Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online di Media Sosial – Facebook, Instagram, Twitter, dan Path merupakan media sosial terpopuler di Indonesia.

Kecuali Path, ketiga jenis media sosial tersebut adalah yang paling umum digunakan untuk berjualan barang online.

Baca Juga: Peran Penting Customer Service Dalam Bisnis Online

Bisnis online di media sosial memang sudah tidak asing lagi di Tanah Air. Dahulu fungsi media sosial hanya menjadi tempat menjalin pertemanan di dunia maya, tapi sekarang fungsinya juga sudah menjadi media jual-beli online.

Berdasarkan data dari perusahaan riset We Are Social, jumlah pengguna media sosial di Indonesia pada tahun 2017 sudah mencapai 106 juta orang dari 132,7 juta pengguna internet. Tak heran, jika kini banyak orang memanfaatkan media sosial untuk berbisnis.

Baca Juga: Manfaatkan Teknologi Mobile, Berikut Tips Meningkatkan Penjualan via Mobile

Namun, menjalankan bisnis online di media sosial memiliki sejumlah kelebihan dan kekurangan. Di antaranya:

Kelebihan Bisnis Online di Media Sosial

1. Sederhana

Menjual barang di media sosial adalah strategi pemasaran online yang paling banyak dilakukan di Indonesia.

Alasannya karena sangat mudah membuat sebuah akun dan kemudian bisa langsung memposting foto produk yang dijual. Cara yang simpel.

2. Gratis

Bermain media sosial tidak perlu bayar alias gratis. Pengguna tidak perlu membayar biaya apapun kepada perusahaan media sosial tersebut.

Baca Juga: Tingkatkan Penjualan, Ikuti 5 Tips Menarik Minat Pembeli Online

Terkecuali Anda memasang iklan untuk mempromosikan akun dan produk Anda. Jadi, yang Anda butuhkan minimal hanya sebuah smartphone dan jaringan internet untuk dapat memposting produk jualan Anda kapan saja Anda mau.

Kekurangan Bisnis Online di Media Sosial

1. Kurang Terpercaya

Bagi bisnis online yang masih baru, konsumen akan sedikit ragu untuk berbelanja. Apalagi jika jumlah follower atau pengikut akun Anda masih sedikit dan Anda tidak punya website bisnis sendiri.

Baca Juga: Pastikan Hal Ini Ada Pada Website Bisnis Online Anda

Solusinya, Anda pun harus berusaha keras untuk menarik perhatian dan meyakinkan calon pembeli dengan melakukan sejumlah strategi promosi.

Contohnya, dengan mengelola timeline postingan secara kreatif, melakukan endorsement, atau memasang iklan.

2. Manual

Anda akan kerepotan dalam memproses pemesanan. Terkadang, ada saja calon konsumen yang bertanya atau memesan lewat kolom komentar.

Jika sudah begitu, Anda harus mengeceknya dengan saksama, terlebih jika komentar yang masuk begitu banyak.

Anda harus mengecek secara manual di postingan mana komentarnya, apa username akunnya, siapa nama penggunanya, dan apa yang dipesannya.

Solusinya, Anda harus aktif mengecek akun media sosial dan meminta konsumen untuk melakukan closing pemesanan melalui pesan pribadi via LINE, WhatsApp, dan aplikasi chat lainnya.

Ini akan mempermudah Anda mendata pembelian yang masuk dan segera mengirimkan pesanan kepada konsumen.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Total Bunga
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat & Ketentuan



 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here