7 Cara Agar Bisa Bangun Pagi Setiap Hari Sehingga Tetap Produktif Bekerja – Apakah Anda susah bangun pagi? Membuka mata terasa berat dan Anda menjadi malas bangun.

Walau sudah memasang alarm, Anda tidak langsung beranjak dari tempat tidur. Malah Anda menekan tombol snooze di alarm yang sedang berbunyi.

Apalagi jika cuaca sedang dingin, kasur terasa lebih menggoda dan Anda ingin terus meringkuk di dalam selimut. Namun, masalahnya Anda tak mungkin hanya bermalas-malasan di ranjang.

Baca Juga: 6 Kebiasaan di Malam Hari yang Sebaiknya Dilakukan Pebisnis

Anda harus segera bangun tidur dan memulai aktivitas sehari-hari. Banyak pekerjaan yang harus Anda selesaikan. Anda dituntut untuk terus produktif.

Terutama jika Anda adalah seorang pebisnis, Anda punya tanggung jawab besar dan harus menjadi contoh di tempat kerja. Anda harus bisa bangun pagi agar tidak terlambat datang ke kantor dan memimpin bisnis Anda.

Untuk itu, bagi Anda yang merasa susah bangun di pagi hari, tips berikut ini coba diterapkan di rumah agar Anda bisa tetap produktif dalam bekerja.

Baca Juga: Supaya Rezeki Lancar, Ini 7 Manfaat Bangun Pagi Bagi Pebisnis


7 Cara Agar Bisa Bangun Pagi dan Tetap Produktif

1Siapkan Segala Sesuatu di Malam Hari

Anda sebaiknya mempersiapkan segala keperluan untuk bekerja pada esok hari disaat malam hari. Misalnya, pastikan pakaian kerja sudah disetrika, laptop sudah dimasukkan ke dalam tas, sepatu sudah bersih, dan sebagainya.

Sehingga Anda bisa lebih siap menyambut hari esok dan tidur dengan nyaman. Lalu saat bangun tidur, Anda tidak perlu lagi menyiapkan segala hal tersebut. Namun, bisa langsung mandi, sarapan, dan berangkat kerja.

Baca Juga: 10 Kegiatan Berguna untuk Mengisi Waktu Luang Setelah Bekerja

2Jangan Main Gadget Menjelang Tidur

Mulai hentikan kebiasaan Anda bermain gadget apapun saat menjelang tidur karena dapat membuat mata Anda tetap terjaga. Anda harus mendisiplikan waktu tidur dan jangan tergoda untuk bermain gadget yang dapat membuat Anda tetap melek.

Minimal setengah jam sebelum Anda tidur, lakukan hal lain selain bermain handphone atau laptop. Seperti menyiapkan barang-barang untuk bekerja besok. Kemudian, Anda bisa mulai berbaring di kasur dan memejamkan mata. Istirahat Anda pun akan lebih berkualitas.

Baca Juga: Penting untuk Pebisnis, Ini 5 Manfaat “Me Time” Setelah Bekerja Seharian

3Jangan Memaklumi Kebiasaan Susah Bangun Pagi

gambar: usnews.com

Pola pikir dapat mempengaruhi kebiasaan. Jika Anda selalu menganggap diri Anda sendiri sebagai orang yang susah bangun pagi, maka Anda akan terbiasa memaklumi kebiasaan telat bangun.

Untuk itu, katakan pada diri Anda bahwa Anda ingin berubah. Anda ingin membiasakan diri selalu bangun lebih awal. Anda memberi sugesti positif pada diri sendiri dan lama-lama Anda lebih punya niat untuk bangun di pagi hari.

Baca Juga: 7 Kegiatan Sebelum Tidur yang Harus Dihindari Jika Anda Mau Sukses

4Biarkan Sinar Matahari Pagi Masuk ke Kamar

Tidak semua orang punya kamar tidur yang memiliki jendela. Namun, jika kamar Anda berjendela, maka biarkan sebagian tirai terbuka agar ada sinar matahari terbit yang masuk.

Rasa malas akan berkurang saat cahaya mentari mengenai tubuh Anda dan menerangi ruangan kamar Anda. Ini akan membantu Anda untuk sadar dari rasa kantuk yang masih menyerang.

Baca Juga: Bingung Menentukan Visi Bisnis Anda? Jawab Dulu 7 Pertanyaan Ini

5Tahu Tujuan Anda Saat Bangun Tidur

gambar: aol.com

Orang yang tidak memiliki tujuan, cenderung malas. Tahu apa yang ingin Anda lakukan setiap hari adalah salah satu cara agar bisa bangun pagi. Karena hal tersebut akan mendorong sikap optimis untuk bergegas memulai aktivitas.

Mulailah membuat rencana harian. Mungkin Anda akan menganggapnya sebagai rutinitas. Namun, jika rutinitas itu membuat Anda dapat meraih impian, maka Anda akan lebih semangat untuk bangun pagi dan bekerja.

Baca Juga: 8 Tips Agar Anda Tubuh dan Pikiran Tetap Sehat Walau Sibuk Bekerja

6Jalankan Gaya Hidup Sehat

Jaga pola makan yang benar. Hindari mengonsumsi kafein dan alkohol di malam hari karena akan mengganggu waktu tidur Anda yang berkualitas. Jangan lupa juga untuk berolahraga. Pastikan Anda menjalankan gaya hidup yang sehat.

Dengan tubuh yang sehat, Anda bisa punya tenaga untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Anda tidak mudah merasa kecapaian yang berlebihan. Anda pun tidak akan kesulitan untuk bangun di pagi hari.

Baca Juga: 8 Tips Jitu Meningkatkan Produktivitas Kerja Anda di Kantor

7Tetap Hidupkan Alarm

Selain cara-cara di atas, Anda juga perlu berjaga-jaga. Namanya juga manusia biasa, Anda bisa kebablasan saat tidur. Anda tetap butuh pengingat yang membangunkan Anda.

Untuk itu, selalu aktifkan alarm agar Anda bisa dibangunkan. Sehingga Anda tidak kesiangan dan bisa tetap bangun pagi untuk memulai aktivitas harian Anda seperti biasa.

Baca Juga: 7 Alasan Berbisnis yang Kurang Tepat dan Tidak Sesuai Realita


Nah, itulah sejumlah cara agar bisa bangun pagi. Coba terapkan cara tersebut agar Anda bisa selalu bangun tidur di pagi hari dengan semangat, sehingga Anda bisa tetap produktif dalam bekerja sepanjang hari.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.