7 Cara Menghadapi Orang Iri Hati di Lingkungan Bisnis – Apapun yang Anda lakukan, Anda tidak dapat menyenangkan semua orang. Dalam dunia bisnis, pasti akan ada orang yang iri dengan Anda, entah itu rekan kerja, relasi bisnis, dan sesama pebisnis.

Kelebihan dalam diri Anda dan kesuksesan bisnis yang Anda jalani, bisa membuat orang lain sirik. Ada yang sirik dalam hati saja, tapi ada pula yang menunjukkannya di depan Anda.

Baca Juga: Lakukan 4 Kebiasaan Orang Jenius Ini Agar Anda Lebih Sukses

Biasanya, orang yang penuh kedengkian tidak akan senang saat melihat Anda senang dan akan senang saat melihat Anda susah. Dia memandang Anda sebagai pesaing dan orang yang harus dikalahkan.

Nah, bagi Anda yang menemukan orang membenci kesuksesan Anda, berikut hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk menghadapi si pendengki tersebut.

Baca Juga: 5 Orang yang Harus Dihindari Saat Menjalankan Bisnis

7 Cara Menghadapi Orang Iri dengan Kesuksesan Anda

1Jaga Pikiran dan Ucapan

gambar: smallbiztrends.com

Orang yang iri tidak akan ikut berbahagia atas pencapaian Anda. Malah orang itu menaruh curiga dan mengomentari Anda dari sisi negatif. Namun, jangan sampai emosi terpancing. Tetaplah berpikiran positif untuk menjaga suasana hati Anda. Jaga juga ucapan Anda. Lebih baik Anda diam daripada membalas, karena akan membuat orang itu semakin beranggapan buruk terhadap Anda.

2Abaikan Komentar Sinis

Jangan bawa masuk ke hati. Orang yang iri tidak akan puas jika tidak mendapatkan respons dari Anda. Maklumi saja jika dia akan terus mengomentari Anda dengan sinis. Namun, Anda tidak perlu membuang energi untuk membalas. Dengan mengabaikannya, Anda secara tidak langsung telah mengatakan bahwa komentar orang itu tidaklah benar dan Anda tidak peduli.

Baca Juga: 8 Tips Agar Tubuh dan Pikiran Tetap Sehat Walau Sibuk Bekerja

3Hadapi Secara Langsung

Jika orang yang iri itu telah bersikap keterlaluan, langsung saja Anda menemuinya. Hadapi secara langsung. Tanyakan padanya apa masalah dia dengan Anda. Jika masalahnya karena sakit hati, cobalah minta maaf. Namun, jika iri hatinya timbul karena alasan yang tidak jelas, memang Anda tidak perlu bersusah payah memperbaiki hubungan. Sebab Anda tidak bisa mengubah sikap buruk orang lain, kecuali orang itu sendiri.

4Membatasi Komunikasi

gambar: baldwinsuccesscoaching.com

Cara menghadapi orang iri hati ialah dengan menjaga jarak. Anda tidak perlu menganggapnya musuh, tapi Anda tidak perlu terlalu dekat. Batasi komunikasi, tapi jika tidak sengaja bertemu, maka Anda cukup menyapa lalu pergi tanpa berbasa-basi. Lebih baik Anda berteman dengan orang-orang yang dapat memberikan pengaruh yang positif.

Baca Juga: 7 Cara Menjadi Pemimpin yang Baik dalam Perusahaan dan Dicintai Karyawan

5Selalu Bersikap Rendah Hati

Anda jangan lupa diri karena kesuksesan yang Anda miliki. Tetaplah menjadi pribadi yang rendah hati dan tidak menyombongkan setiap pencapaian Anda di dunia bisnis. Biarkan orang lain yang menilai, tanpa harus Anda yang memamerkan kesuksesan Anda di lingkungan bisnis. Hal ini akan mengurangi kebencian dan kedengkian orang lain.

6Tetap Berbuat Baik Padanya

Sekalipun Anda merasa kesal dengan orang yang iri pada Anda dan pernah mencoba menjatuhkan Anda, tapi coba untuk tetap berbuat baik padanya. Misalnya, Anda mengucapkan selamat atas pencapaian orang itu. Tunjukkan padanya bahwa Anda adalah orang yang sportif dalam berbisnis dan tidak berniat membalas dendam. Kebaikan Anda mungkin tidak langsung mengubahnya, tapi membuat hidup Anda jadi lebih damai.

Baca Juga: 8 Tipe Pemimpin yang Ideal dalam Memimpin Perusahaan

7Fokus dengan Orang yang Menyukai Anda

Selain itu, cara menghadapi orang iri hati adalah dengan sama sekali mengabaikannya. Gunakan waktu Anda untuk mengembangkan diri dan usaha Anda, serta berkumpul dengan orang-orang yang menyukai Anda. Apresiasi setiap orang yang mendukung Anda dalam suka maupun duka. Jangan sia-siakan keberadaan mereka dengan fokus pada orang yang membenci Anda.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.