Cara-Cara Mewaralabakan Bisnis Anda Hingga Sukses – Bisnis franchise atau waralaba sudah lama menjadi tren dan kini semakin menjamur.

Berbagai jenis usaha diwaralabakan. Di mana-mana kita bisa menemukan gerai franchise makanan dan minuman, laundry kiloan, agen pengiriman barang, bimbel, dll.

Jika orang lain bisa mewaralabakan bisnisnya, maka Anda pun bisa. Namun, tentu saja perlu langkah-langkah yang tepat agar franchise Anda bisa berkembang dan punya banyak cabang di berbagai lokasi di Indonesia.

Baca Juga: Mana yang Lebih Baik, Membeli Franchise atau Membuka Usaha Sendiri?

Nah, bagi Anda yang ingin menjadi franchisor atau pemilik waralaba, berikut sejumlah tips sukses mewaralabakan bisnis dan punya banyak mitra atau franchisee.


7 Cara Mewaralabakan Bisnis Supaya Sukses

1Bisnis Memiliki Ciri Khas

untung rugi menjalankan bisnis waralaba

Apa yang membuat bisnis Anda layak diwaralabakan? Anda mesti memastikan bahwa bisnis Anda memiliki karakteristik tertentu yang berbeda dari yang lain.

Ciri khas bisa berasal dari resep yang istimewa, konsep tempat yang unik, dan sebagainya. Hal tersebut bisa menjadi keunggulan untuk meningkatkan nilai jual dan supaya terlihat spesial di mata konsumen.

Baca Juga: Tertarik Berbisnis? Ini 5 Keuntungan Membeli Waralaba

2Sudah Terbukti Menghasilkan Laba

uang - modal usaha - modal bisnis - pendapatan - profit - laba bisnis

Jangan terburu-buru mewaralabakan bisnis. Coba tunggu setelah bisnis Anda berjalan selama beberapa tahun dan Anda punya cukup pengalaman dalam menghadapi berbagai permasalahan dan sudah menghasilkan keuntungan.

Sebab, jika bisnis Anda sudah untung, berarti bisnis Anda potensial. Namun, jika bisnis Anda belum terbukti berhasil tapi Anda sudah mewaralabakannya, berarti Anda menawarkan sesuatu yang tidak menjanjikan dan dapat merugikan mitra Anda.

Baca Juga: Tips Memilih Usaha Franchise yang Tepat untuk Jangka Panjang

3Dikenal oleh Banyak Orang

memilih usaha franchise
gambar: franchiseindia.com

Setidaknya, bisnis Anda butuh waktu minimal satu tahun agar dapat dikenal banyak orang. Jika bisnis sudah terkenal, Anda akan lebih gampang mewaralabakannya karena partner Anda pasti lebih optimis untuk menjalankannya.

Popularitas franchise Anda akan memudahkan mitra mendapatkan konsumen karena reputasi bisnis Anda sudah terbangun. Dengan begitu, keuntungan akan lebih cepat tercapai, di mana pun franchise dibuka.

Baca Juga: Begini Cara Mengukur Kesuksesan Perusahaan Anda

4Membuat SOP yang Jelas

sop standar operasional prosedur
gambar: aventislearning.com

SOP atau Standar Operasional Prosedur merupakan prosedur kerja secara sistematis yang menjadi pedoman untuk menyelesaikan pekerjaan. Semua departemen harus memiliki SOP sebagai standar pada sistem dan manajemen franchise.

SOP harus diterapkan dengan benar oleh setiap mitra bisnis agar kualitas produk dan layanan bisa terjaga. Lalu, jika suatu hari terjadi perselisihan, SOP bisa jadi bahan rujukan untuk mengatasi masalahnya.

Baca Juga: 9 Tips Meningkatkan Kemampuan Leadership dalam Bisnis

5Mudah Dipelajari dan Diterapkan

keuntungan dan kerugian menjalankan bisnis waralaba
gambar: thesmallbusinesssite.co.za

Tentu saja Anda akan memberikan training atau pelatihan kepada mitra. Namun, jika bisnis Anda sulit dipelajari dan diterapkan, maka kesalahan operasional bisa sering terjadi.

Maka dari itu, cara mewaralabakan bisnis Anda ialah dengan memastikan bisnis Anda mudah diduplikasi. Buatlah franchise yang mudah dikelola, sehingga orang juga tertarik untuk membeli franchise Anda.

Baca Juga: 7 Hal yang Membuat Komunikasi dalam Bisnis Tidak Efektif

6Memiliki Legalitas Usaha

legalitas hukum pendirian izin usaha
gambar: dissertationsage.co.uk

Anda harus mendaftarkan merek dagang untuk melindungi hak kekayaan intelektual bisnis Anda, meliputi nama brand, logo usaha, dan sebagainya. Anda bisa segera mengajukannya ke DirJen HaKi.

Lalu, uruslah izin usaha dan dapatkan Surat Tanda Pendaftaran Waralaba (STPW). Legalitas usaha sangat penting meyakinkan calon mitra dan supaya franchise Anda terhindar dari masalah hukum di kemudian hari.

Baca Juga: 6 Cara Meningkatkan Daya Saing Usaha Kecil Menengah

7Beri Dukungan kepada Mitra

bisnis musiman
gambar: spazee.id

Perlakukan semua mitra Anda secara profesional. Jangan cuma bersikap manis di awal, tapi Anda perlu memberikan dukungan secara berkelanjutan demi kebaikan bersama.

Dukungan dapat berupa memberikan pelatihan dan masukan mengenai standar pelayanan, membantu promosi, serta melakukan kontrol secara berkala. Tunjukkan perhatian agar kerja sama bisa langgeng dan kesuksesan bisa diraih oleh kedua belah pihak.

Baca Juga: 5 Tanda Anda Sudah Siap Berbisnis Sendiri


Nah, itulah cara-cara mewaralabakan bisnis agar bisa sukses. Silakan Anda terapkan langkah-langkah di atas untuk usaha franchise Anda. Semoga berhasil!


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.