Orang cenderung ragu untuk membeli produk yang belum terkenal. Namun, jika produk Anda didiskon, biasanya cenderung efektif untuk membuat orang mau mencobanya.

Namun, tidak perlu takut rugi. Harga promo ini gunanya untuk menjaring konsumen baru. Setelah itu, Anda akan lebih mudah meyakinkan mereka untuk jadi pelanggan dan terus menggunakan produk Anda.

Baca Juga: Bisnis Sedang Lesu? Atasi dengan 4 Tips Jitu Ini!

5Berikan Reward

Pemberian reward atau penghargaan berfungsi untuk menjaring konsumen baru, mempertahankan pelanggan, dan sebagai wujud rasa terima kasih karena telah percaya dengan bisnis Anda.

Reward dapat berupa potongan harga khusus dan merchandise seperti kaos yang telah disablon dengan logo brand Anda, serta undian berhadiah. Jalankan program reward ini secara berkala untuk meningkatkan loyalitas konsumen.

Baca Juga: 8 Cara Sukses Menumbuhkan Bisnis Kecil Menjadi Besar


Nah, itulah beberapa strategi promosi yang bisa Anda terapkan saat bisnis mulai berjalan. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda yang baru saja merintis usaha. Good luck!


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.