5 Cara Mempertahankan Karyawan Potensial Agar Bekerja Lebih Lama – Perusahaan yang baik pasti memiliki banyak karyawan yang loyal. Jika banyak karyawan yang mengundurkan diri dalam setahun, berarti ada yang salah dengan perusahaan.

Apapun alasannya, tidak mudah menerima pengunduran diri karyawan terbaik. Setiap pebisnis pasti tidak ingin kehilangan karyawan yang penting dan akan berusaha mempertahankannya.

Baca Juga: 5 Alasan Umum Karyawan Mengundurkan Diri

Jika Anda ingin menjaga loyalitas karyawan, Anda harus memastikan kepuasan karyawan. Anda tidak bisa hanya menuntut karyawan mengerjakan tanggung jawabnya tanpa memberikan hak padanya yang setimpal.

Untuk itu, berikut hal-hal yang bisa Anda terapkan agar karyawan Anda dapat bekerja lebih lama.

Baca Juga: 5 Penyebab Karyawan Hilang Semangat Kerja di Kantor

5 Cara Mempertahankan Karyawan di Perusahaan

1Berikan Kompensasi yang Sesuai

gambar: smart-money.co

Kompensasi adalah imbalan atas hasil kerja karyawan. Kompensasi dapat berupa gaji, bonus, komisi, tunjangan asuransi, tunjangan transportasi, jam kerja yang lebih fleksibel, dan lain-lain.

Ada kompensasi yang bersifat tetap, ada juga yang tergantung kondisi tertentu. Misalnya, kompensasi berdasarkan kinerja karyawan atau bagi karyawan yang sudah bekerja dalam jangka waktu tertentu. Apapun itu, berikan kompensasi yang sesuai dan yang sudah menjadi hak karyawan.

Baca Juga: 10 Hal yang Menunjukkan Kualitas Karyawan di Tempat Kerja

2Ciptakan Lingkungan Kerja yang Nyaman

gambar: nationaldailyng.com

Cara mempertahankan karyawan ialah dengan membuatnya merasa nyaman. Kondisi lingkungan kerja akan mendukung mood karyawan saat bekerja. Perhatikan kebersihan dan kerapian kantor. Ciptakan suasana kekeluargaan agar setiap orang merasa seperti berada di rumah kedua.

Sesekali Anda juga bisa melakukan kegiatan menyenangkan bersama. Misalnya, makan bersama, jalan-jalan bersama, merayakan hari raya bersama, lomba antar divisi di kantor, dan lain-lain. Apapun kegiatannya, buat karyawan merasa senang agar mereka bisa lebih betah bergabung di perusahaan Anda.

Baca Juga: Perhatikan Inilah 8 Tipe Karyawan yang Anda Butuhkan di Perusahaan

3Berikan Kesempatan Mengembangkan Diri

Anda harus memberdayakan karyawan dengan baik. Karyawan Anda pasti ingin menjadi lebih baik dan berkembang. Mereka ingin diberikan dukungan untuk meningkatkan kemampuan kerja dan karier.

Untuk itu, berikan fasilitas dan kesempatan untuk karyawan mengembangkan diri. Seperti memberikan seminar atau training secara berkala, menawarkan promosi jabatan bagi yang karyawan yang berprestasi, dan sebagainya. Berikan pengalaman baru yang berharga untuk masa depannya.

Baca Juga: 6 Cara yang Tepat Menghadapi Orang Introvert di Lingkungan Kerja

4Perbaiki Cara Komunikasi dengan Karyawan

Apakah Anda sering memuji kerja keras karyawan? Pujian merupakan bentuk apresiasi sederhana yang dibutuhkan karyawan. Anda perlu memperhatikan ini. Jangan hanya berkomunikasi dengan karyawan saat ingin memerintah atau mengkritik kinerjanya.

Sesekali Anda juga bisa memberikan kesempatan karyawan untuk menyampaikan masukan kepada Anda dan perusahaan. Biarkan karyawan menyampaikan ide maupun pertanyaan secara terbuka dan langsung. Kemudian berikan respons yang baik agar karyawan merasa menjadi bagian penting dalam perusahaan.

Baca Juga: Waspada, Kenali 7 Ciri-Ciri Karyawan Penjilat di Tempat Kerja

5Perhatikan Kehidupan Pribadi Karyawan

Karyawan Anda adalah manusia yang punya kehidupan pribadi. Karyawan bukan robot yang harus bekerja tanpa henti. Berikan waktu dan ruang untuk karyawan menikmati kehidupan personalnya di luar urusan pekerjaan.

Anda harus memperhatikan keseimbangan antara kehidupan kantor dan pribadi. Izinkan karyawan bekerja dari rumah disaat-saat tertentu, izinkan karyawan yang ingin mengambil cuti, jangan paksa karyawan untuk lembur setiap hari kerja,  dan lain-lain. Buat karyawan tidak merasa diperbudak oleh perusahaan.

Baca Juga: 4 Hal yang Diajarkan Jeff Bezos Sang Pendiri Amazon Kepada Para Pebisnis


Nah, itulah cara-cara mempertahankan karyawan potensial Anda. Ingat bahwa karyawan adalah aset bagi perusahaan. Pekerjakan orang yang tepat dan kemudian perlakukan dengan baik. Sehingga karyawan yang sudah susah payah Anda rekrut akan dengan senang hati bekerja dalam waktu yang lama dan bersemangat untuk memberikan kontribusi yang terbaik.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Total Bunga
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat & Ketentuan


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here