Ciri-ciri Mahasiswa yang Siap Menjadi Wirausahawan Sukses – Bagi mahasiswa, Anda bisa menjadi salah satu pengusaha muda yang paling sukses. Mungkin saja itu terjadi, karena Anda masih punya banyak kesempatan untuk berusaha.

Namun, cita-cita Anda untuk menjadi pengusaha sukses harus dibarengi dengan minat yang besar dalam berbisnis. Anda juga perlu mempersiapkan diri dari sekarang agar nantinya Anda bisa menjalankan bisnis dengan baik.

Baca Juga: 15 Rekomendasi Bisnis yang Cocok untuk Para Mahasiswa

Apapun universitas dan jurusan Anda saat ini, itu semua tidak menjadi persoalan. Syarat untuk berwirausaha tidak harus mengambil fakultas ekonomi atau program studi yang berhubungan dengan bisnis.

Sebab hal-hal terpenting ialah Anda memang punya niat untuk berbisnis, punya karakter seorang pemimpin dan entrepreneur, serta mau belajar sungguh-sungguh selama kuliah. Nantinya, Anda pasti akan siap untuk memulai bisnis dan bisa menjadi orang sukses.

Baca Juga: Setelah Lulus Kuliah, Langsung Kerja atau Buka Usaha?

Nah, berikut beberapa ciri mahasiswa yang siap untuk berwirausaha dan sukses.


6 Ciri-Ciri Mahasiswa Calon Wirausahawan Sukses

1Punya IP yang Bagus

Anda tidak harus punya Indeks Prestasi atau IP yang sempurna pada setiap semester. IPK akhir Anda tidak harus 4.00. Tapi tentu saja nilai Anda juga jangan pas-pasan.

Sebab, jika IPK Anda terlalu rendah, itu tandanya Anda malas belajar. Anda tidak serius menjalankan tanggung jawab sebagai mahasiswa.

Namun, jika nilai Anda bagus, berarti Anda adalah orang yang mau berusaha, walaupun mungkin ada mata kuliah yang tidak Anda suka. Karakter pembelajar inilah yang penting untuk membentuk Anda menjadi wirausaha yang cerdas.

Baca Juga: 5 Cara untuk Millennial dalam Membangun Masa Depan

2Aktif di Kegiatan Komunitas

Menjadi wirausahawan sukses membutuhkan koneksi yang luas. Anda bisa mendapatkan banyak teman dan kenalan dengan aktif di berbagai kegiatan komunitas, baik himpunan mahasiswa maupun komunitas lain di luar kampus.

Memang bergabung di komunitas itu melelahkan, tapi sangat bermanfaat untuk mengajarkan Anda cara bersosialisasi dan dapat membuka wawasan yang semakin luas. Anda akan merasakan manfaat tersebut ketika sudah berbisnis nanti.

Baca Juga: 6 Kesalahan Anak Zaman Now dalam Memulai Usaha

3Jadi Pemimpin di Kampus

Bagi Anda yang menjadi pemimpin di kampus, entah itu ketua tingkat kelas atau organisasi kemahasiswaan, itu tandanya Anda memiliki jiwa seorang pemimpin.

Menjadi pemimpin sangat bagus untuk melatih kepemimpinan. Pengalaman Anda dalam memimpin di kampus, kelak akan membantu Anda ketika menjalankan bisnis, menjadi bos, dan mengatur karyawan.

Baca Juga: 12 Hobi yang Menghasilkan Uang dan Cocok untuk Anak Muda

4Suka Ikut Seminar Bisnis

Ciri-ciri mahasiswa yang bisa sukses dalam berbisnis ialah suka mengisi waktu dengan hal-hal positif. Waktunya tidak cuma dihabiskan untuk kuliah dan bermain saja, tapi juga mencari kesibukan lain yang dapat menambah wawasannya.

Contohnya, mengikuti seminar bisnis. Calon wirausaha harus belajar banyak hal mengenai dunia bisnis. Jika tidak banyak ilmu bisnis yang diajarkan dosen di kelas, seminar bisnis dapat menambah pengetahuan bisnis Anda yang akan berguna ke depannya.

Baca Juga: Menikah Sebelum Mapan atau Setelah Sukses? Ini Jawabannya!

5Pandai Melakukan Presentasi

Butuh banyak latihan agar Anda dapat melakukan presentasi dengan baik. Selama kuliah, ada banyak kesempatan untuk berlatih, seperti saat presentasi tugas di depan kelas.

Jika Anda menikmati proses saat presentasi, Anda adalah orang yang pandai memaparkan ide-ide di kepala Anda. Kemampuan ini akan berguna ketika Anda berjualan dan berusaha meyakinkan orang lain untuk menggunakan produk Anda.

Baca Juga: 6 Cara Meningkatkan Daya Saing Usaha Kecil Menengah

6Mau Segera Berbisnis

Jika sebagian besar teman Anda akan mencari kerja setelah lulus kuliah, Anda malah berbeda. Anda berencana untuk langsung membuka usaha sendiri, meskipun orang lain menganjurkan Anda untuk mencari pengalaman dulu sebagai karyawan.

Memang tidak ada salahnya untuk bekerja terlebih dahulu, tetapi jika niat Anda untuk segera berbisnis begitu besar, tandanya Anda adalah orang yang berani mengambil risiko. Keberanian tersebut sangat dibutuhkan untuk bisa maju dan mengukir masa depan.

Baca Juga: Mau Sukses Berbisnis Sambil Kuliah? Ikuti 5 Tips Ini!


Nah, itulah ciri-ciri mahasiswa yang siap menjadi wirausahawan sukses. Semoga Anda termasuk orang yang memiliki ciri-ciri tersebut. Jika Anda belum merasa memilikinya, tidak apa-apa, karena masih ada waktu untuk mengembangkan diri dan menyiapkan masa depan yang sesuai keinginan Anda.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.