Cara-Cara Menyampaikan Kritik yang Baik pada Karyawan – Tidak mudah menerima kritik dari orang lain. Anda sendiri mungkin akan tersinggung ketika dikritik, karena isi kritikan yang cenderung menyudutkan kesalahan dan kekurangan Anda.

Begitu juga dengan karyawan. Meskipun Anda adalah atasan, bukan berarti Anda bebas bersikap sesuka hati saat menyampaikan kritik kepada karyawan.

Baca Juga: 8 Cara Membangun Komunikasi yang Baik di Lingkungan Bisnis

Sebagai pemimpin, Anda perlu berhati-hati dalam menjaga perasaan karyawan. Menegur karyawan dengan cara yang kurang tepat, bisa saja melemahkan semangat karyawan.

Namun, jika kritikan diberikan dengan cara yang baik, maka karyawan pasti akan lebih mengapresiasinya. Sekalipun mereka tidak langsung setuju dengan masukan Anda, mereka akan menghargainya karena sadar bahwa kritikan dari Anda itu bersifat membangun.

Baca Juga: Sikap-Sikap Baik yang Perlu Dimiliki Seorang Pemimpin

Maka dari itu, perhatikan tips berikut saat Anda mau menyampaikan kritik pada karyawan.


5 Cara Menyampaikan Kritik pada Karyawan

1Katakan Secara Terang-terangan

cara menerima kritik dari orang lain
gambar: communitycare.co.uk

Anda mungkin takut menyingung, tapi tidak perlu bertele-tele. Jika Anda tidak mengatakan secara jelas, karyawan bisa saja tidak menangkap pesan Anda dengan benar sehingga kritikan Anda tidak efektif.

Lebih baik Anda langsung jujur dan to the point. Sampaikan apa yang ingin Anda kritik agar karyawan cepat memahami dan masalah bisa segera diselesaikan.

Baca Juga: 7 Manfaat Mengasah Ketegasan dalam Diri untuk Pekerjaan Anda

2Gunakan Bahasa yang Baik

pemimpin dan karyawan senior yang lebih tua
gambar: moneycrashers.com

Jangan menggunakan bahasa yang kasar dan negatif. Kata-kata yang sensitif memiliki kekuatan untuk menjatuhkan karyawan dan membuat mereka marah.

Misalnya, Anda menyebut karyawan bodoh. Mungkin mereka tidak becus bekerja, tapi Anda mesti mencari tahu kenapa mereka tidak pandai. Fokus jelaskan apa yang salah dan bukan malah menyerang personal.

Baca Juga: 9 Tips Agar Anda Selalu Berpikir Positif dalam Berbisnis

3Sampaikan Kritik pada Saat yang Tepat

bicara secara personal - karyawan dan entrepreneur

Cara menyampaikan kritik yang baik, perlu mempertimbangkan waktu dan juga tempat. Ada yang boleh disampaikan di depan banyak orang pada saat rapat kerja, seperti mengkritisi kinerja tim Anda.

Namun, ada juga kritik yang sebaiknya disampaikan secara pribadi. Misalnya, jika ingin menegur seorang karyawan, ajaklah bicara berdua saja dan jangan malah menegurnya di hadapan banyak orang karena kritik yang Anda sampaikan hanya untuk karyawan tersebut.

Baca Juga: Ciri-Ciri Pemimpin yang Terampil dalam Berbisnis

4Dengarkan Penjelasan Karyawan

cara menjadi pendengar yang baik untuk karyawan

Beri kesempatan pada karyawan untuk menjelaskan masalah. Mungkin Anda yang salah paham dan karyawan tidak bersalah sehingga Anda perlu juga mendengarkan.

Dengan menjadi pendengar, Anda akan lebih memahami masalah. Jadi, jangan cuma mengkritik, tapi Anda juga perlu mendengar apa yang mau disampaikan karyawan agar setiap pihak dapat saling memahami dan mencari solusi bersama.

Baca Juga: Alasan Anda Harus Mewaspadai Karyawan “Asal Bos Senang”

5Arahkan Karyawan dalam Bekerja

cara mengetahui apakah karyawan anda adalah orang yang dapat dipercaya

Setelah kritik tersampaikan, jangan lepas tangan begitu saja. Karyawan butuh bantuan Anda untuk memperbaiki cara kerjanya, sehingga Anda perlu mengawalnya.

Berikan juga saran dan semangat kepada mereka. Lalu, pantau perkembangan mereka sehingga Anda tahu sudah sejauh mana mereka melaksanakan apa yang Anda minta.

Baca Juga: 5 Cara Mendapatkan Feedback Online dari Pelanggan


Nah, itulah cara-cara menyampaikan kritik yang baik kepada karyawan. Silakan terapkan tips tersebut di lingkungan kerja Anda.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.