Buka Toko Offline atau Toko Online, Mana yang Lebih Baik? –┬áKegiatan jual-beli pada zaman sekarang sudah berubah sejak kehadiran e-commerce. Kini banyak bisnis online yang dibuka sehingga konsumen bisa berbelanja tanpa perlu langsung datang ke toko konvensional dan bertatapan muka dengan penjual.

Hal ini membuat banyak orang tertarik untuk berjualan secara online. Banyak pebisnis yang memutuskan untuk menjalankan usaha di dunia maya agar bisa menjangkau pasar yang lebih luas dan mendatangkan keuntungan yang besar.

Namun, apakah bisnis online itu pasti lebih baik daripada bisnis offline? Tentu tidak sesederhana itu dalam menilainya, sebab toko online dan toko offline sama-sama memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Baca Juga: Mana yang Lebih Baik, Membeli Franchise atau Membuka Usaha Sendiri?

Nah, berikut perbandingan antara toko offline dengan toko online.


Buka Toko Offline vs. Buka Toko Online

Toko Online

jualan di toko online

Memulai bisnis online itu sangat praktis. Tidak perlu modal yang besar jika Anda hanya ingin menjual barang via media sosial saja. Tinggal membuat akun online shop gratis di jejaring sosial, Anda bisa langsung menjalankan bisnis Anda.

Jika ingin lebih profesional, buatlah website toko online atau situs jual-beli sendiri untuk memperluas jangkauan konsumen. Dengan begitu, bisnis Anda bisa diakses oleh konsumen kapan saja dan Anda berpeluang untuk mendapatkan konsumen dari mana saja.

Karena sifatnya online, Anda bisa mengelola usaha dari rumah dan tidak perlu ada toko fisik. Namun, jika Anda ingin mengembangkan bisnis tersebut, Anda perlu menyiapkan modal yang cukup besar untuk kantor dan mempekerjakan beberapa karyawan.

Baca Juga: 5 Tips Sukses Merintis Usaha Kecil-kecilan untuk Pemula

Meski kelihatannya mudah, cukup sulit untuk meraih kepercayaan konsumen karena mereka tidak bisa langsung mencoba produk Anda. Proses dalam melayani konsumen juga cenderung ribet karena proses komunikasi dan transaksi dilakukan secara online. Belum lagi Anda harus mengurus pengiriman barang yang agak merepotkan.

Akan tetapi, jika toko online Anda mampu meraih kredibilitas dan popularitas, maka toko online Anda bisa menghasilkan keuntungan yang besar karena Anda akan mendapatkan banyak pelanggan dari mana saja setiap harinya.

Baca Juga: 7 Tips Penting Saat Menggunakan Jasa Pembuatan Website

Toko Offline

Buka toko offline membutuhkan modal yang cukup besar. Anda mesti menyewa tempat usaha yang sudah jadi atau membangun toko fisik dari awal.

Karena bangunan toko sifatnya menetap, Anda hanya dapat menjangkau orang-orang yang berada di sekitar lokasi toko Anda. Konsumen yang datang ke toko juga hanya bisa pada saat jam operasional saja.

Namun, konsumen akan lebih puas karena bisa langsung melihat, menyentuh, dan menggunakan produk yang dijual. Kepercayaan konsumen cenderung lebih mudah dibangun karena konsumen sendiri bisa langsung membuktikan kualitas produk Anda.

Baca Juga: 7 Kesalahan dalam Memilih Ruko Tempat Usaha

Sebagai pihak penjual, Anda juga lebih mudah melayani konsumen karena mereka berada di depan Anda. Proses transaksi jadi lebih aman dan Anda tidak perlu repot melakukan pengiriman karena konsumen akan langsung mengambilnya setelah membayar.

Jadi, meski kini zaman sudah modern, masih banyak konsumen yang lebih senang berbelanja di toko konvensional. Oleh sebab itu, Anda tidak perlu takut kekurangan konsumen, asalkan Anda pandai memasarkan bisnis Anda dan menawarkan produk yang benar-benar berkualitas.

Baca Juga: 5 Peluang Bisnis Minuman Terlaris dan Sangat Menjanjikan


Nah, silakan tentukan sendiri apakah Anda mau buka toko offline ataukah toko online, karena kedua jenis usaha tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.