7 Cara Menyelesaikan Masalah dengan Pelanggan yang Sulit Ditangani – Saat menjalankan bisnis, Anda akan berhadapan dengan bermacam-macam pelanggan.

Ada pelanggan yang menyenangkan dan mudah untuk dilayani. Pelanggan seperti ini tidak akan merepotkan Anda karena proses jual-beli akan berjalan dengan lancar tanpa adanya masalah yang dibesar-besarkan.

Namun, ada juga pelanggan yang susah ditangani. Anda akan merasa tertekan saat melayaninya karena sikapnya yang bawel, tidak sabaran, dan kasar kepada Anda.

Baca Juga: 6 Penyebab Konflik di Tempat Kerja yang Perlu Diwaspadai

Jika Anda menghadapi pelanggan yang sulit, Anda pasti akan sebal. Akan tetapi, pastikan Anda tetap menahan emosi demi kebaikan bisnis Anda dan kepuasan pelanggan.

Nah, berikut cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi pelanggan yang sulit.


7 Cara Menyelesaikan Masalah Pelanggan yang Sulit

1Jadi Pendengar yang Baik

langkah mengatasi keluhan konsumen atau pelanggan
gambar: affirmx.com

Pelanggan akan cerewet dan mengutarakan segala unek-uneknya. Anda mungkin akan merasa terganggu, padahal ada banyak urusan lain yang juga penting untuk dikerjakan.

Namun, Anda mesti mendengarkan pelanggan dan memastikan Anda paham apa yang menjadi masalahnya. Jadilah pendengar yang baik dan berikan perhatian agar pelanggan tahu bahwa Anda serius dalam melayaninya.

Baca Juga: 6 Hal Penting untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pelanggan

2Berbicara dengan Tenang

layanan pelanggan - customer care - support

Saat Anda memberikan respons, bicaralah dengan tenang dan tidak mengeraskan suara. Jika Anda mulai emosi, jangan sampai Anda menunjukkannya secara terang-terangan.

Bersabarlah, sebab jika Anda emosi, pelanggan akan lebih emosi. Lebih baik Anda mengontrol diri dan membicarakan permasalahan secara baik-baik agar komunikasi tidak terhambat.

Baca Juga: 4 Tipe Konsumen dan Cara Menarik Perhatiannya

3Singkirkan Ego

kritik dan saran pelanggan

Pelanggan mungkin akan marah-marah dan berbicara kasar kepada Anda. Namun, jangan diambil hati. Anda perlu merendahkan diri agar masalah tidak semakin runyam.

Ingat, pelanggan menganggap dirinya raja. Apapun yang terjadi, pelanggan ingin dilayani. Bahkan ketika mereka salah, Anda perlu berbicara baik-baik tanpa merendahkan mereka.

Baca Juga: 9 Keterampilan Komunikasi yang Harus Dikuasai Pebisnis

4Meminta Maaf

hal yang harus dilakukan saat minta maaf pada karyawan
gambar: time.com

Jika kesalahan dilakukan oleh pihak Anda, segera akui dan minta maaf. Bahkan jika Anda tidak merasa salah sekalipun, meminta maaf perlu juga dilakukan untuk menimbulkan kesan yang baik.

Ucapkanlah permintaan maaf dengan tulus. Tunjukkanlah empati Anda agar hati pelanggan melunak, sehingga proses penyelesaian masalah bisa lebih cepat.

Baca Juga: 8 Masalah dalam Kepemimpinan yang Kerap Terjadi

5Tawarkan Solusi

Carilah solusi yang terbaik. Jelaskan apa yang bisa dan tidak bisa Anda lakukan untuk pelanggan. Jujurlah agar pelanggan juga bisa memahami kondisi Anda.

Bekerja samalah dengan pelanggan dan lakukan negosiasi yang baik. Pastikan solusi itu ada, walaupun mungkin solusinya tidak bisa sepenuhnya 100 persen menuntaskan masalah yang terjadi.

Baca Juga: 8 Tips Membuat Konsumen Terkesan dengan Bisnis Online Anda

6Bertindak Cepat

tips melakukan negosiasi harga dengan pelanggan

Cara menyelesaikan masalah tidak boleh gegabah, tapi jangan sampai kelamaan. Jika Anda bisa bertindak cepat, pelanggan akan lebih menghargai usaha Anda.

Maka dari itu, solusi harus segera diberikan. Jangan sepelekan masalah apapun agar masalah tidak semakin panjang dan akhirnya terdengar ke mana-mana hingga membuat nama baik bisnis Anda menjadi buruk.

Baca Juga: 6 Cara Meyakinkan Orang untuk Langsung Membeli Produk Anda

7Berhati-hatilah

cara menahan amarah yang berlebihan di tempat kerja

Meski Anda harus sabar, Anda juga jangan mau diserang oleh pelanggan secara berlebihan. Misalnya, pelanggan Anda marah sampai merusak barang Anda dan ingin memukul Anda.

Maka dari itu, tetaplah waspada. Jika pelanggan bersikap kasar, mintalah bantuan satpam atau siapa pun yang ada di sekitar Anda. Hindarilah adu fisik demi keamanan semua orang dan menjaga nama baik Anda sendiri.

Baca Juga: 5 Tips Jitu Menjaga Loyalitas Pelanggan


Nah, itulah cara-cara menyelesaikan masalah dengan pelanggan yang sulit ditangani. Ingat, kepuasan pelanggan itu sangat penting. Oleh sebab itu, Anda harus tetap bersikap profesional dalam kondisi yang tidak menyenangkan sekalipun.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.