7 Cara Mengembangkan Usaha Agar Bisa Sukses di Tengah Persaingan – Banyak bisnis baru bermunculan, tapi banyak juga yang tidak bertahan. Persaingan usaha memang semakin ketat. Tidak semua bisnis mampu menghadapinya.

Jika Anda ingin memulai bisnis atau baru menjalankannya, Anda harus siap menerima risiko kegagalan yang mungkin saja terjadi. Namun, Anda tidak perlu terlalu khawatir. Anda bisa membuat bisnis Anda maju dan sukses.

Baca Juga: 7 Tips Memperkecil Resiko Usaha Bagi Anda yang Baru Memulai Bisnis

Berikut sejumlah hal yang perlu Anda perhatikan dan lakukan supaya usaha Anda dapat berkembang dari waktu ke waktu.

7 Cara Mengembangkan Usaha Agar Bisa Sukses

1Memilih Karyawan yang Tepat

gambar: nationaldailyng.com

Anda harus memiliki sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. Seperti karyawan, mereka adalah orang-orang penting yang turut berkontribusi dalam pengembangan usaha Anda.

Pastikan Anda mempekerjakan karyawan yang tepat. Pilih yang berbakat, berpengalaman, dan berkomitmen, serta dapat bekerja sama dalam tim dengan baik. Berdayakan karyawan Anda dan perlakukan mereka secara profesional.

Baca Juga: Bisnis Kian Maju Berkat 7 Saran Terbaik dari Para Womanpreneur Sukses Ini

2Buat Strategi Marketing yang Jitu

Bisnis tidak akan berkembang dengan sendirinya. Butuh perencanaan yang matang agar bisa menghadapi para kompetitor dan mendapatkan pemasukan yang sesuai dengan harapan.

Untuk itu, buatlah strategi marketing yang jitu untuk memasarkan bisnis Anda ke target pasar Anda. Jangan ragu untuk mencoba strategi baru. Upayakan penjualan terus meningkatkan dari waktu ke waktu.

Baca Juga: 7 Tips Agar Bisa Merintis Bisnis Pribadi dari Nol Hingga Sukses

3Jaga Kepuasan Pelanggan

gambar: thebalance.com

Tanpa pelanggan, bisnis Anda akan mati. Pelanggan adalah raja yang membutuhkan pelayanan yang baik. Anda harus memperlakukan mereka dengan baik dan memuaskan kebutuhan mereka.

Jangan sampai Anda mengecewakan konsumen tanpa memberikan solusi. Jika terjadi masalah, segera atasi keluhannya. Sehingga pelanggan tetap loyal dan citra bisnis Anda tetap terjaga dengan baik di tengah masyarakat.

Baca Juga: 8 Hal yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Terhadap Bisnis Anda

4Perluas dan Perkuat Networking

Networking atau jaringan bisnis dapat meningkatkan kredibilitas bisnis Anda. Orang lain akan lebih percaya dengan Anda karena Anda memiliki banyak kenalan atau bisnis Anda berhasil menjalin kerja sama dengan berbagai pihak.

Untuk itu, Anda perlu memperluas dan menjaga hubungan Anda dengan para relasi bisnis Anda. Jalinlah hubungan yang baik dan kuat karena itu akan menguntungkan Anda.

Baca Juga: Pemimpin yang Berkualitas di Tempat Kerja Memiliki 5 Hal Ini

5Lakukan Inovasi Produk

Cara mengembangkan usaha ialah dengan melakukan terobosan. Zaman terus berubah. Tren juga cenderung ikut berubah setiap tahun. Anda tidak bisa mencegah perkembangan zaman yang terjadi.

Namun, bisnis Anda yang harus berupaya untuk relevan di tengah perubahan zaman. Makanya, Anda harus kreatif dan melakukan inovasi pada produk Anda. Jangan ragu untuk membuat produk baru yang menambah nilai jual bisnis Anda.

Baca Juga: Begini Cara Mengambil Keputusan yang Tepat dalam Bisnis

6Manajemen Keuangan yang Baik

Pastikan tidak terjadi penyalahgunaan uang dalam bisnis Anda. Jika itu terjadi, ada terancam kehabisan modal karena uang yang keluar lebih besar daripada uang yang masuk.

Untuk itu, pekerjakan seorang akuntan yang kompeten atau gunakan software akuntansi yang bagus untuk membantu Anda mengelola keuangan bisnis Anda. Dengan begitu, keuangan dapat diatur dengan benar dan efisien.

Baca Juga: Supaya Rezeki Lancar, Ini 7 Manfaat Bangun Pagi Bagi Pebisnis

7Carilah Investor

Mengembangkan bisnis membutuhkan biaya yang sangat besar. Anda tentu membutuhkan investor yang mau memberikan pendanaan untuk upaya ekspansi bisnis Anda.

Oleh sebab itu, coba cari investor yang tertarik dengan prospek bisnis Anda. Tampilkan portofolio yang bagus supaya ada investor yang mau bergabung dalam memajukan bisnis Anda.

Baca Juga: 8 Cara Sukses Menumbuhkan Bisnis Kecil Menjadi Besar


Nah, itulah cara mengembangkan usaha agar bisa sukses. Mungkin butuh proses yang panjang. Namun, percayalah bahwa hasilnya nanti tidak akan mengkhianati usaha. Tetaplah lakukan yang terbaik, sehingga Anda bisa mendapatkan hasil yang terbaik pula.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.