5 Cara Menjadi Reseller Online yang Sukses Bagi Pebisnis Pemula – Reseller adalah penjual yang menjual kembali suatu barang yang dibelinya. Bagi pebisnis pemula, menjadi reseller bisa jadi pilihan yang menarik karena dapat dijalankan dengan modal minim.

Berkat adanya internet, memulai bisnis reseller kini semakih mudah. Banyak orang yang ingin menjadi reseller online shop karena berbisnis melalui internet itu gampang dan dapat dilakukan sendiri dari rumah.

Baca Juga: 10 Usaha Menjanjikan untuk Pemula yang Terbukti Menguntungkan

Bagi Anda yang tertarik jadi reseller online, carilah produsen, supplier atau toko online yang mau memberikan harga reseller, yakni harga yang ditawarkan secara grosir. Sehingga Anda bisa membeli dalam jumlah cukup banyak dengan harga yang lebih murah.

Namun, sebelum Anda memulai bisnis reseller, perhatikan dulu hal-hal berikut ini agar Anda bisa lebih siap menjadi reseller online shop.

Baca Juga: 6 Ide Bisnis Modal Kecil Rp 1 Juta Tapi Bisa Untung Besar

5 Cara Menjadi Reseller Online Shop yang Sukses

1Pilih Produk yang Tepat

gambar: problab.com

Hal pertama yang harus dilakukan ialah mengenali produk. Anda harus memilih produk yang tepat yang dapat memiliki peluang untuk berkembang. Memilih produk yang sudah pasaran boleh saja, asalkan Anda siap dengan persaingan yang sudah ketat. Solusinya, coba cari produk dari brand populer karena Anda akan lebih mudah memasarkannya, meski sudah banyak saingannya.

Pertimbangkan juga harga produk agar Anda bisa memperhitungkan besaran keuntungan yang bisa didapatkan. Caranya dengan memperkirakan biaya pemasukan dari hasil penjualan dikurangi dengan biaya pengeluaran saat Anda membelinya dari supplier. Hasilnya akan menentukan apakah bisnis reseller tersebut menguntungkan.

Baca Juga: 10 Peluang Bisnis Rumahan yang Cocok untuk Siapa Saja

2Cari Tahu Latar Belakang Supplier

Bandingkan beberapa supplier untuk menemukan yang terbaik. Anda harus mempelajari latar belakang supplier yang menjadi tempat Anda membeli produk. Anda harus menelitinya agar tidak tertipu. Anda bisa mengecek jejak digital supplier melalui mesin pencari seperti Google. Cari tahu juga komentar reseller lainnya sebelum bergabung.

Baca Juga: 10 Buku untuk Pebisnis Online yang Perlu Anda Baca

3Kenali Kompetitor

gambar: velaro.com

Semakin sedikit pesaing, semakin bagus untuk bisnis reseller Anda, karena Anda akan lebih leluasa menarik pembeli. Anda perlu mendata daftar reseller sejenis yang berada di satu kota yang sama dengan kota. Kunjungi website dan media sosialnya. Perhatikan aktivitas promosi dan pemasarannya agar Anda bisa membuat strategi penjualan yang lebih baik.

Baca Juga: 10 Usaha Sampingan Tanpa Modal yang Patut Dicoba Sekarang

4Tentukan Sistem Pelayanan

Cara menjadi supplier sebenarnya cukup simpel. Anda harus menentukan cara Anda melakukan penjualan. Putuskan bagaimana produk Anda akan dijual, cara pengirimannya, berapa lama pengirimannya, dan seperti apa sistem pelayanan yang Anda berikan.

Mulai atur waktu Anda untuk berbisnis. Anda bisa menjalankan bisnis ini sebagai usaha sampingan, tapi Anda tetap harus membuat sistem yang jelas. Sehingga nantinya pembeli bisa terlayani dengan baik.

Baca Juga: 8 Hal yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Terhadap Bisnis Anda

5Pasarkan Secara Online

Banyak online shop yang hanya menggunakan media sosial untuk menjalankan bisnis reseller. Namun, guna meningkatkan penjualan, pasarkan produk Anda di berbagai kanal penjualan online.

Manfaatkan media sosial seperti Instagram dan Facebook, daftarkan bisnis Anda ke beberapa website marketplace yang populer, dan bahkan Anda bisa membuat website toko online sendiri. Semakin eksis jualan Anda di internet, semakin mudah orang-orang menemukannya. Penjualan pun berpotensi meningkat pesat.

Baca Juga: 6 Cara Menjual Barang Online yang Bisa Anda Coba


Nah, cara menjadi reseller itu sudah gampang di era bisnis online. Anda bisa menemukan supplier melalui internet dan memasarkan produknya secara online. Jadi, ayo segera mulai bisnis reseller, karena bisnis ini tidak perlu modal banyak dan mudah untuk dipelajari bagi pemula.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (APR - %)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Total Bunga
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here