Anda Bosan di Kantor? Ini 5 Cara Mengatasi Kejenuhan Dalam Bekerja – Tidak hanya karyawan yang bisa merasa jenuh bekerja. Pebisnis pun bisa merasakan kejenuhan saat di kantor.

Sebagai manusia biasa, ada kalanya pebisnis merasa tidak semangat untuk bekerja. Berbeda dengan karyawan yang bisa saja meminta izin untuk tidak masuk kerja, pebisnis tidak mungkin melakukannya tanpa alasan yang penting.

Baca Juga: 10 Tips Menjadi Pemimpin yang Berwibawa di Tempat Kerja

Anda tidak bisa begitu saja tidak masuk ke kantor. Sebab bisnis yang dijalankan adalah bisnis Anda sendiri. Anda punya banyak tanggung jawab dan harus mengontrol kerja karyawan Anda. Anda harus memastikan setiap hal berjalan sebagaimana mestinya.

Namun, rasa jenuh dengan rutinitas bisa saja terjadi. Jika Anda mengalaminya, coba lawan kejenuhan tersebut dengan melakukan berbagai hal berikut ini.

Baca Juga: Karyawan Anda Malas Bekerja? Ini 7 Cara Menghadapinya

5 Cara Mengatasi Kejenuhan Saat Bekerja di Kantor

1Dengarkan Musik Upbeat

Musik dapat mengubah mood setiap orang dalam waktu cepat. Anda bisa mendadak murung saat mendengarkan lagu galau. Anda juga bisa jadi bersemangat saat mendengarkan lagu upbeat atau yang bertempo cepat.

Saat Anda jenuh, coba dengarkan musik upbeat yang membuat Anda ingin mulai bergerak. Supaya tidak membosankan, dengarkan musik yang baru dirilis atau belum pernah Anda dengarkan. Ini dapat mengurangi kejenuhan dan memacu semangat sebelum kembali bekerja.

Baca Juga: 5 Gejala Anda Mengalami Stres Kerja dan Harus Segera Istirahat

2Mencari Konten Kreatif di Internet

Coba jelajahi internet untuk mencari berbagai konten kreatif. Anda bisa menonton video menarik di youtube, membuka Instagram untuk melihat konten fotografi, membuka situs desain, dan sebagainya.

Carilah hal-hal baru di internet. Melihat konten kreatif dapat membuat pikiran jadi lebih rileks, membuka wawasan dan memberikan inspirasi bagi Anda. Otomatis kejenuhan bisa sedikit berkurang.

Baca Juga: 6 Cara yang Tepat Menghadapi Orang Introvert di Lingkungan Kerja

3Buat Diri Anda Tertawa

Menghibur diri sendiri adalah cara mengatasi kejenuhan yang ampuh. Jangan terlalu serius di kantor. Anda boleh menyenangkan diri dengan humor. Coba kunjungi akun media sosial dan website yang memuat konten lucu. Buatlah diri Anda tertawa dengan cerita atau meme kocak di internet.

Selain itu, Anda juga bisa bersosialisasi dengan rekan kerja dan karyawan di kantor saat waktu istirahat. Berbincanglah tentang berbagai hal dan saling bercanda. Ini akan membuat hari menjadi lebih menyenangkan dan mengalihkan rasa jenuh yang menghampiri Anda.

Baca Juga: Ayo Tertawa, Ini 5 Manfaat Humor di Lingkungan Kerja

4Pikirkan Target Jangka Pendek yang Ingin Dicapai

Kejenuhan bisa terjadi karena Anda mulai kehilangan motivasi. Coba atasi dengan membuat tantangan baru untuk membuat Anda bergerak dan tidak berdiam diri. Keluarlah dari zona nyaman Anda.

Saat Anda mulai mengantuk karena bosan, pikirkan target jangka pendek yang menarik yang ingin Anda capai. Fokuskan diri Anda pada rencana dan target baru agar Anda lebih termotivasi untuk bekerja.

Baca Juga: 5 Cara Mempertahankan Karyawan Potensial Agar Bekerja Lebih Lama

5Keluar dari Ruangan Anda dan Bekerja dari Tempat Lain

Selalu berada di dalam ruangan yang sama bisa menimbulkan kejenuhan. Untuk itu, cobalah cari tempat lain untuk bekerja. Ganti suasana kerja saat Anda mulai jenuh berada di meja kerja Anda.

Bawalah laptop Anda dan pindahlah ke ruangan lain yang ada di kantor. Jika memungkingkan, cobalah bekerja dari luar kantor seperti di kafe. Anda bisa lebih fleksibel agar tidak cepat jenuh dengan rutinitas harian Anda.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Program Loyalitas Mampu Meningkatkan Penjualan Anda


Nah, itulah cara-cara mengatasi kejenuhan saat berada di kantor. Rasa bosan hanyalah masalah kecil dalam bekerja. Namun, Anda harus segera mengatasinya agar tidak berlarut-larut dan menurunkan semangat kerja Anda. Lawanlah kejenuhan itu dan fokuslah dengan tanggung jawab Anda.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Total Bunga
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat & Ketentuan


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here