10 Rekomendasi Bisnis Sampingan untuk Karyawan yang Menjanjikan – Bagi Anda yang berprofesi sebagai karyawan full-time atau karyawan penuh waktu, Anda bisa sambil menjalankan usaha sampingan.

Walau Anda sangat sibuk dan banyak menghabiskan waktu di tempat kerja, memulai bisnis bukan hal yang tidak mungkin. Sebab masih ada waktu untuk mengerjakan urusan bisnis dikala ada waktu senggang di kantor, di malam hari sepulang bekerja, dan juga di akhir pekan.

Baca Juga: Bosan Jadi Pegawai Kantor? Resign Saja dan Jalankan 5 Bisnis Ini

Risikonya, kesibukan Anda pasti akan meningkat. Namun, penghasilan Anda akan bertambah. Kondisi keuangan Anda akan lebih baik dan Anda bisa lebih siap dalam mempersiapkan masa depan.

Jika Anda belum ada ide bisnis yang tepat, berikut sejumlah peluang usaha menarik dan menguntungkan untuk dijalankan oleh pegawai kantoran seperti Anda.

Baca Juga: Jangan Takut Rugi Berbisnis! Jika Anda Khawatir, Coba 5 Tips Jitu Ini

10 Rekomendasi Bisnis Sampingan untuk Karyawan

1Bisnis Jasa Sesuai Keahlian Anda

Gunakan keterampilan Anda untuk menjalankan usaha sampingan di bidang jasa. Anda bisa membisniskan kemampuan Anda. Sebab banyak orang di luar sana yang membutuhkan bantuan Anda.

Jika Anda seorang desainer grafis, maka Anda bisa menawarkan jasa desain. Jika Anda programmer, maka Anda bisa menawarkan jasa pembuatan website toko online. Apapun skill Anda, Anda bisa memanfaatkannya untuk mencari uang.

Baca Juga: 6 Kendala Usaha yang Kerap Dialami Saat Ingin Memulai Bisnis

2Bisnis Multi Level Marketing

gambar: affiliatemarketertraining.com

Bergabung dengan bisnis Multi Level Marketing (MLM) yang terpercaya bisa memberikan keuntungan. Anda akan mendapatkan uang kompensasi atas penjualan yang Anda hasilkan maupun hasil penjualan rekanan lain yang Anda rekrut.

Jenis usaha ini masih populer di kalangan masyarakat. Namun, hati-hati dalam memilih perusahaan MLM agar Anda tidak sampai bergabung dengan bisnis yang punya reputasi buruk dan abal-abal.

Baca Juga: Sambil Menunggu Tanggal Gajian, Ini 4 Tips Bikin Keuangan Tetap Stabil

3Bisnis Franchise atau Waralaba

gambar: vethanlaw.com

Menjalankan bisnis franchise atau waralaba cocok untuk pebisnis pemula yang bermodal. Bisnis sudah dikenal masyarakat dan Anda mendapatkan dukungan manajemen dari pemilik bisnisnya.

Sehingga hal ini memungkinkan untuk Anda bekerja sambil mengurusnya. Anda hanya perlu membeli franchise yang punya produk yang berkualitas, citranya bagus, dan mudah dioperasikan.

Baca Juga: Perhatikan 7 Hal Ini Agar Bisnis Anda Sukses Merebut Hati Konsumen

4Bisnis Online Shop

Anda bisa mengelola bisnis online shop atau toko online melalui smartphone Anda. Ini bisa dikerjakan kapanpun dan di manapun. Jenis usaha yang fleksibel sehingga cocok menjadi bisnis sampingan untuk karyawan yang sibuk.

Sementara untuk produk yang dijual bisa apa saja. Namun, pilih yang menjanjikan dan banyak dibutuhkan agar Anda gampang memasarkannya ke seluruh Indonesia.

Kemudian, soal pengiriman juga mudah. Anda bisa mengirimkan pesanan saat sudah sampai di rumah sepulang dari kantor. Kini jasa pengiriman barang sudah buka sampai malam hari bahkan 24 jam.

