7 Tips Agar Bisa Merintis Bisnis Pribadi dari Nol Hingga Sukses – Bagi Anda yang sudah bosan dengan pekerjaan Anda sekarang, mungkin sudah saatnya untuk memulai bisnis sendiri.

Memang berbisnis itu pasti berisiko. Anda tidak bisa menjamin bahwa bisnis Anda pasti sukses. Apalagi bagi Anda yang belum berpengalaman di dunia bisnis, pasti akan terasa sulit untuk memulainya.

Baca Juga: 10 Usaha Menjanjikan untuk Pemula yang Terbukti Menguntungkan

Namun, jika tidak dimulai sekarang, kapan lagi Anda mau berbisnis? Menjadi entrepreneur harus memiliki tekad dan upaya yang kuat. Berikut hal-hal yang harus Anda lakukan agar bisa berbisnis sendiri dari nol hingga sukses.

7 Tips Sukses Merintis Bisnis Pribadi dari Nol

1Menabung Setiap Bulan

Mulai mencatat pendapatan dan pengeluaran setiap bulan secara detail. Kelola uang bulanan Anda dengan penuh perhitungan dan perencanaan. Cukupkan gaji Anda untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dan sisakan sebagian untuk ditabung. Pastikan Anda menabung setiap bulan secara rutin. Belajarlah mengelola keuangan pribadi agar Anda nanti terbiasa mengelola keuangan bisnis yang lebih rumit.

Baca Juga: 6 Ide Bisnis Modal Kecil Rp 1 Juta Tapi Bisa Untung Besar

2Cari Pemasukan Tambahan

Manfaatkan waktu luang Anda untuk mencari uang tambahan. Ubah kebiasaan Anda yang kerap menggunakan waktu luang untuk aktivitas yang tidak produktif. Anda bisa mulai mencari pekerjaan sampingan yang bisa dikerjakan saat akhir pekan atau malam hari setelah pulang bekerja. Semakin banyak modal terkumpul, semakin cepat Anda bisa memulai bisnis sendiri.

Baca Juga: 10 Peluang Bisnis Rumahan yang Cocok untuk Siapa Saja

3Memulai Bisnis dari Hal yang Anda Sukai

Hindari memilih jenis bisnis karena melihat orang lain yang sudah lebih dulu sukses menjalankannya. Lebih baik Anda merintis usaha dari hal yang Anda sukai agar Anda bisa lebih menikmati proses berbisnisnya. Jika Anda bisa menikmatinya, Anda pasti mampu mengelolanya dan mengembangkannya. Sukses pun bisa diraih jika Anda menyukai apa yang Anda kerjakan.

Baca Juga: 4 Alasan Pebisnis Muda Membutuhkan Mentor Bisnis

4Pelajari Minat Konsumen

gambar: ipleaders.in

Penting untuk mempelajari minat konsumen yang cenderung berubah-ubah mengikuti tren. Anda harus tahu minat orang-orang yang menjadi target pasar bisnis Anda. Sehingga Anda bisa lebih siap bersaing dan memuaskan kebutuhan konsumen. Bisnis pribadi Anda harus terus relevan dan berkembang mengikuti perilaku konsumen.

Baca Juga: Jangan Ragu Jualan Online, Ada 5 Keuntungan yang Bisa Didapatkan

5Perhatikan Aktivitas Pesaing

gambar: velaro.com

Amati aktivitas para pesaing bisnis Anda. Anda jangan sampai lengah dan membiarkan pesaing merebut konsumen Anda. Pantau strategi bisnis yang dijalankannya agar Anda bisa menyiapkan strategi promosi dan pemasaran yang lebih unggul. Namun, tetap gunakan strategi yang sehat. Berbisnislah dengan cara yang benar agar usaha Anda lebih dihargai.

Baca Juga: Gunakan 4 Kata Ajaib Ini untuk Meroketkan Penjualan Bisnis Anda

6Kelola Target Penjualan Setiap Bulan

Penjualan merupakan hal yang penting demi kelangsungan bisnis. Anda harus mengelola target penjualan setiap bulan. Anda bisa merencanakan aktivitas bisnis Anda setiap hari dengan baik supaya target penjualan bisa tercapai. Dengan adanya target secara berkala dan perencanaan, Anda bisa lebih fokus mengejar target tersebut.

Baca Juga: 8 Hal yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Terhadap Bisnis Anda

7Berikan Pelayanan Terbaik

gambar: techzulu.com

Konsumen adalah raja. Anda harus melayani konsumen sebaik mungkin. Percuma jika produk yang dijual berkualitas tapi pelayanan mengecewakan. Konsumen tidak akan mau berlangganan jika Anda tidak memperlakukan konsumen sebagaimana mestinya. Oleh sebab itu, upayakan kepuasan konsumen dengan selalu memberikan pelayanan terbaik.

Baca Juga: 7 Kesalahan Pebisnis Pemula yang Harus Dihindari


Nah, itulah tips merintis bisnis pribadi dari nol. Apapun bidang usaha yang Anda pilih, Anda harus mengelolanya secara profesional agar bisa sukses. Bisnis kecil Anda bisa menjadi besar jika Anda serius menjalankannya setiap hari.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (APR - %)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Total Bunga
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here