Cara Memulai Bisnis Sendiri Sambil Bekerja Penuh Waktu – Cara berfikir generasi milenial yang saat ini sudah menjadi usia produktif memang berbeda dengan pemikiran generasi sebelumnya.

Tidak lagi berfikir untuk mendapatkan pekerjaan yang stabil di perusahaan besar, kebanyakan dari mereka memilih bekerja di startup atau bahkan memulai bisnis sendiri.

Namun terkadang, tuntutan kebutuhan membuat rencana memulai bisnis sendiri tertunda karena waktu dan tenaga yang sudah habis untuk bekerja penuh waktu.

Apabila anda sedang mempunyai pekerjaan penuh waktu namun sebenarnya tetap berkeinginan untuk memulai bisnis sendiri, simak beberapa tips untuk memulai bisnis sendiri walau sambil bekerja penuh waktu ini.

Cara Memulai Bisnis Sendiri Sambil Bekerja Penuh Waktu

1Identifikasi dan rencanakan waktu bekerja Anda

tips agar anda selalu datang tepat waktu

Membagi waktu tentunya adalah hal paling penting yang harus anda rencanakan sebelum memulai bisnis anda. Coba anda identifikasi dulu bagaimana tanggung jawab anda di kantor saat ini dan kedepannya.

Apakah anda membutuhkan waktu ekstra untuk anda bekerja atau membuat strategi? Atau, apakah selama ini setelah pulang dari kantor, anda sudah tidak punya tenaga dan waktu bahkan untuk melakukan hal lain lagi?

Baca Juga: 7 Kriteria Pemimpin Bisnis yang Harus Anda Miliki

Apabila memungkinkan, maka anda bisa mulai merencanakan waktu bekerja sampingan untuk bisnis anda sendiri.

Misalnya, biasanya anda masih memiliki waktu satu jam kosong setelah anda menyelesaikan tugas di kantor setiap harinya, maka satu jam tersebut bisa anda gunakan untuk mengerjakan bisnis anda.


2Isi waktu yang luang untuk riset dan membuat rencana bisnis

disiplin waktu - Cara Memulai Bisnis Sendiri

Anda masih punya waktu luang saat akhir pekan atau sepulang kerja untuk pergi ke mall atau melakukukan hiburan lainnya?

Saatnya anda mengorbankan waktu tersebut dan ganti dengan kegiatan deep work seperti riset, membuat rencana kerja dan strategi. Untuk hari biasa, anda cukup melakukan hal-hal operasional atau teknikal saja.


3Pastikan hal itu tidak ada di kontrak kerja

alasan memulai usaha sendirian tanpa rekan bisnis

Beberapa perusahaan memiliki peraturan atau bahkan tercantum pada kontrak kerja bahwa para pegawai penuh waktu tidak boleh terdaftar pada pekerjaan paruh waktu perusahaan lain, atau bahkan menjalani usaha sendiri.

Anda perlu memastikan hal-hal seperti ini sesuai dengan keadaan anda. Apabila anda tidak memperhatikan, maka suatu ketika perusahaan tempat anda bekerja mengetahui bahwa anda telah melanggar kontrak anda akan dikenakan sanksi atau bahkan dikeluarkan dari pekerjaan anda.


4Tidur cukup

5 Kegiatan Sebelum Tidur yang Harus Dihindari Jika Anda Mau Sukses
gambar: usnews.com

Mengatur waktu anda tidak hanya dalam bekerja saja, namun anda memerlukan tidur yang cukup apabila anda mempunyai lebih dari satu pekerjaan.

Kurangnya tidur malah akan membuat cara kerja anda tidak efisien dan resiko kondisi badan anda menurun akan lebih tinggi. Maka dari itu, tetap utamakan tidur 6 sampai 8 jam per harinya.


5Gunakan jasa outsource

lakukan hal ini untuk atasi bisnis yang mandek

Ketika anda memulai bisnis, tentu semua ide dan operasional anda yang mengerjakan. Namun tidak ada salahnya untuk membuat pekerjaan anda lebih efisien dan efektif, gunakan jasa outsource untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaan anda.

Contohnya, untuk membuat website, mengoptimalkan halaman anda, atau membuat brand design dari bisnis anda. Saat ini sudah banyak outsource yang berkualitas dan terjangkau untuk para pembuat  bisnis baru seperti anda.


6Gunakan layanan online yang memudahkan bisnis anda

risiko bisnis online yang dihadapi penjual

Ketika memulai bisnis tentunya anda membutuhkan banyak hal yang dapat menunjang jalannya bisnis anda.

Apabila bisnis anda adalah toko online, anda akan membutuhkan jasa layanan pengiriman, dan untuk keperluan promosi bisnis anda, tentunya anda akan membutuhkan cetak alat promosi seperti cetak kartu nama, flyer atau brosur.

Namun sekarang anda tidak perlu lagi pergi ke percetakan biasa, anda bisa gunakan jasa percetakan online. Manfaatkan bisnis-bisnis online tersebut untuk mempermudah jalannya bisnis anda.


7 Cari rekan bekerja/support system

Customer Service Bisnis Online

Dalam semua hal tentunya setiap orang membutuhkan bantuan orang lain. Sama halnya ketika anda memulai bisnis anda sendiri, alangkah baiknya apabila anda mempunyai rekan bekerja. Baik itu teman terdekat anda atau saudara.

Baca Juga: Sebelum Berbisnis, Anda Patut Mempertimbangkan 5 Hal Ini

Paling tidak ada orang lain yang mengerti jelas apa yang sedang anda lakukan dan dapat membantu anda apabila ada hal-hal yang membuat anda tidak bisa mengerjakan hal tertentu.

Misalnya ketika anda harus bertemu calon mitra kerja bisnis anda, namun di saat yang sama anda harus menghadiri rapat penting di kantor anda. Maka tentu anda membutuhkan seseorang untuk mewakili kehadiran anda sementara.

Bagaimana menurut anda? Apakah sudah siap membuka usaha sambil bekerja penuh waktu? Jangan lupa tips-tips diatas ini untuk mempersiapkan diri membuka usaha anda.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.