7 Cara Promosi yang Murah Tapi Ampuh untuk Menjangkau Konsumen – Laku tidaknya produk bisnis ditentukan oleh bagaimana cara Anda dalam menjalankan kegiatan promosi.

Dengan strategi promosi yang tepat, konsumen yang belum mengetahui tentang produk Anda akan tertarik untuk mencoba. Anda berkesempatan untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan.

Baca Juga: Cara Jitu Mempelajari Kompetitor untuk Memenangkan Persaingan Bisnis

Namun, untuk mempromosikan bisnis, biasanya Anda memerlukan biaya yang tidak sedikit. Hal ini memberatkan para pebisnis, khususnya Anda yang berbisnis dengan modal minim.

Maka dari itu, bagi Anda yang ingin menghemat pengeluaran untuk berpromosi, Anda bisa coba menerapkan cara promosi murah meriah, tapi mampu menghasilkan dan juga meningkatkan penjualan.


7 Cara Promosi yang Murah Tapi Ampuh

1Aktif di Media Sosial

Anda bisa dengan mudah membuat akun media sosial secara gratis, baik itu Instagram, Facebook, Twitter, maupun Youtube. Anda juga bisa memposting apapun kapan saja Anda mau.

Anda hanya perlu jaringan internet agar bisa bermedia sosial dengan lancar. Siapkan juga konten yang menarik agar bisnis Anda mendapatkan perhatian dari para netizen.

Baca Juga: Hindari Promosi di Media Sosial dengan 7 Cara Ini

2Forum Jual-Beli Online

gambar: seoclerk.com

Membuat thread di forum online itu gampang, gratis, dan cepat. Anda bisa memanfaatkan situs yang memiliki forum jual-beli seperti Kaskus dan DetikForum.

Namun, pastikan Anda mematuhi peraturan forum tersebut agar akun Anda tidak di-banned dan Anda bisa tetap mempromosikan thread tentang bisnis Anda setiap saat.

Baca Juga: Daftar Perlengkapan untuk Memulai Bisnis Online Shop

3Jualan di Situs Marketplace

Sejumlah situs marketplace di Indonesia memungkinkan Anda untuk berjualan secara gratis dan bebas komisi penjualan. Contohnya, Tokopedia, BukaLapak, dan Shopee.

Tidak hanya membantu mempromosikan bisnis Anda, biasanya situs marketplace akan menjamin keamanan Anda sebagai penjual dalam menerima pesanan. Sehingga kegiatan transaksi bisa berjalan aman dan Anda cukup fokus mencari pembeli.

Baca Juga: 5 Keuntungan Jika Bisnis Anda Sudah “Go Online”

4Email Berlangganan di Website Anda

gambar: tutsplus.com

Jika Anda memiliki website toko online sendiri, Anda bisa menambahkan fasilitas email berlangganan. Konsumen yang telah terdaftar akan mendapatkan email secara otomatis setiap kali ada pemberitahuan terbaru dari situs Anda.

Namun, tentu saja Anda perlu strategi agar konsumen mau mendaftarkan emailnya, yakni dengan membagikan informasi menarik dan tidak terkesan spamming. Manfaatkanlah email berlangganan tersebut dengan baik dan benar.

Baca Juga: Tips Menulis Email Penawaran kepada Calon Konsumen

5Bergabung dengan Komunitas

Saat Anda bergabung dengan sejumlah komunitas, Anda akan mendapatkan banyak kenalan. Ini merupakan kesempatan untuk memperkenalkan bisnis Anda kepada mereka.

Bahkan Anda berpeluang menemukan orang-orang yang tepat untuk menjalin kerja sama. Anda bisa saja bertemu dengan rekan bisnis yang menguntungkan untuk mengembangkan usaha Anda.

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menghadiri Acara Penting

6Membagikan Kartu Nama

Biaya untuk mencetak banyak kartu nama tidaklah mahal. Namun, Anda bisa membagikannya kepada banyak orang untuk menambah relasi sekaligus mempromosikan bisnis Anda.

Untuk itu, ke manapun Anda pergi, jangan lupa membawa kartu nama. Lalu, bagikan kepada siapa saja yang Anda temui, baik itu teman lama maupun teman baru Anda.

Baca Juga: 8 Kesalahan dalam Pemasaran Produk yang Harus Dihindari

7Promosi Secara Lisan

Selain itu, cara promosi yang murah adalah dengan menggunakan mulut Anda sendiri. Mempromosikan bisnis secara lisan itu ampuh untuk meyakinkan orang-orang untuk mencoba produk Anda.

Dengan penggunaan kata-kata yang tepat, Anda bisa membuat orang-orang yang sebelumnya tidak tertarik untuk melakukan pembelian. Bicara dari hati ke hati memang lebih jitu dalam membujuk konsumen.

Baca Juga: Lakukan 6 Hal Ini Saat Negosiasi Harga dengan Pelanggan


Nah, itulah beberapa cara promosi yang murah tapi ampuh untuk menjangkau konsumen. Silakan Anda mencoba tips tersebut untuk memasarkan produk Anda.

Semoga berhasil!


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.