Baca Juga: 7 Kriteria yang Tepat dalam Menentukan Tempat Usaha yang Strategis

5Bisnis Kuliner

Anda bisa menjalankan bisnis kuliner sambil kerja kantoran, khususnya bagi Anda yang jago memasak. Misalnya, jika modal terbatas, maka Anda bisa coba membuat makanan ringan dan memasarkannya ke teman-teman Anda di kantor atau secara online.

Atau Anda bisa membuka warung makan atau kafe jika mempunyai modal yang cukup besar. Namun, Anda butuh partner bisnis dan juga karyawan agar memudahkan Anda dalam mengelolanya saat Anda sedang bekerja.

Baca Juga: Pebisnis Pemula Wajib Tahu! Ini 9 Tahap Memulai Bisnis Kuliner

6Menjadi Blogger

Buatlah blog bagi Anda yang suka menulis. Ada banyak platform pembuatan website gratis atau berbayar untuk membuat sebuah blog. Kemudian, aktiflah membagikan konten tulisan yang berkualitas.

Jika Anda tertarik dengan dunia musik, maka cobalah bahas berbagai hal seputar musik. Cepat atau lambat, blog Anda akan mendapatkan para pembaca setia. Anda pun bisa mendapatkan penghasilan dari iklan-iklan yang muncul atau yang bekerja sama dengan Anda.

Baca Juga: 10 Manfaat Internet Marketing Bagi Bisnis Anda

7Menjadi Youtuber

Anda suka membuat konten video kreatif? Cobalah untuk terus berkarya. Buat video menarik tentang hal-hal yang Anda suka atau tema khusus untuk channel atau saluran Youtube Anda.

Terus konsisten dan kreatif agar Anda mendapatkan banyak subscribers. Kemudian, Anda bisa menautkan Google Adsense di akun Youtube Anda. Sehingga akan ada iklan yang muncul pada setiap video dan dari situlah Anda bisa mulai mendapatkan penghasilan.

Baca Juga: Mau Berbisnis Tapi Modal Minim? Ini 5 Solusi untuk Anda

8Buka Endorse di Instagram

Ini bisa jadi peluang bisnis sampingan untuk karyawan yang hits di media sosial Instagram. Jika Anda memiliki ribuan followers, coba manfaatkan itu untuk berbisnis sebagai influencer. Anda bisa mencari penghasilan tambahan melalui endorsement.

Jaga kualitas postingan Anda dan image Anda di dunia maya. Bangun interaksi dengan followers Anda. Lalu, buka endorse untuk mempromosikan produk online shop hingga brand ternama.

Baca Juga: 10 Peluang Bisnis Rumahan yang Cocok untuk Siapa Saja

9Jualan di Car Free Day

gambar: uzone.id

Anda bisa menjual minuman segar dan jajanan untuk orang-orang yang datang ke Car Free Day (CFD) di hari Minggu pagi. Biasanya, CFD menjadi momen untuk berolahraga dan berkumpul bareng teman sambil mengincar kuliner setempat.

Berdagang di Car Free Day ini bisa dilakukan oleh siapa saja. Jika di daerah Anda memerlukan izin, maka coba ajukan. Kemudian, ikuti persyaratan yang diberikan agar Anda bisa berjualan dengan lancar.

Baca Juga: 5 Usaha yang Cocok untuk Anda yang Cari Kerja Sampingan Sabtu-Minggu

10Jual Foto di Internet

Selain itu, bagi Anda yang pandai fotografi dan suka motret, coba perbanyak mengambil gambar apa saja yang menarik. Kemudian, jual foto Anda di website penjualan foto seperti istockphoto.com dan shutterstock.com.

Anda akan mendapatkan bayaran jika ada orang yang membeli atau menggunakan foto Anda. Penghasilannya lumayan untuk menambah pemasukan bulanan Anda.

Baca Juga: Sebelum Resign dan Buka Usaha Sendiri, Pikirkan Dulu 8 Hal Ini Baik-baik


Nah, itulah sejumlah rekomendasi bisnis sampingan untuk karyawan kantoran. Jadi, ayo mulai mencoba salah satu ide bisnis di atas. Mulailah usaha sampingan Anda segera agar penghasilan Anda bisa bertambah.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Total Bunga
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.