15 Rekomendasi Bisnis yang Cocok untuk Mahasiswa Sambil Kuliah – Mahasiswa adalah kaum intelektual muda yang seharusnya sudah berpikiran dewasa dan mulai memikirkan tujuan hidup.

Sebagai orang yang berpendidikan tinggi, mahasiswa sebaiknya memanfaatkan masa mudanya untuk hal-hal positif dan tidak hanya bermain. Salah satunya ialah dengan memulai usaha.

Baca Juga: 6 Tips Sukses untuk Anak Jaman Now dalam Memulai Usaha

Bagi Anda yang masih mahasiswa di suatu universitas, berbisnis semenjak kuliah dapat memberikan Anda bekal pengalaman untuk menghadapi tantangan hidup yang sebenarnya di luar kampus.

Anda juga akan memperoleh penghasilan bulanan untuk membantu orang tua, membiayai kuliah, menambah uang jajan, dan ditabung bagi masa depan. Ini adalah pencapaian yang membanggakan bagi generasi millennial seperti Anda.

Baca Juga: Setelah Lulus Kuliah Langsung Kerja atau Buka Usaha? Ini Jawabannya

Nah, jika Anda ingin mulai berbisnis, berikut ada sejumlah rekomendasi peluang usaha yang menjanjikan untuk anak kuliahan dan layak dicoba mulai dari sekarang.


15 Peluang Bisnis yang Cocok untuk Mahasiswa

1Bisnis Startup Digital

Bagi mahasiswa yang menyukai bidang teknologi informasi, Anda bisa memulai bisnis startup digital atau perusahaan rintisan yang fokus memanfaatkan teknologi digital, seperti membuat aplikasi dan website. Cobalah kembangkan ide startup Anda dan menjadi founder sejak kuliah.

Baca Juga: Agar Tak Salah Melangkah, Ini 8 Tips Penting Saat Membuka Usaha Pertama

2Jasa Desain Website

Bagi Anda kuliah di jurusan Teknologi Informatika, Anda pasti diajarkan cara membuat website. Jika Anda sudah pandai, cobalah tawarkan jasa pembuatan website. Selain mendapatkan uang tambahan, website yang sudah dibuat dapat menjadi portofolio yang berharga.

Baca Juga: Tak Harus Cari Partner! Ini 7 Keuntungan Membangun Usaha Sendiri

3Jasa Desain Grafis

Bagi Anda yang mengambil jurusan Desain Komunikasi Visual, manfaatkan ilmu dan keterampilan Anda di bidang desain grafis untuk mencari uang. Ada banyak orang yang membutuhkan jasa desain grafis untuk membuat logo, kartu nama, poster, dan sebagainya.

Baca Juga: 7 Kesalahan Pebisnis Pemula yang Harus Anda Hindari

4Party Planner

Bisnis party planner adalah bisnis yang cocok untuk mahasiswa gaul dan pandai mengatur sebuah acara. Seperti diketahui, anak-anak muda khususnya di perkotaan suka sekali berpesta. Jadi, Anda bisa saja menawarkan jasa untuk menyiapkan pesta ulang tahun, prom night, event musik, dan lain-lain.

5Penulis Freelance

Menulis bisa memberikan penghasilan bagi mahasiswa yang pandai mengolah kata dan berimajinasi. Anda bisa menjadi penulis freelance untuk mengisi konten website hingga tulisan kreatif seperti puisi dan cerpen untuk dimuat di media massa.

Baca Juga: 7 Tips Memperkecil Resiko Usaha Bagi Anda yang Baru Memulai Bisnis

6Blogging

Blogging bukan cuma untuk menulis curhatan pribadi, tapi bisa jadi peluang bisnis menarik. Ada banyak blogger berpenghasilan tinggi hanya dengan aktif menulis di blog dengan tema bahasan tertentu. Sehingga tak ada salahnya Anda mulai berkarya di blog sambil mencari uang.

Baca Juga: 4 Tips Meningkatkan Jumlah Share Artikel Website Anda

7Guru Les Privat

gambar: blissfulanddomestic.com

Anda sudah melewati pendidikan SD sampai SMA. Saat sudah kuliah, coba saja menjadi guru les privat untuk anak sekolah. Anda bisa mengajarkan mata pelajaran yang paling Anda kuasai agar Anda lebih mudah membimbing murid les Anda.

