Sebelum Resign dan Buka Usaha Sendiri, Pikirkan Dulu 8 Hal Ini Baik-baik – Ada banyak karyawan kantoran yang ingin segera memulai bisnis, tetapi terlalu gegabah dan kurang persiapan.

Sebelum Anda mengajukan resign, pastikan Anda sudah mempersiapkan diri untuk melangkah ke dunia bisnis. Sebagai pebisnis pemula, pikirkan baik-baik perubahan hidup yang akan Anda jalani.

Baca Juga: Tak Harus Cari Partner! Ini 7 Keuntungan Membangun Bisnis Sendiri

Hindari untuk mengundurkan diri dari pekerjaan tanpa pertimbangan yang matang. Sebab Anda akan menghadapi banyak risiko yang belum pernah Anda alami sebelumnya saat bekerja kantoran.

Untuk itu, pikirkan terlebih dahulu hal-hal penting berikut ini agar Anda lebih siap memulai bisnis pertama Anda.

Baca Juga: Jangan Takut Rugi Berbisnis! Jika Anda Khawatir, Coba 5 Tips Jitu Ini

Pikirkan 8 Hal Ini Sebelum Resign dan Buka Usaha Sendiri 

1Motivasi yang Tinggi untuk Berbisnis

Anda jangan berbisnis hanya karena ingin coba-coba atau ikut-ikutan. Berbisnislah karena Anda memang ingin berbisnis. Menjadi pebisnis adalah impian Anda yang sangat ingin diwujudkan.

Milikilah motivasi yang tinggi, karena motivasi memiliki peran penting dalam menjalani bisnis dan meraih kesuksesan. Motivasi adalah hal yang mendorong Anda untuk bertindak dengan tujuan tertentu.

Sehingga jika Anda menghadapi tantangan dan mengalami risiko terburuk sekalipun, Anda tetap bertekad untuk bangkit dan kembali berjuang untuk membangun bisnis.

Baca Juga:  Apakah Sudah Terlambat Memulai Usaha di Usia Tua?

2Apakah Sekarang Waktu yang Tepat?

Tanyakan pada diri Anda, kapan waktu yang tepat untuk berhenti kerja? Misalnya, jika Anda baru saja memperpanjang kontrak kerja, atau jika Anda baru saja mendapatkan promosi jabatan, apakah Anda yakin untuk resign sekarang?

Anda juga perlu memperhatikan tanggung jawab Anda di kantor. Selagi Anda masih berstatus karyawan, maka Anda wajib mengabdi pada perusahaan.

Jaga profesionalitas Anda. Jangan buru-buru resign, tapi bereskan semua tanggung jawab terlebih dahulu. Berikan yang terbaik hingga hari terakhir Anda bekerja.

Baca Juga: 5 Contoh Keberanian yang Harus Dimiliki Pengusaha Dalam Berbisnis

3Harus Siap Keluar dari Zona Nyaman

Sudahkah Anda siap untuk keluar dari zona nyaman? Anda akan memasuki dunia yang baru ketika berbisnis. Anda akan belajar dari nol dan menyesuaikan diri dengan tantangan yang baru di dunia bisnis.

Tanggung jawab Anda akan lebih besar. Bisnis Anda butuh perhatian penuh. Anda mungkin akan menghabiskan sebagian besar waktu Anda untuk membangun bisnis. Anda akan semakin sibuk, sehingga Anda akan mengorbankan kenyamanan pribadi Anda selama ini.

Baca Juga: 6 Kendala Usaha yang Kerap Dialami Saat Ingin Memulai Bisnis

4Gaya Hidup Anda Akan Berubah

Jika Anda mau buka usaha sendiri, Anda harus siap menjalani gaya hidup yang berbeda. Anda akan banyak menghabiskan waktu sendirian. Terutama saat bisnis sedang sepi, Anda butuh upaya untuk menyemangati diri agar tidak bosan.

Waktu kerja Anda bukan lagi dari jam 8 pagi hingga 5 sore, dan setelah itu Anda bebas melakukan apapun. Namun, Anda mungkin akan bekerja di malam hari dan weekend. Waktu Anda yang lebih fleksibel malah membuat jam kerja jadi tidak menentu.

Baca Juga: Tips Mengurus Keluarga Sambil Menjalankan Usaha untuk Ibu Rumah Tangga 

5Dukungan dari Orang Terdekat

Penting sekali untuk mendapatkan dukungan dari orang-orang terdekat. Terutama keluarga dan pasangan, mereka sebaiknya menyetujui keputusan Anda berbisnis. Karena mereka yang paling merasakan dampak dari keputusan Anda.

Jika Anda kesusahan, mereka adalah orang pertama yang akan membantu. Jika Anda sibuk, mereka pun dapat memaklumi. Jadi, Anda butuh dukungan mereka supaya Anda dapat menjalankan bisnis dengan tenang dan semangat.

Baca Juga: Menikah Sebelum Mapan atau Setelah Sukses Berbisnis, Mana yang Lebih Baik?

6Perhitungkan Keuangan Pribadi dengan Cermat

gambar: smart-money.co

Saat bekerja kantoran, Anda mendapatkan gaji rutin setiap bulan. Anda tak akan khawatir dari mana Anda membiayai kebutuhan sehari-hari. Namun, saat berbisnis, penghasilan Anda menjadi tidak pasti.

Jika usaha Anda lancar, maka pemasukan berlimpah. Sedangkan jika sepi, Anda merugi. Apalagi dengan bisnis baru, Anda membutuhkan waktu untuk memperkenalkan bisnis Anda kepada konsumen. Belum tentu usaha Anda langsung ramai pembeli.

Untuk itu, pastikan kondisi keuangan Anda siap untuk berbisnis tanpa sokongan gaji lagi. Perhitungkan baik-baik apakah uang Anda cukup untuk modal usaha dan juga kebutuhan pribadi.

Baca Juga: Mau Berbisnis Tapi Modal Minim? Ini 5 Solusi untuk Anda

7Siapkan Rencana Bisnis yang Matang

gambar: legalservicesincorporated.com

Temukan ide bisnis yang tepat. Produk yang ingin dijual dan visi-misi dalam bisnis Anda. Apa target Anda? Bagaimana cara mencapai target tersebut?

Pikirkan secara matang setiap rencana bisnis. Pastikan Anda memahami apa yang akan Anda kerjakan dalam bisnis Anda, sehingga bisnis Anda mampu menghadapi persaingan yang semakin kompetitif.

Baca Juga: Wajib Dihindari! 3 Kesalahan Pebisnis Ini Bisa Bikin Bisnis Stagnan

8Bagaimana Jika Bisnis Gagal?

gambar: acumen.sg

Optimis itu harus, tapi memikirkan kegagalan juga perlu. Namun, jangan berlebihan. Sebab memikirkan kegagalan adalah cara untuk menyiapkan diri jika kemungkinan terburuk terjadi.

Anda sebaiknya memikirkan rencana B, jika rencana A gagal. Pikirkan dari sebelum bisnis Anda berjalan. Sehingga Anda akan lebih siap dan berani menghadapi segala risiko yang mungkin terjadi.

Baca Juga: Bosan Jadi Pegawai Kantor? Resign Saja dan Jalankan 5 Bisnis Ini


Nah, itulah hal-hal yang sebaiknya Anda pikirkan jika Anda mau buka usaha sendiri. Sehingga setelah resign nanti, Anda bisa lebih siap memulai bisnis pertama Anda. Selamat berjuang dan semoga Anda berhasil!


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Total Bunga
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.