6 Cara Meyakinkan Orang untuk Langsung Membeli Produk Anda – Sebagai pebisnis atau karyawan yang bekerja di bagian sales/marketing, Anda pasti akan menghadapi kendala dalam melakukan penjualan.

Tak sedikit orang yang ragu dengan produk Anda, padahal Anda sudah melakukan promosi yang gencar. Anda juga sudah berusaha menemui calon konsumen untuk membujuk mereka secara langsung agar mau membeli produk Anda.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Konsumen Tidak Membeli Produk Anda

Jika Anda kesulitan dalam meyakinkan calon konsumen, bukan berarti produk Anda tidak berkualitas atau menarik, sehingga orang tidak menyukainya. Mungkin cara Anda yang kurang tepat dalam mempromosikan produk Anda.

Oleh sebab itu, coba perhatikan tips meyakinkan konsumen berikut ini.


6 Cara Meyakinkan Orang Tentang Produk Anda

1Tawarkan pada Konsumen yang Tepat

cara menentukan target market untuk bisnis baru
thebalance.com

Pastikan Anda sudah mengetahui secara jelas siapa yang menjadi target pasar bisnis Anda. Anda bisa menentukannya berdasarkan jenis kelamin, usia, tingkat ekonomi, dan sebagainya.

Hal tersebut akan mempertegas siapa konsumen potensial Anda, sehingga Anda tidak perlu menghabiskan waktu dengan mempromosikan produk kepada orang yang tidak membutuhkannya.

Jika konsumen sudah tertarget, tugas Anda akan lebih mudah. Anda bisa menentukan tempat yang cocok untuk berjualan dan bertemu dengan calon konsumen potensial yang kemungkinan besar akan tertarik dengan produk Anda.

Baca Juga: Begini Cara Melakukan Promosi Tanpa Keluar Modal

2Gunakan Bahasa yang Mudah Dimengerti

melayani pelanggan

Anda tidak bisa menyemaratakan tingkat pengetahuan setiap orang. Ada konsumen yang paham, tapi ada juga konsumen yang tidak terlalu paham mengenai produk Anda.

Misalnya, Anda berjualan kamera mirrorless. Tidak semua orang yang suka foto memahami istilah-istilah dalam kamera dan fotografi. Anda perlu menyederhanakan bahasa Anda saat menawarkan produk Anda.

Seperti kata “aperture” bisa diganti dengan lubang lensa. Kata “eksposure” bisa diganti dengan pencahayaan. Dengan begitu, calon konsumen bisa lebih mengerti saat Anda menjelaskan secara detail mengenai produk kamera Anda.

Baca Juga: 6 Tips Mengatasi Sikap Pesimistis dalam Berbisnis

3Produk Harus Punya Keunggulan

keranjang belanja - shopping cart - gift - hadiah

Apa yang membuat produk Anda lebih unggul daripada yang lain? Pesaing Anda pasti akan menawarkan kelebihan tertentu yang dapat memikat hati konsumen.

Terutama jika Anda menjual produk yang sama dengan harga yang sama yang ditawarkan pesaing Anda, maka Anda akan semakin sulit untuk meyakinkan konsumen. Sebab, konsumen tidak harus membelinya dari Anda.

Maka dari itu, pastikan produk Anda memiliki suatu keunggulan. Misalnya, jika banyak orang yang menjual produk serupa, Anda bisa menawarkan garansi produk yang lebih lama atau gratis biaya pengiriman.

Baca Juga: 5 Sikap Pemimpin Bisnis yang Mampu Meningkatkan Penjualan

4Tunjukkan Pencapaian Bisnis Anda

tipe karyawan yang dicari perusahaan - supaya tetap produktif
gambar: nationaldailyng.com

Jika bisnis Anda memiliki pencapaian, itu akan menjadi nilai lebih yang dapat dipamerkan kepada konsumen. Misalnya, produk Anda meraih suatu penghargaan, sudah ribuan orang menggunakan produk Anda, dan sebagainya.

Tunjukkan bukti-bukti pencapaian tersebut untuk mengubah pandangan konsumen dan semakin memperkuat citra bisnis Anda. Konsumen yang yang awalnya ragu, bisa saja menjadi yakin dan akhirnya mau membeli produk Anda.

Baca Juga: Tips Sukses Berjualan Online untuk Pelaku UMKM di Indonesia

5Tunjukkan Testimoni Pembeli

testimoni pelanggan
gambar: ams-agency.com

Cara meyakinkan konsumen bisa juga dengan menunjukkan testimoni dari orang-orang yang sudah membeli produk Anda. Terlebih lagi jika ada pembeli dari kalangan public figure, maka calon konsumen bisa semakin tertarik dan diyakinkan.

Oleh sebab itu, coba kumpulkan testimoni dari para pembeli. Entah itu berupa komentar di media sosial atau supaya lebih meyakinkan, coba tunjukkan video ucapan testimoni dari pembeli yang puas dengan produk Anda.

Baca Juga: 4 Tips Menjalin Cinta Ini Bisa Diterapkan dalam Memulai Bisnis

6Biarkan Konsumen Mencobanya

Jika Anda menawarkan suatu produk baru, membiarkan calon konsumen untuk mencobanya dapat membuat mereka lebih yakin. Karena mereka ingin merasakannya langsung untuk mengetahui seberapa bagus produk Anda.

Jadi, siapkan sampel gratis atau contoh produk yang bisa dicoba oleh calon konsumen. Langsung tanyakan pendapat mereka setelah mencobanya dan jelaskan tentang produk Anda untuk meyakinkan mereka membelinya.

Baca Juga: 9 Cara Menghasilkan Uang dari Internet yang Patut Dicoba


Nah, itulah cara-cara meyakinkan orang untuk langsung membeli produk Anda. Semoga tips tersebut dapat bermanfaat dan berhasil diterapkan oleh Anda dalam membujuk konsumen Anda.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.