Baca Juga: 7 Usaha yang Cocok untuk Pelajar SMA, Mudah Dijalankan dan Menjanjikan

8Pengajar Bahasa Lokal untuk WNA

Ada banyak warga negara asing atau WNA yang tinggal sementara di Indonesia. Mereka bekerja, menempuh pendidikan, atau sedang liburan dalam waktu yang panjang. Biasanya, mereka tertarik untuk belajar bahasa dan budaya lokal, serta membutuhkan seorang pengajar.

9Jasa Penerjemah

gambar: genuineinternetjobs.com

Bisnis jasa sebagai penerjemah atau translator adalah bisnis yang cocok untuk mahasiswa yang punya kemampuan berbahasa asing, baik itu bahasa inggris, mandarin, korea, jepang, atau apapun bahasa yang dikuasai. Anda bisa menerjemahkan dokumen atau membantu orang asing saat berkomunikasi.

Baca Juga: 6 Peluang Usaha Modal Dengkul Tanpa Keluar Uang Tapi Bisa Untung

10Bisnis Open Trip

Open trip adalah gaya liburan generasi masa kini. Bagi mahasiswa pecinta alam dan suka berpetualang, coba saja memulai bisnis ini. Tawarkan paket jalan-jalan murah ke suatu tempat wisata di Indonesia. Anda bisa sambil traveling, bertemu orang-orang baru, dan mendapatkan uang.

11Jual Buku bekas

Harga buku baru yang mahal membuat banyak mahasiswa tertarik membeli buku bekas. Menjual buku bekas kepada sesama mahasiswa bisa coba dijalankan. Anda bisa membeli buku bekas dari pengumpul buku atau orang lain, dan kemudian jualkan buku tersebut ke teman Anda di kampus.

Baca Juga: 5 Tips Sukses Menjalankan Bisnis dengan Modal Minim

12Makeup Artist

gambar: youtube/Irna Dewi Official

Bagi mahasiswi yang gemar berdandan, daripada hanya sebagai hobi dan foto makeup-nya cuma diunggah di Instagram, maka lebih baik Anda coba profesi makeup artist atau penata rias. Ini bisa jadi usaha yang menjanjikan jika kemampuan Anda dalam merias wajah sangat memukau.

13Jasa Fotografi dan Videografi

gambar: lukihermanto.com

Anda bisa mengisi waktu luang saat kuliah dengan membuka jasa fotografi dan videografi untuk umum. Ada banyak orang yang membutuhkan fotografer dan videographer untuk mendokumentasikan momen spesial mereka.

Baca Juga: 7 Peluang Usaha dan Kerja Sampingan Malam Hari yang Menjanjikan

14Instruktur Tari

Bagi Anda penari profesional, sudah bukan waktunya lagi jika Anda cuma mengikuti ajang lomba dance atau mengisi acara kampus. Namun, coba saja menjadi instruktur tari atau koreografer sejak kuliah. Baik itu untuk melatih tarian tradisional atau tarian modern.

Baca Juga: Sebelum Memulai Bisnis Sesuai Hobi, Jawab 6 Pertanyaan Ini

15Personal Trainer

Personal trainer dalam dunia fitness sangat dibutuhkan untuk melatih para pemula. Jika Anda suka berolahraga di gym dan menguasai cara menggunakan semua alat latihan, maka profesi ini bisa jadi kesempatan bisnis yang menjanjikan.

Baca Juga: 7 Pekerjaan dengan Gaji Tinggi yang Bisa Anda Kerjakan dari Rumah


Nah, itulah beberapa peluang bisnis yang cocok untuk mahasiswa. Apakah Anda tertarik? Jika iya, maka pastikan Anda mengatur waktu Anda dengan baik agar aktivitas di kampus dan usaha bisa berjalan beriringan.

Dengan begitu, Anda bisa tetap jadi sarjana sekaligus menjadi pebisnis muda sejak kuliah. Masa depan Anda pun terjamin, karena Anda sudah bisa hidup mandiri sedari muda.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Total Bunga
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat & Ketentuan


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here