Lakukan 5 Hal Ini untuk Atasi Bisnis yang Mandek – Jika bisnis Anda terus mengalami perlambatan, tentu ada hal-hal yang tidak beres yang harus segera diatasi.

Memang tidak selamanya bisnis akan berjalan lancar. Namun, jika kondisi bisnis tidak ada kemajuan yang berarti setelah sekian lama Anda merintisnya, maka cepat atau lambat bisnis Anda akan gulung tikar.

Baca Juga: 5 Kiat Sukses Memulai Bisnis untuk Entrepreneur Pemula

Akan tetapi, sebelum kondisi semakin buruk, Anda masih punya kesempatan untuk memperbaiki keadaan. Jangan biarkan kemandekan bisnis terjadi berlarut-larut.

Segeralah lakukan evaluasi untuk menemukan kekurangan atau kesalahan yang menjadi penyebab bisnis Anda menjadi stagnan. Kemudian, lakukanlah perubahan sebelum terlambat.

Baca Juga: 8 Cara Sukses Menumbukan Bisnis Kecil Menjadi Besar

Nah, berikut hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi bisnis Anda yang mandek.


5 Tips Mengatasi Bisnis yang Mandek

1Dengarkan Keinginan Konsumen

gambar: ipleaders.in

Perkembangan zaman terjadi begitu cepat dan dapat mempengaruhi perubahan permintaan konsumen. Tak heran jika pasar yang dulunya bergairah bisa berubah menjadi lesu.

Maka dari itu, Anda harus peka terhadap keinginan konsumen. Dengarkan apa yang diinginkan konsumen Anda pada saat ini.

Mungkin produk Anda sudah tidak lagi dibutuhkan. Bisa jadi produk Anda hanya perlu dimodifikasi. Cermati kebutuhan konsumen setiap saat agar bisnis Anda tidak ketinggalan.

Baca Juga: Perhatikan 7 Hal Ini Agar Bisnis Anda Bisa Merebut Hati Konsumen

2Tingkatkan Kualitas Produk

Mutu produk Anda harus disesuaikan dengan perubahan kebutuhan konsumen. Jika tidak, maka konsumen akan beralih pada kompetitor yang menawarkan produk yang lebih unggul.

Tentu saja jika kualitas produk ditingkatkan, maka harga jual juga perlu disesuaikan agar menguntungkan. Hal yang wajar dilakukan dan konsumen pasti akan menerimanya, asalkan kualitasnya sebanding dengan harganya.

Dengan kualitas yang semakin baik, nilai jual produk Anda akan bertambah. Sehingga produk Anda bisa cepat laku dan keuntungan yang bisa didapatkan pun akan lebih besar.

Baca Juga: 9 Cara Meningkatkan Penjualan Bisnis Online yang Efektif

3Ubah Strategi Promosi

Sebagus apapun produk Anda, jika strategi promosinya kurang tepat, maka hasilnya tidak akan efektif. Untuk itu, buatlah strategi yang baru untuk menggaet konsumen.

Lakukan gebrakan yang lebih baik dari yang sebelumnya. Pastikan strateginya berbeda karena cara yang lama terbukti tidak ampuh dan membuat usaha Anda mandek.

Misalnya, mungkin tampilan website dibuat lebih modern dan perbanyak konten video promosi di media sosial. Kembangkan kreativitas dalam segala kegiatan bisnis Anda.

Baca Juga: 10 Cara Mempromosikan Produk Agar Laris Manis

4Perbaiki SDM

gambar: clickhowto.com

Perhatikan sumber daya manusia atau SDM yang Anda miliki. Sebab bisnis yang mandek bisa disebabkan oleh karyawan yang tidak bekerja dengan baik, sehingga performa bisnis jadi menurun.

Maka dari itu, tingkatkan kapasitas tim kerja Anda. Buatlah lingkungan kerja yang lebih kondusif agar karyawan Anda tetap termotivasi untuk melaksanakan tugas-tugasnya.

Bahkan bila perlu, berhentikan karyawan yang tidak dapat memenuhi standar kerja Anda. Ambil sikap yang tegas dan profesional. Bangun tim kerja yang solid dan dapat diandalkan.

Baca Juga: 4 Langkah Menjadi Bos yang Baik Agar Karyawan Betah Bekerja

5Jaga Semangat Kerja Anda

Selain itu, perhatikan juga kinerja Anda sendiri. Mungkin ada sikap yang harus diubah dari diri Anda, karena selama ini semangat kerja Anda kian menurun.

Ingat, Anda harus selalu mengelola bisnis dengan semangat yang prima, meskipun target belum tercapai. Dengan begitu, produktivitas tetap terjaga untuk berusaha melakukan yang terbaik.

Percayalah, bisnis Anda akan bisa berkembang sesuai dengan target Anda, jika Anda selalu maksimal dalam bekerja.

Baca Juga: 7 Tips untuk Anak Muda yang Ingin Jadi Pebisnis Sukses


Nah, itulah hal-hal yang perlu Anda lakukan untuk mengatasi bisnis yang mandek. Semoga kondisi bisnis Anda dapat segera diperbaiki, sehingga kegagalan akhirnya dapat dihindari.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.