5 Ciri-Ciri Calon Konsumen Potensial yang Harus Anda Perhatikan РGuna meningkatkan penjualan, Anda perlu belajar memahami calon konsumen. Anda harus tahu kira-kira siapa pembeli potensial dan siapa yang kemungkinan tidak akan membeli dengan Anda atau hanya pura-pura ingin membeli.

Apalagi di era bisnis online saat ini. Anda dan calon konsumen menjalin komunikasi tidak langsung. Anda tidak bertemu muka dengan mereka, sehingga Anda harus siap jika mereka menghilang tanpa kabar, padahal Anda sudah menunggu konfirmasi pembelian dari mereka.

Baca Juga: 4 Alasan Utama Mengapa Orang Tidak Membeli Dari Anda

Sebagai entrepreneur, Anda harus siap menghadapi perilaku calon konsumen yang bermacam-macam. Mereka semua adalah peluang untuk menghasilkan penjualan. Bahkan sekalipun Anda menghadapi calon konsumen yang menyebalkan, Anda harus tetap ramah dalam melayani mereka.

Khususnya bagi calon konsumen yang potensial, merekalah orang-orang yang berpeluang besar menjadi pelanggan setia. Anda harus memahami cara mereka berbelanja dan apa yang mereka butuhkan. Ini akan membantu Anda untuk menjangkau mereka dan membuat mereka yakin untuk berbelanja dengan Anda.

Nah, berikut 5 ciri-ciri calon konsumen yang serius ingin membeli produk Anda.

5 Ciri-Ciri Calon Konsumen Potensial yang Serius Ingin Membeli

1Suka Bertanya

Calon konsumen yang benar-benar tertarik dengan produk Anda biasanya akan aktif bertanya. Mungkin Anda akan merasa risih karena apa yang ditanyakan adalah hal-hal yang sudah terpampang jelas pada website atau media sosial Anda. Namun, calon konsumen seperti itu hanya ingin mendapatkan konfirmasi langsung dari Anda.

Baca Juga: 4 Cara Agar Konsumen Mau Membuka Email Marketing Anda

Jadi, Anda jangan malas menjawab pertanyaan-pertanyaan dari setiap calon konsumen. Lagi pula tidak sulit untuk membalasnya dan memang sudah menjadi tugas Anda untuk melayani semua calon konsumen secara responsif.

2Terus Menawar

Menawar harga adalah hal yang bisa dimaklumi. Anda mungkin akan merasa sebal jika calon konsumen suka menawar. Anda sudah memberikan harga terbaik namun mereka tetap berusaha meminta harga diturunkan sesuai keinginan mereka.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online di Media Sosial

Jika calon konsumen tidak serius, biasanya mereka akan menghilang begitu saja tanpa kabar. Sedangkan jika mereka serius, biasanya mereka akan berusaha untuk terus menawar. Meski Anda memang tidak akan menurunkan harga lagi, jelaskan baik-baik dan tetap ramah saat melayani mereka. Siapa tahu mereka akhirnya setuju dengan harga yang Anda berikan.

3Membandingkan-bandingkan Produk

Jika Anda menjual beberapa produk dengan fungsi yang sama namun dari brand berbeda atau harganya berbeda, biasanya calon konsumen akan membanding-bandingkan produk Anda. Mereka akan bertanya-tanya pada Anda tentang apa kelebihan dan kekurangan pada masing-masing produk.

Baca Juga: Lakukan Hal Ini Ketika Merilis Produk Baru

Calon konsumen seperti itu biasanya benar-benar serius sehingga ingin tahu secara jelas keunggulan setiap produk. Mereka begitu kritis dalam membandingkan karena mereka ingin mendapatkan yang terbaik.

4Lama Mempertimbangkan

Calon konsumen yang potensial selalu mempertimbangkan produk yang akan dibelinya dengan matang. Terkadang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memutuskan produk pilihannya. Mereka akan berpikir dengan cermat dari berbagai sisi.

Baca Juga: Bisnis Lebih Terarah, Setiap Pengusaha Harus Selalu Memperhatikan 4 Hal Ini

Anda harus sabar menghadapi calon konsumen seperti itu, karena mereka memang tidak akan tergesa-gesa dalam membeli. Mereka akan mempertimbangkan kualitas, harga, diskon, cara pembayaran, cara pengiriman, dan membandingkan profil bisnis Anda dengan kompetitor. Jadi, terus follow up mereka untuk menanyakan kembali keputusan mereka.

5Sudah Mengerti Produknya

Calon konsumen yang sudah paham dengan produk biasanya tidak suka berbasa-basi. Mereka tidak banyak bertanya soal spesifikasi produk, tapi akan langsung bertanya soal harga dan penawaran diskon atau promosi apa yang Anda berikan.

Baca Juga: 5 Orang yang Harus Dihindari Saat Menjalankan Bisnis

Jika harga Anda lebih murah daripada toko sebelah atau penawaran Anda menarik, calon konsumen tidak akan mempertimbangkan lama-lama. Anda hanya perlu melayani mereka dengan ramah dan meyakinkannya untuk membelinya dengan Anda.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.