Cara Meningkatkan Follower Instagram Bisnis yang Efektif – Media sosial dapat menjadi sarana yang baik untuk membesarkan brand.

Sebagai pengusaha, sudah saatnya Anda peduli dengan kehadiran bisnis Anda di media sosial. Terutama bagi bisnis online, tidak afdol jika Anda pasif dalam memanfaatkan media sosial.

Baca Juga: Tingkatkan Penjualan, Ikuti 5 Tips Menarik Minat Pembeli Online

Instagram merupakan media sosial yang sangat baik untuk branding maupun pemasaran. Namun, jadi kurang efektif jika jumlah follower atau pengikut akun Instagram Anda sangat sedikit.

Jangkauan konsumen Anda jadi terbatas sehingga kurang ada kontribusi bagi kesuksesan bisnis Anda.

Baca Juga: Manfaatkan Teknologi Mobile, Berikut Tips Meningkatkan Penjualan via Mobile

Untuk itu, sudah saatnya Anda mengembangkan akun Instagram Anda. Tentunya untuk membangun komunitas di media sosial tersebut, Anda perlu strategi yang jitu.

Nah, berikut cara yang mudah diterapkan dan efektif untuk meningkatkan jumlah follower Instagram bisnis Anda.

3 Cara Meningkatkan Follower Instagram Bisnis Anda

1Bagikan Konten yang Diminati Audiens

Cara meningkatkan follower Instagram bisnis yang pertama adalah mengetahui dulu mengenal target audiens.

Siapa target audiens bisnis Anda? Anda harus mengetahui dengan jelas apa yang mereka inginkan, bukan apa yang Anda pikir mereka inginkan.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online di Media Sosial

Minat audiens harus jadi perhatian utama ketika Anda membagikan konten ke dalam Instagram Anda.

Jika konten sesuai dengan keinginan audiens Anda, maka Anda bisa mendapatkan like, komentar, follower bertambah, mereka tak segan men-tag akun Anda, membeli produk Anda, dan sebagainya. Akun Instagram Anda jadi ramai karena follower juga terlibat aktif merespons postingan Anda.

Namun, tentunya butuh waktu untuk memahami apa yang diinginkan target market Anda. Misalnya, bagi Anda yang menjual kamera, Anda perlu mencari tahu foto seperti apa yang disukai audiens.

Baca Juga: Pastikan Hal Ini Ada Pada Website Bisnis Online Anda

Jika foto pemandangan, fokuslah dalam memposting foto keindahan alam. Jika foto manusia, fokuslah dalam memposting foto human interest.

2Fokus Pada Kualitas Konten

Terkadang, banyak orang yang menggunakan strategi membeli follower atau dengan cara follow-unfollow. Membeli follower bisa jadi follower tersebut pasif atau tidak sesuai target market Anda.

Baca Juga: Tingkatkan Eksposur, Ini 4 Stategi Media Sosial yang Harus Diketahui Pengusaha

Sementara jika Anda menggunakan strategi follow kemudian unfollow, itu berarti Anda mengharapkan orang mengikuti kembali akun Anda, namun Anda kemudian berhenti mengikutinya.

Cara yang tidak efektif karena orang itu juga cepat atau lambat akan berhenti mengikuti Anda. Sungguh usaha yang tidak berguna.

Untuk itu, kualitas konten harus jadi fokus Anda saat menggunakan media sosial. Anda harus aktif dalam membagikan konten berupa gambar atau video yang bagus ke dalam akun Instagram Anda.

Baca Juga: Jangan Sampai Salah, Ikuti 6 Tips Mengirim Email Bisnis yang Baik dan Benar

Pastikan juga Anda menyertakan caption dengan kata-kata menarik untuk menambah daya tarik konten Anda.

Dengan konten berkualitas, orang lain akan dengan senang hati menekan tombol follow. Follower Anda tumbuh secara organik oleh orang-orang yang benar-benar tertarik dengan profil bisnis Anda.

3Jalin Interaksi dengan Followers

Jangan hanya membagikan konten namun mengabaikan komentar atau pesan dari follower. Jika Anda bersikap demikian, follower merasa tidak diperhatikan.

Baca Juga: Entrepreneur, Hindari 5 Kesalahan Sepele Ini Saat Mengelola Toko Online

Instagram Anda aktif memposting tapi tidak interaktif. Hubungan Anda dan follower jadi kurang kuat. Lama-lama mereka mungkin akan meninggalkan Anda dan mengikuti akun Instagram serupa yang lebih responsif.

Untuk itu, sebaiknya Anda sediakan waktu beberapa menit setiap hari untuk membalas komentar atau sekadar memberikan like pada komentar follower.

Baca Juga: 5 Kelebihan Website Toko Online yang Punya Tampilan Menarik

Menjalin interaksi seperti itu dapat menjaga loyalitas follower. Anda pun bisa lebih mudah dalam memasarkan bisnis Anda kepada mereka.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Total Bunga
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat & Ketentuan


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here