5 Cara Mengatasi Stres Akibat Tekanan Pekerjaan yang Berat –¬†Beban kerja dapat menjadi pemicu stres. Saat sedang stres, kemampuan Anda untuk menghadapi pekerjaan menjadi menurun.

Namun sebagai pebisnis, rutinitas harian yang padat tetap harus Anda jalani. Anda pun akan memaksakan diri untuk melaksanakan tanggung jawab Anda dengan sebaik mungkin.

Baca Juga: 4 Manfaat Semangat dalam Bekerja

Akan tetapi, Anda tidak bisa bekerja dengan maksimal jika kondisi mental dan pikiran sedang buruk. Stres kerja harus segera diatasi agar Anda bisa kembali menjalankan bisnis dengan baik.

Oleh sebab itu, lawanlah stres yang menyerang Anda. Anda bisa melakukan hal-hal berikut ini agar stres bisa segera teratasi.

Baca Juga: Mau Jadi Orang Sukses? Pahami Dulu 5 Hal Tak Menyenangkan Ini


5 Cara Mengatasi Stres Akibat Tekanan Pekerjaan

1Sadari Batas Kemampuan Anda

Stres akan membuat Anda kesulitan untuk menangani masalah. Penyelesaian tugas menjadi terganggu karena tekanan pekerjaan yang membebani pikiran dan mental Anda.

Memang ada banyak hal yang harus dikerjakan. Namun, percuma jika Anda memaksakan diri. Anda perlu mengenal dan menyadari batas kemampuan Anda sendiri.

Jika Anda sudah merasa penat, berhentilah. Batasi jam kerja Anda. Jangan paksakan diri untuk bekerja berlarut-larut, karena masih ada hari esok untuk melanjutkannya.

Baca Juga: 6 Cara Memaksimalkan Waktu Kerja di Kantor

2Ciptakan Lingkungan Kerja yang Nyaman

Kenyamanan di tempat kerja dipengaruhi oleh berbagai faktor. Mulai dari kebersihan ruangan, kerapian meja kerja, hingga kekompakan tim kerja.

Sebagai pemimpin, perhatikan kondisi lingkungan kerja Anda. Ciptakan rasa nyaman bagi semua orang agar suasana kerja terasa lebih baik bagi Anda sendiri maupun karyawan Anda.

Jika lingkungan kerja kondusif, hal-hal yang memicu stres akan berkurang. Sehingga semua orang akan lebih bersemangat dan saling mendukung dalam menyelesaikan pekerjaan.

Baca Juga: Anda Bosan di Kantor? Ini 5 Cara untuk Mengatasi Kejenuhan dalam Bekerja

3Cari Hiburan di Waktu Luang

Hati yang gembira dapat mengurangi stres kerja. Memang kesibukan Anda sangat padat, tapi luangkanlah sedikit waktu untuk menghibur diri.

Anda bisa mendengarkan musik di tempat kerja. Lalu saat pulang ke rumah, Anda bisa menonton film komedi yang membuat Anda tertawa.

Carilah atau lakukanlah sesuatu yang dapat mengubah mood Anda yang jelek dan membuat Anda senang. Sehingga Anda tidak melulu hanya memikirkan pekerjaan.

Baca Juga: 5 Cara Memanfaatkan Waktu Luang untuk Menghasilkan Uang

4Ceritakan Masalah pada Orang Lain

Masalah jangan dipendam sendiri. Cara mengatasi stres bisa dengan menceritakan masalah Anda pada orang lain.

Jika stres melanda, berarti Anda sedang mengalami kesulitan dan butuh motivasi untuk menguatkan Anda. Maka dari itu, temui orang yang yang tepat untuk berbagi cerita.

Anda akan merasa lebih tenang saat Anda mendapatkan dukungan dari orang lain. Stres pun berkurang, sehingga Anda bisa berpikir lebih jernih dalam menghadapi masalah Anda.

Baca Juga: 3 Faktor Agar Kerja Sama Bisnis Bisa Sukses

5Jangan Lupa Bersyukur

Tekanan kerja memang dapat membuat stres. Namun, kondisi ini lebih baik daripada Anda sama sekali tidak ada pekerjaan dan tidak ada penghasilan.

Maka dari itu, syukurilah hal-hal baik yang Anda miliki. Seperti bisnis dan pekerjaan Anda yang masih berjalan dan menjadi sumber rezeki Anda.

Dengan bersyukur, pikiran Anda akan terfokus pada hal-hal positif yang memberikan motivasi. Sehingga Anda bisa terhindar dari pikiran negatif yang kerap memicu stres.

Baca Juga: 7 Tips Agar Anda Bisa Bangkit dari Kegagalan Bisnis


Nah, itulah cara mengatasi stres akibat tekanan pekerjaan yang berat. Apapun masalah yang dihadapi, pasti selalu ada solusinya jika Anda berusaha.

Jadi, tetaplah semangat. Jangan biarkan stres mengganggu produktivitas. Namun, segeralah atasi stres Anda agar Anda bisa tetap menjalankan bisnis Anda dengan baik.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.