Sebelum Memulai Bisnis Sesuai Hobi, Jawab 6 Pertanyaan Ini – Apakah Anda berencana untuk memulai bisnis sendiri tapi masih bingung mau membuka bisnis apa? Anda tidak perlu terlalu jauh mencari ide bisnis. Coba pikirkan idenya mulai dari hobi Anda.

Ya, Anda bisa mengubah hobi Anda menjadi sebuah bisnis yang menghasilkan keuntungan fantastis. Namun, tentu saja memulai bisnis dari hobi tidak semudah membalikkan telapak tangan, sebab menjalankan bisnis butuh konsep dan persiapan yang matang.

Baca Juga: 5 Tips Mengatasi Rasa Takut untuk Memulai Bisnis

Sebelum membahas terlalu jauh, coba Anda tanyakan pada diri sendiri apakah Anda tertarik untuk menjalankan bisnis sesuai hobi? Jika Anda tertarik, maka sebaiknya pertimbangkan beberapa pertanyaan berikut ini terlebih dahulu.

Pertimbangkan 6 Pertanyaan Ini Sebelum Memulai Bisnis Sesuai Hobi

1Apa Saja Hobi Anda Saat Ini?

Sebagian orang masih bingung apa hobinya. Maka dari itu, hal pertama yang perlu Anda tanyakan pada diri Anda adalah apa saja hobi Anda. Cari tahu hobi yang paling Anda minati saat ini. Jika Anda memiliki beberapa hobi yang paling disukai, itu akan lebih baik karena Anda bisa memilih salah satu yang terbaik.

Baca Juga: Anda Tidak Boleh Melakukan 5 Hal Ini Saat Memulai Bisnis

2Apa Hobi yang Paling Menjual?

Dari beberapa macam hobi yang Anda miliki, apa hobi yang paling menjual? Pertimbangkan salah satu hobi yang kira-kira paling berpotensi untuk dikembangkan? Anda harus menilai dari segi bisnis, hobi yang paling mempunyai peluang untuk maju dan sukses. Jadi, jangan memilih hobi berdasarkan yang paling disukai saja.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menemukan Ide Bisnis yang Tepat? Berikut 3 Cara Efektif

3Apakah Ide Bisnis Anda?

Misalnya, Anda tertarik untuk memulai bisnis online di bidang fashion. Namun, fashion itu terlalu luas. Anda perlu menentukan ide bisnis yang spesifik dari bidang fashion. Apakah Anda ingin menjual baju, celana, sepatu, tas, atau semua produk fashion tersebut? Tentukan ide bisnis Anda, dan pilih yang paling berbeda agar bisa menarik perhatian konsumen.

Baca Juga: 5 Tanda Anda Sudah Siap Berbisnis Sendiri

4Apakah Orang Lain Tertarik?

Setelah menentukan pilihan, coba tanyakan pada orang lain tentang ide bisnis Anda. Pendapat orang lain bisa jadi bahan pertimbangan tambahan. Caranya, buat survei kecil-kecilan dengan menanyakan pada orang lain, khususnya orang-orang yang Anda kenal. Anda bisa membuat survei online dan menyebarkan link-nya ke mereka. Lihat jawaban mereka apakah mereka tertarik dengan ide bisnis dari hobi Anda itu. Ini adalah cara sederhana untuk menilai pasar bisnis Anda.

Baca Juga: Untuk Bisnis Baru, Coba Ikuti 10 Tips Mengembangkan Bisnis Ini

5Apakah Ini Hanya Sekadar Usaha Sampingan?

gambar: humanengineers.com

Banyak orang yang menjalankan bisnis sesuai hobi hanya untuk usaha sampingan demi mendapatkan penghasilan tambahan. Anda perlu mempertimbangkan hal ini agar Anda bisa  merencanakannya dengan baik dan bisa segera memulai bisnis Anda. Jika hanya untuk usaha sampingan, maka Anda tidak perlu terlalu repot. Misalnya, Anda bisa menjual lewat media sosial saja. Jika untuk bisnis full-time, maka rencanakan konsepnya sebaik mungkin sehingga dapat dikembangkan untuk jangka panjang.

Baca Juga: 10 Ide Bisnis Online yang Wajib Dicoba Sekarang Juga

6Apakah Anda Yakin dengan Bisnis Anda?

Terakhir, Anda perlu memastikan keyakinan Anda untuk memulai bisnis dari hobi Anda. Jika Anda sudah yakin, segera buat rencana bisnis yang matang. Persiapkan segala hal sebelum Anda meluncurkan bisnis Anda dan mulai memasarkan produk Anda. Sebaliknya, jika Anda tidak yakin, maka pikirkan ulang ide bisnis lainnya. Terkadang, Anda tidak harus memulai bisnis berdasarkan hobi semata agar bisa merasa nyaman menjalaninya. Di luar sana, banyak peluang bisnis menjanjikan yang juga menyenangkan untuk dijalankan. Anda bisa ambil waktu untuk memikirkannya baik-baik.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Total Bunga
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat & Ketentuan


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here